Kamis, 18 Agustus 2016

Menikmati Soto Banjar Di Pasar Terapung





Suka Soto?? Aku pengemar soto. Hampir semua jenis soto pernah aku coba. Nah, ini yang unik, saat aku ke Banjarmasin aku menikmati soto Banjar di atas perahu Apung.  Nah kota Banjarmasin terkenal dengan sebutan kota seribu sungai, karena banyak anak sungai dari sungai Barito yang mengalir di kota Banjarmasin. Dan sungai ini  banyak dimanfaatkan masarakat Banjaramasin. Salah satunya digunakan untuk transaksi jual beli hasil bumi masarakat di sana. Banyak pasar terapung yang terdapat di aliran anak sungai Barito. Salah satunya di muara sungai Kuin. Untuk datang ke sana, kita harus pagi-pagi karena jual beli dilakukan pagi hari sekali sampai jam sembilan pagi. Setelahnya transaski sudah tak ada lagi. Transaksi di sini kebanyakan barter atau dikenal dengan bapanduk ,walau banyak juga sekarang menjual ke wisatawan yang datang ke sana dengan uang. Kebanyakan yang dagang adalah wanita yang disebut dengan dukuh . Tangan kedua yang membeli dari dukuh disebut dengan panyambangan.

Walau sekarang pasar terapung sudah mulai tergeser oleh pasar yang ada di darat, tapi masih ada beberapa yang ada dan digunakan juga untuk tujuan wisata. Nah, pagi subuh saat sudah sampai di muara sungai Kuin sudah tampak berjajar perahu apung yang isinya hasil bumi. Dari darat bisa menyewa perahu untuk berkeliling pasar apung ditambah dengan ke wisata monyet dekat sana. Udara dingin menembus kulit dan sejauh memandang perahu-perahu tampak berjejer rapih. Jual beli terjadi di antara dua perahu atau lebih. Aku mencoba membeli buah sawo di salah satu perahu. Membeli satu keranjang kecil tanpa bisa memilih, ternyata banyak buah sawo yang ada di bawah sudah membusuk . Sungguh sayang ya, ini bisa menjadi hal yang buruk orang tak mau membeli lagi di perahu apung. Nah, matahari sudah mulai terlihat, perubahan warna begitu indah. Tapi perut juga mulai terasa lapar. Dan tampak perahu yang menjual soto Banjar. Perahu merapat dekat perahu yang menjual Soto Banjar. Di dalam perahu dibagi dua, sebgaian untuk dapur dan sebagian lagi untuk makan konsumen yang membeli soto Banjar. Kalau tak ada tempat bisa makan di perahu yang kita naiki juga. Oh ya kita juga bisa naik di atas kapal dan aman-aman saja .



Soto Banjar yang khasnya  adalah kuahnya. Kuahnya kaya akan rempah-rempah dan dilengkapi dengan sambal khas Banjar dengan perasan air jeruk. Telur yang dipakai adalah telur dari itik yang dipelihara di lahan gambut. Kuning telurnya berwarna oranye. Sempat takut makan , aku kira ditambah pewarna. Katanya soto Banjar ini dibawa oleh tentara Demak yang memberikan bantuan pada  kerajaan Banjar. Soto ini dihidangkan dengan nasi, ayam yang disuwir-suwir, perkedel kentang, bihun serta taburan bawang goreng. Hangatnya soto Banjar melengkapi jalan-jalan di pasar terapung dan ditemani dengan semburat mentari pagi yang muncul. Duh, indah dan nikmatnya. Hal ini yang menyebakan kunjunganku ke Banjarmasin menjadi mengesankan. Pengalaman yang tak terlupakan.




Sebelum menuju kota Banjarmasin. Perjalananku dimulai dari kota Cirebon. Karena aku berangkat dari Cirebon aku perlu memesan tiket  pesawat yang berangkat siang. Untuk memudahkan aku pesan tiket pesawat di  www.Airpaz.com . Di web ini kita mudah mencari tiket dengan jurusan yang dituju dengan jam keberangkatan yang sesuai dengan kebutuhan kita. Kebetulan saat itu aku menggunakan pesawat Lion Air . Dan aku memesan tiket pesawat LionAir di airpaz.com dengan jam keberangkatan jam 10.30 . Cukup waktu dari statsiun Gambir ke bandara dan tak akan telat untuk boarding pass. Dari web Airpaz, sangat memudahkan untuk pesan tiket pesawat ke semua jurusan yang ada di seluruh Indonesia.Jadi tunggu apalagi, ingin traveling pesanlah tiket di webnya Airpaz.




