Selasa, 07 Juli 2009

Mengajar kimia lebih menarik???

Dari pengalaman saya mengajar siswa SMA untuk belajar kimia, sangat sulit untuk menghilangkan stigma pelajaran -pelajaran yang dianggap menyeramkan ini. Berhubung saya kurang mahir dengan komputer ,jadi saya tidak mempergunakan komputer (Power point) sebagai media pembelajaran yang sekarang lagi ngetrend di beberapa sekolah.Yang saya tau, anak-anak lebih mudah menghafalkan lagu yang lagi ngetop pada saat ini,jadi dari lagu-lagu tersebut saya ubah kata-katanya yang berhubungan dengan materi pelajaran. Begitu juga saya membuat games-games yang menyenangkan dengan bahan-bahan yang sederhana tentang materi tertentu. Misalnya permainan ular tangga, saya buat papan yang besar. yang saya pajang di papan tulis. Di beberapa nomer ada pertanyaan yang berhubungan dengan materi, dan bila siswa dapat menjawab mendapat bonus nilai, jika salah dikurangi nilainya. Sama dengan permainan ular tangga ada yang naik ada juga yang turun, siapa yang sampai di atas itu yang menang. Juga di beberapa nomer ada hukuman yang harus dilakukan oleh siswa. Jadi sangat fun banget. Ada seriusnya juga ada funnya sehingga bisa membuat pelajaran tidak membosankan.
Saya mempergunakan cara-cara ini sudah hampir 5 tahun dan ternyata hasilnya cukup mengembirakan,karena siswa lebih menyukai pelajaran kimia dan bukan lagi sebagai momok bagi mereka. Dan saya cukup lega sehingga setiap tahun saya selalu mengubah games-games dengan lebih fresh begitu juga dengan lagu-lagu disesuaikan dengan lagu yang sekarang lagi ngetop dan sering dinyanyikan siswa-siswa. Saya mengoleksi lagu-lagu terbaru untuk saya pakai pembelajaran kimia.

Ini foto-foto saya dan beberapa muridku