Kamis, 02 Juni 2016

Ikon Kota Cirebon Kini Menjadi Cantik






Waktu pertama kali tinggal di Cirebon salah satu wisata yang ada adalah Taman Ade Irma Suryani. Sebuah taman dengan kebun binatang mini, dekat pantai dengan sejumpah warung makan. Ditambah dengan permainan seperti komedi putar, ayun-ayun dan banyak lagi. Juga sering sekali diadakan panggung dangdut setiap minggunya. Aku sering ke sana untuk mengantarkan anakku ikut kegiatan sekolahnya. Kesan pertama yang aku lihat adalah kumuh. Ditunjang memang pantai yang landai penuh lumpur menyebabkan air laut tampak coklat.  Selain itu warung-waung makan yang ada memberikan harga yang mencekik.  Rasanya menyebalkan datang ke sana. Hewan yang ada di kebun binatang minipun tak terurus dengan baik. Kebersihan juga tak terjamin. Kesan kumuh tampak walau katanya dulu pernah menjadi ikon kebanggaan kota Cirebon.  Inipun ke sini karena selalu ada acara sekolah anak-anak yang melakukan kegiatan di taman ini. Jadi mau tak mau datang ke taman ini. Tapi kini kesan kumuh dirubah dengan banyak  perubahan  yang dibuat di lingkungan Taman Ade Irma Suryani.






Kemudian Tama Ade Irma Suryani ini diubah menjadi wahana kuliner, kolam renang dan penginapan. Akhirnya wajah baru taman Ade Irma Suryani tampak setelah diadakan pembaharuan. Cirebon Waterland namanya diresmikan tanggal 1 Juli 2015 ini ada di atas lahan seluas 3 ha ditambah dengan dari taman Ade Irma Suryani yang merupakan aset pemerintah kota Cirebon. Di area ini terdapat tiga kolam yang dikhususkan untuk anak-anak, kolam ada arusnya untuk anak dan dewasa dan kolam dengan kedalaman 1,5 meter untuk dewasa. Selain itu dilengkapi dengan pasir putih layaknya pantai. Ada tonggak-tonggak kayu yang berjejer tampak rapih. Ayunan dan miniatur kapal dari kayu. Dibagian dekat kolam terdapat tempat makan dengan berbagai sajian kuliner.  Agak berjalan menjauh dari tempat makan yang dikelilingi oleh kolam ada jembatan yang mengubungi jalan dengan tempat makan. Di sekelilingnya banyak pohon sehingga tampak asri.





Selain itu di sana juga terdapat cottage tempat peristirahatan bagi yang ingin menginap di sana. Cottage yang berada di atas air dengan jalan di depannya menggunakan kayu. Desain rumahnya menggunakan arsitektur rumah Minang dan berkonsep seperti di kepulaun Seribu. Waalu kita tak menginap di sana, kita bisa berjalan di sepanjang cottage dan berujung di dermaga. Dari sana kita bisa melihat hamparan air yang luas.  Di antara cottage ditaman tanaman  mangrove . Kini Cirebon Waterland  bsia menjadi ikon wisata kota Cirebon kembali setelah lama tenggelam. Jadi jangan lupa saat berkunjung ke kota Cirebon, destinasi wisata yang patut dikunjungi adalah Cirebon Waterland.  Tempat yang nyaman, wahana permaian untuk anak-anak akan membuat anak-anak betah dan penginapan yang nyaman membuat hati orang terpaut di sini.  Tunggu apa lagi, datanglah ke Cirebon dengan sejuta kenikmatan yang akan disajikan mulai dari destinasi wisata, sampai kuliner yang enak. Cirebon gitu loh!!!!!





64 komentar:

Hairi Yanti mengatakan...

Semakin cakep setelah terjadi perubahan ya, Mbak. Jadi ikon kebangaan warga Cirebon :D

herva yulyanti mengatakan...

Bagus y mba, dlu lagi kecil siy tahunya ya grage doank sama kanoman klo ke Cirebon hehhe

Indah Primadona mengatakan...

pengen nginep di cottagenya, kayaknya seru ya, di atas air gitu :)

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Sudah lama ga ke Cirebon, jadi cakep begini ya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Hairi, cantik. Hanya sayangnya air lautnya coklat krn dangkal dan banyak lumpur

Tira Soekardi mengatakan...

wah sudah pernah ke cirebon mbak herva???