Segudang kenangan saat menyantap sarapan pagi  Soto Banjar ditemani dengan sinar mentari yang menyemburat kuning di ufuk timur, Pengalaman yang tak akan pernah terlupakan selamanya. Menjadi kenangan indah. Rasa soto yang memang enak dan ditemani dengan teh hangat.  Impianku  untuk bisa pergi lagi ke tempat –tempat yang punya kuliner soto . Ingin menikmati rasa soto yang berbeda rasa satu daerah dengan daerah lainnya.Betapa Indonesia kaya akan kulinernya. Semoga impianku segera terwujud. Aku Cinta Indonesiaku.


66 komentar:

Mildaini Milda Mildaini mengatakan...

seru banget mba, menantang nian

Amir mahmud mengatakan...

Kalau ada kesempatan boleh tuh main ke Banjarmasin, ada sodaraku juga di sana, sekalian plesiran

Nita Lana Faera mengatakan...

Beughhh... mantep banget makan soto dengan suasana pasar apung

Tira Soekardi mengatakan...

mbka Milda? menantang, aku takut naik kapal karena gak bisa berenang , jadi makan di kapal juga jantungnya deg2an terus

Tira Soekardi mengatakan...

bisa tuh mas Amir

Tira Soekardi mengatakan...

mantap mbal LIta, walau agak pusing karena perahunya goyang2

Audia Azani mengatakan...

Soto banjar emang enak banget mbak (y)

Nur Islah mengatakan...

Jadi ingat almarhumah ibu, suka banget dengan Soto banjar, kl ngidam pasti ngidam ini. Baru tau pula saya asalnya dari sini

Anisa Ae mengatakan...

Gak kebayang deh makan soto di sana. :D

Euisry Noor mengatakan...

Aku belum pernah belanja di Pasar Terapung.
BTW makan soto di atas perahu gak tumpah? Kayaknya asyik ya.

rita dewi mengatakan...

Dari dulu sering lihat dan dengar ttg pasar terapung ini. Di tv, cerita teman2, bahkan di gambar kalender. Tp blm pernah kesana.... 😕

Tira Soekardi mengatakan...

wah mbak audia juga sudah coba

Tira Soekardi mengatakan...

wah artinya mbka Nur sudah biasa dling dengan soto banjar ya

Tira Soekardi mengatakan...

mbak Anisa gak kebayang enaknya atau sensasinya

Tira Soekardi mengatakan...

mas Noor , tumpah sih enggak yang ada kepala agak pusing karena perahu goyang karena arus sungai

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Rita, aku dulu juga hanay bisa lihat dan baac, akhirnya bisa merasakannya

indah nuria Savitri mengatakan...

Aku sempet merasakan sensasi sarapan soto banjar di pagi buta begini hehehe.. Seru ya mba. Untungnya saat beli buah dapetnya oke semua :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya sensasinya gak pernah terlupakan

Inda Chakim mengatakan...

seger bener deh kayaknya kuahnya ya mah, duuuhhh ngilerrrr..
indonesia memg kaya, kaya banget

Icah Banjarmasin mengatakan...

Salah satu makanan kesukaan saya itu Mah..hee

Indah Primadona mengatakan...

aku suka banget soto banjar, beda rasanya dengan soto yang biasa, karena banyak rempah-rempahnya itu kali ya mbak

Nova Violita mengatakan...

asyik..seru pastinya makan diatas perahu....sore2... romantis sekeluarga..

Liswanti Pertiwi mengatakan...

pasti seru ya makan soto di pasar terapung begitu, jadi kepengen juga

zata mengatakan...

wah seru banget makan soto di pasar terapung, jadi pengen mampir ke sana kalo lagi ke banjarmasin :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Inda, indonesia kaya banget kulinernya

Tira Soekardi mengatakan...

ya iyalah secara mas Icah orang banjarmasin

Tira Soekardi mengatakan...

oh gitu ya mbak Indah, aku suka soto karena berkuah , selama ini aku suka soto dari beberapa daerah, belum ada yang gak enak

Tira Soekardi mengatakan...

mbka Nova ini hanya ada pagi hari saja kan orang yang berjualan kebutuhan hanya pagi hari

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Liswanti sambil puyeng kepalanya

Tira Soekardi mengatakan...

yuk mbak Zata mampir ke sana

Tatit mengatakan...

