Kamis, 30 Juni 2016

Tugu Giri Menang , Tugu Selamat Datang






Saat tiba di bandara internasional di Lombok dan akan menuju kota Mataram , kita akan melewati sebuah tugu yang dikenal dengan Tugu Giri Menang. Tugu ini letaknya di kecamatan Gerung , Lombok Barat. Letaknya diantara jalan yang menuju bandara internasional Lombok dan pelabuhan penyebrangan Lombok yang dikenal dengan Lembar sehingga menjadi suatu jembatan penghubung antar kota sekaligus sebagai gerbang utama ke pulau Lombok. Tugu ini menyerupai menara mesjid dengan kubah  keemasan. Karena Lombok dikenal dengan sebutan pulau seribu mesjid. Memang betul, hampir setiap jengkal tanah banyak bangunan mesjid, bahkan yang berseberangan jalanpun ada. Maka tak salah kalau pulau Lombok ini dikenal dengan pulau seribu mesjid.



Dulu sebelum ada tugu Giri Menang daerah ini sangatlah sepi hanya dilalui oleh truk-truk yang akan bongkar muat di pelabuhan penyeberangan Lembar. Tapi di sana sudah ada tugu Patung Sapi yang sampai saat ini masih berdiri dekat tugu Giri Menang yang dibangun tahun 1991an. Setelah dibangun bandara internasional Lombok, tugu ini menjadi pusat keramaian karena banyak masarakat  datang untuk sekedar kongkow setelah dibangun tugu Giri Menang ini pada tahun 2012 dan diresmikan tahun 2013.  Tugu Giri Menang ini sebagai simbol jati diri masarakat Lombok  Barat khususnya dan suku Sasak yang mendiami pulau Lombok.Tugu ini dibangun dengan kombinasi arsitektur mesjid di Taj Mahal India dan  yang dipadukan dengan budaya masarakat Lombok. Dan tugu ini merupakan eksistensi dari masarakat Lombok Barat untuk bisa dikenal luas  dan ini berdampak postitif dari segi ekonomi dan budaya. Karena di sekitarnya banyak terdapat lapak-lapak yang dilengkapi dengan parkir dengan menyediakan berbagai kuliner khas suku Sasak,dan kain tenun. Juga banyak terdapat gazebo tempat nongkrong yang nyaman.



Tugu Sapi  yang ada bukan tanpa makna apa-apa. Ternyata di dekat sana terdapat areal tempat pengembangan sapi potong dan  pusat peternakan sapi perah. Jadi masarakat Lombok sangat dekat dengan sapi. Penduduknya masing-masing memiliki sapi di areal tempat tinggalnya sehingga sapi adalah hal yang sangat  dekat dengan kehidupan masarakat Lombok. Apalagi sekarang ada program NTB sejuta sapi, sehingga banyak dikembangkan sapi-sapi di daerah sini untuk memenuhi kebutuhan akan daging sapi.

Jadi aku hanya bisa melihat tugu ini saat melewatinya saja , saat perjalanan menuju kota Mataram. Katanya kalau malam hari pemandangan di sini bagus karena tugu ini akan tampak warna warni oleh lampu-lampu. Tapi berhubung kedatangan aku ke Lombok hanya sebentar makanya tak bisa menyempati menikmati keindahan tugu ini di malam hari. Walau hanya melewati saja, sudah bisa melihat kemegahan tugu yang berdiri di bundaran yang dikenal dengan bundaran Kubah Emas, bundaran Giri Menang, bundaran Mendagi, bundaran Simpang Siur. Tugu ini juga bisa disebut dengan tugu selamat datang karena tepat di jalan menuju ke kota Mataram. Mau tak mau akan melewati tugu ini. Kesan pertama yang bisa dilihat di Lombok, ya tugu Giri Menang ini. Tugu yang mewakili budaya dan kearifan lokal masarakat Lombok.


45 komentar:

Ika Hardiyan Aksari mengatakan...

Saya kira itu Masjid lho, Mah. Ternyata. Kereeeen banget. Kapan ya ada kesempatan ke sana?

Lidha Maul mengatakan...

Saya baru nyampe dari artikel yg bahas lombok. Sekarang sama juga, hehehe. Ada apa ini? Semoga diberi kesempatan ke lombok. Dan semoga mak Tira juga kesampaian ke lombok yang gak cuma sebentar jadi bisa lihat keindahan tugu di malam harinya :)

Ruli retno mengatakan...

Ohh ini namanya giri menang.. sy baru ke lombok desember lalu. Pertama nyampe lgsg terpesona sm tugu itu

Tira Soekardi mengatakan...

iya mabk Ika, krn lombok itu kota seribu mesjid satu rt saja bisa ada banyak mushola dan mesjid bahkan ada yang bersebrangan dan bersisian, aku gak ngerti juga jamaahnya gimana ya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Lidha, aku hanya tiga hari dua malam itu masih banyak yg belum aku kunjungi

Tira Soekardi mengatakan...

mbak Ruli kalau malam katanya indah karena tugu itu mengelurakan banyak warna dari lampu2, aku lihat gambarnay di internet memang bagus sekali

iip mengatakan...

wahh jadi yang seperti Masjid itu cuma tugu? atau ada fungsinya? belum pernah kesana............ T______T huhuhuhuh

angkisland mengatakan...

wah kalo dah sampai sini emang kudu eksis mamah hehe, selamat hari raya mamah tira Allahumma taqobbal minna shiyamana, wa qiyamana, wa sujudana, wa tilawatana, wa shodaqona. Taqobbalallahu minna wa minkum kullu aamin wa antum bi khoir.