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Indah seperti di kep seribu hanya di sini airnya coklat krn dangkal dan banyak lumpur

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Liswanti, jadi indah dan gak malu2in

Eri Udiyawati mengatakan...

Ini yang namanya resolusi sungguhan, memperbaiki hal menjadi kece. Ngomong2 nginep di cottage atas air kayaknya seru, ya?

Safira Nys mengatakan...

Aku belum pernah ke Cirebon, sih. Tapi katanya Cirebon itu panas banget karena deket laut.
Kok di post ini keliatannya adem banget, ya? x')

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Saya belum pernah berwisata di Cirebon, padahal dekat dengan kota saya, kurang satu jam perjalanan. Lihat gambar-gambarnya jadi pengen ke sana, deh.

wian mengatakan...

Naaahhhh aku pernah liat nih tentang tempat ini di facebook.
Sayang waktu aku ke Cirebon, blm tau tentang tempat ini.

Timur Matahari mengatakan...

Lihat kanalnya, saya malah jadi iri dan mikir gini : "coba kanal dekat kampus bisa dibuat kaya gini. Pasti setiap sore bakalan ramai dan membuat orang betah untuk lari sore disekitarnya.

Tira Soekardi mengatakan...

pastinya seru mbak Eri, aku pernah di kepulaaun seribu.Bedanya kalau di kep seribu airnya jernih di cirebon airnya coklat karena banyak lumpur

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Safira panas bangetttt, nah ini karena banyak pohon sehingga adem

Tira Soekardi mengatakan...

mbak Nurul kalau dekat yuk main kemari

Tira Soekardi mengatakan...

mbak Wian kapan ke cirebonnya. ini baru tahun lalu diresmikannya

Tira Soekardi mengatakan...

mas Timur , mungkin idenya bisa diwujudkan tuh

Tarry KittyHolic mengatakan...

Makin keren aja ya
Tentunya semakin diminati untuk tempat wisata keluarga ya mbak

indah nuria Savitri mengatakan...

Cirebon itu kampung kakekku tercinta lho mbaa. Udah lamaaaa banget ngg ke sini. Sudah makin cantik dan asti yaaa

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak tarry semakin banyak terutama di akhir minggu

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Indah , sekarang sudah mulai macet karena perkembangan penduduk yang semakin banyak. Th 1992 aku datang ke cirebon masih sepi, kemajuannya pesat

Kanianingsih mengatakan...

cantik mak, jadi pengen mampir :)

Irly - mengatakan...

Wahh.. penasaran sama interior cottagenyaa ^^

Annisa mulia mengatakan...

Saya ikut senang karna tempat yang tadinya bikin sebel buat dikunjungin jadi lebih layak. Semoga makin banyak tempat seperti ini yang berbenah, apalagi ikon kota.

Cakep tempatnya, sayanya pasti ngga lupa selfie kalo ke sana. Hehehe.. Smoga bisa ya satu hari nanti ^^

Eksapedia mengatakan...

WAh amazing banget gan tamanya :D
semoga tetap terawat dan terjaga..

Tira Soekardi mengatakan...

ayo mak Kania kalau ke kuningan mampir ke cirebon

Tira Soekardi mengatakan...

mbak Irly, wah karena kesana tanpa menginap jadi gak tahu

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Annisa, selfi itu harus apalagi ada view yg bagus

Tira Soekardi mengatakan...

eksapedia, iya yg penting bisa dijaga agar tetap indah dan nyaman

Witri prasetyo aji mengatakan...

Belum pernah ke Cirebon...

rita asmaraningsih mengatakan...

Belum peernah ke Cirebon.. Kata teman2 yg pernah ke sana Cirebon itu bagus.. Tapi aku sering dapet oleh2 dari sana, yang paling sering sih dapet oleh2 souvenir khas Cirebon seperti batik dan aksesorisnya yg juga dari batik..

Irmasenja mengatakan...

Baru kmn ke cirebon waterland...dan ini yg kedua kalinya. Hihihi kebetulan lahir dan besar di cirebon nih mah... skg ceritanya lg mudik utk jenguk ortu dan adik. Akhhh cirebon smkn berkembang skg :)

efi fitriyyah mengatakan...