Arifinda D. Putri mengatakan...

itu Lombok mba? duh baru tugu selamat datang aja udah cakep banget :"

Cumilebay MazToro mengatakan...

Duch lombok nich jadi kangen ayam rarang lotim hehehe

Lusi mengatakan...

Aku belum pernah ke Lombok. Hiks

Tira Soekardi mengatakan...

mbak IIp itu hanay tugu dan pintu2nya itu siri kahs setiap agam yg ada di lombok, melambangkan kalau di lombok sangat toleran

Tira Soekardi mengatakan...

maaf lahir batin juga mas Angki

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Arifinda terutama malam hari lebih indahkarena tugunya akan ternag banyak lampu

Tira Soekardi mengatakan...

rupanya Maz Toro punay kenangan di lombok ya

Tira Soekardi mengatakan...

suatu waktu mungkin mbak Lusi bisa main ke Lombok, amin

Nurin Ainistikmalia mengatakan...

Lombok, suatu saat pengen ke sana juga :)

April Hamsa mengatakan...

Lombok keren banget. Sayang blm pernah ke sana. Postingannya bikin pengen jalan ke sana :D
Mbak tinggal di sana atau liburan kah di sana?

zefy arlinda mengatakan...

hmm...Icon Kota Lombok keren ya, kapan.....bisa kesana, mauuuuuuu

Anisa AE mengatakan...

Penasaran banget ma tugunya. Kapan bisa ke sana ya ....

Tira Soekardi mengatakan...

amin mbak Nurin

Tira Soekardi mengatakan...

mbak April, jalan-jalan ke lombok berdua suami. Tapi hanay sebentar jadi sedikit yang bisa dilihat

Tira Soekardi mengatakan...

amin, mbak Zefi bisa ke sana

Tira Soekardi mengatakan...

mudah2an bisa terwujud mbak Anisa

Kanianingsih mengatakan...

jadi sebenarnya masyarakat NTB makmur dong ya mak soalnya pada punya sapi :)

Djangkaru Bumi mengatakan...

Madura kalah sama lombok nih.Kota seribu masjid.

evrinasp mengatakan...

eh saya lewat sana mbak waktu ke lombok kemarin, jalanannya sedang dirapihkan kemarin itu

Ummi Nadliroh mengatakan...

Arsitektur masjidnya agak beda dengan masjid2 yg pernah saya jumpai. Seperti istana2 di kartun princess, kesukaan anak2 saya. :)

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Aku belum pernah ke Lombok, mba. Jadi menarik infonya nih mba. Baru tahu juga ada tugu sapi ya mba.

Tira Soekardi mengatakan...

gak juga mbak Kania, akrena kadang harga jual yg murah kadang mereka malas menjualnya , terbukti Rumah potong hewan di sana sepi

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas Djangkaru , saya juga heran ada mesjid ayng berdampingan nanti jemaahnya gimana ya apa banyak atau gak

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Evrinasp, suak banget masih sepi ya jalanan kayak jalan punay sendiri

Tira Soekardi mengatakan...

bukan mesjid mbak Ummi tapi tugu , memang mirip mesjid ya karena lombok kan kota seribu mesjid

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Alida karena amsaarkat lombok banayk ternak sapi

prana ningrum mengatakan...

baru tahu nih mbak kalo lombok terkenal dengan sapi potongnya..cupu banget TFS mb

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Prana, hanay kasihan harga sapi di sana gak bagus dan rumah poting hewan yg ada di lombok itu mewah bantuan jepang tapi tak terpakai karena pemotongan sedikit jadi rugi. karena malas motong harga jualnya gak bagus. seharusnya pemerintah turut memperhatikan

Hairi Yanti mengatakan...

Belum pernah ke Lombok. Pengiiin. Lebih pengin dri ke Bali :-)

Ida Tahmidah mengatakan...

Baca ini jadi pengen jalan2 bareng anak-anak... :)

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Wah lombok neh

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Wah lombok neh

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak yanti, lebih sepi kaadng di pantainya serasa milik sendiri

Tira Soekardi mengatakan...

hayu atuh mbak Ida mumpung anak-anak amsih bersama kita, kalau sudah besar dan merantau susah cari waktu bersama

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Liswanti Lombok yang eksotis

Levina Mandalagiri mengatakan...

Saya semakin terpesona nih dengan Lombok. Pulau Seribu Mesjid. Gubernurnya pun kt y terkenal cerdas, dicintai rakyak Lombok. Semakin menggebu nih hasrat menuju Lombok.

Tira Soekardi mengatakan...

iya kita harus bangga alam indonesia itu indah2 dan di Lombok banyak yan alami

Posting Komentar