Aku belum pernah ke Cirebon nih, mbak hehe. kalau di Bandung, taman Ade Irma Suryani ini dalah taman lalu lintas. Liat foto-fotonya di atas sekarang sudah apik dan resik. Kalau aku maen ke Cirebon, temenin jalan-jalan ke sana, ya :)

Ira guslina mengatakan...

Pas banget mba.. kami lagi ada rencana mau jjs ke cirebon... hihiii.... boleh banget ya main ke waterlandnya. Btway klo pantai ada yg bagus buat main anak2 ga mba.. apa cuma buat dipandang aja..

turiscantik.com mengatakan...

Udh lama ngak ke cirebon.. Kebayang enaknya tahu gejrot nya hihihi

Anisa AE mengatakan...

Wih jadi keren ... Belum pernah ke sini sih, taunya cuma di google

Farichatul Jannah mengatakan...

wahh wahh...

suamku kelahiran cirebon aku blm sekalipun pernah ke tempat ini uhuhuhu disini saya merasa sedih hehehe

Ida Tahmidah mengatakan...

wah jadi asyik tempatnya ya... :)

Tira Soekardi mengatakan...

yuk mbak Witri , ke cirebon sama Junanya, pasti senang main air

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Rita, Cirebon sekarang berkembang pesat dan dg adanya tol Cipali terbuka lebar dunia wisata cirebon

Tira Soekardi mengatakan...

wah kalau ke cirebon, bilang2 mbak Irma , kali2 bisa kopdaran

Tira Soekardi mengatakan...

yuk mbak Efi, akan aku antar2 putar2 cirebon

Prima Hapsari mengatakan...

Belum pernah mampir Cirebon, lewat doank mbak. Semoga Cirebon makin maju ya

Tira Soekardi mengatakan...

turiscantik, wah penggemar tahu gejrot tah

Tira Soekardi mengatakan...

yuk mbak Anisa, main , bakal aku antar deh

Tira Soekardi mengatakan...

yuk mbak Farichatul, mari ke cirebon melihat kota kelahiran suaminya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Ida, jadi cuantik

Tira Soekardi mengatakan...

mbak Ira, kalau pantainya gak ada yang bisa main2 karena dangkal dan banyak lumpurnya

Tira Soekardi mengatakan...

ayuk mbak Prima jangan hanya lewat saja tapi mampir

Farida Aryany mengatakan...

luar biasa sekali, indaaah nyaa :D
kunjungan perta ma :)
silahkan mampir juga ke www.faridaryany.com
ditunggu jejak indahnya :D

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak farida

Agustina Purwantini mengatakan...

cirebon... belum kesampaian juga aku ke situ

Heru Arya mengatakan...

Wah-wah, sepertinya jadi makin pengen dateng ke cirebon. Soalnya mau ada acara di sana. Pasti makin betah deh, kalo udah ke Cirebon. :)

Perempuan November mengatakan...

saya belum pernah ke Cirebon, tapi senang dengan postingan tentang perubahan Taman ini. Semoga kebersihannya terjaga dan nggak jadi kumuh lagi ya mah.
eh tapi disainnya rumah Minang ya, padahal kan adanya di Cirebon :D

Tira Soekardi mengatakan...

yuk mbak Agsutina mampir ke cirebon

Tira Soekardi mengatakan...

yuk atuh mas Heru mampir ke cirebon waterland sambil menikmati kulinernya

Tira Soekardi mengatakan...

perempuan november, iya gak tahu kenapa pakai rumah tipe minang, karena waktu aku ke pulau ayer di kep seribu juga tipe atapnya seperti ini

Lusi mengatakan...

waaah senengnya melihat2 anak2 aktif & bermanfaat seperti ini.

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Lusi, salah komen ya mbak

Ika Koentjoro mengatakan...

Jadi bagus sekali ya. Betah berlama-lama di situ

Hidayah Sulistyowati mengatakan...

Tempat penginapan di atas air gitu kesannya romantis ya, jadi pengen nginap di sana :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Ika, sedikit adem karena cirebon itu panasnya pol banget

Tira Soekardi mengatakan...

iya, mbak Hidayah, mungkin juga sejuk akerna ada angin laut

Posting Komentar