Mbak pasarnya buka sampai siang gitu ?
Kalau aku pasi wis deg-degan naik perahuya. La wog nggak bisa berenang :)

a.e.zen mengatakan...

soto banjar syedapp..apalagi dimakan di tempat aslinya
keingat belum sarapan hehehe
sukses lombanya ya

Budy TravellingAddict mengatakan...

wih seru ya bisa menikmati soto diatas kapal apung seperti itu :)

Nhe! mengatakan...

Duh, bikin kangen soto banjar. Dulu pernah makan soto ini waktu main ke Kota Baru Kalsel. Emang enak banget, makannya pakai lontong.

Azzuralhi mengatakan...

Pas baca artikelnya tanpa sadar saya nelen ludah. hahah
Saya juga doyan soto.. :D

Tira Soekardi mengatakan...

mbak Tatit , pasar buka dari pagi sekali sampai jam sembilanan

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak a.a zen

Tira Soekardi mengatakan...

seru dan ketakutan mas Budy

Tira Soekardi mengatakan...

wah Nhe juga sudah pernah ya, memang tinggal dimana

Tira Soekardi mengatakan...

Azzuralhi, benera ya soto itu enak, kuahnya bikin seger

Richo A. Nogroho mengatakan...

Pengalam makan langsung di sana beda yah mbak, lebih nikmat kayaknya. saya belum pernah nyicipi Soto Banjar mbak, kalau ke sana lagi ajak2 nah, hehe :D

Yati Rachmat mengatakan...

Asyiik banget makan Soto Banjar di pasar terapung. Belum pernah bunda ke pasar terapung di Indonesia. Pertama kali tahun 1983 (Tira masih di langit ke-7, hehe) bunda belanja di pasar terapung di Bangkok,ketika dapat tugas dari Kantor. Memang rasanya beda, gimanaa...gitu.

Keke Naima mengatakan...

kalau pasar apung sudha mulai banyak yang pindah ke darat, bisa berkurang keunikannya, ya

Tira Soekardi mengatakan...

ha,ha boleh2 mas Richo

Tira Soekardi mengatakan...

bunda Yati,aku tuh sudah lahir tahun 1983, itu baru masuk kuliah, he,he. Wah pasar terapung yang di Thailand ya, hebring ya

Tira Soekardi mengatakan...

iya, karena sudah banyak yang pindah ke darat, tapi pemkot banjarmasin masih mempertahankan , salah satunya untuk tujuan wisata juga

Eri Udiyawati mengatakan...

Soto Banjar ini emang enak dan sangat terkenal..

Irly - mengatakan...

Wuahh.. sensasi banget makan soto banjar yang hangat diatas kapal! Nikmat banget kayaknya ^^

Uci mengatakan...

Soto banjar memang enak yaa mba, kbayang suwir2 ayam nyaa..
Mba Tira udah lama aku ngga naek kapal kaya gitu,seruuu yaa

irwan mengatakan...

waah... banjarmasin ada soto juga, kirain banjarnegara jawa tengah.

Nining mengatakan...

Aduh ngilerrrr, scara Soto Banjar ini menu favorit di keluargaku mba. Kalo pas lebaran, maen ke rumah sodara yang pinter banget masak, yang dicari ya Soto Banjar, bukan opor hahaha.

love from Jogja mengatakan...

Wih...saya malah berum ngrasaiin soto banjar mbak....di jogja sulit carinya :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Ery , kuah yang banyak bikin seger

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Irly, sensainya itu kapalnya goyang treus , itu bikin pusing

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Uci, seru bari ketakutan

Tira Soekardi mengatakan...

bukan mas Irwan, banjarnegara mah di jawa, banjarmasin di kalimantan, yang terkenal dengan sungainya yang panjang2

Tira Soekardi mengatakan...

wah begitu ya mbak Nining

Tira Soekardi mengatakan...

love from jogja, iya soto banjar belum tersebar di jawa, di cirebon juga belum ada

Lily Kanaya Widjaja mengatakan...

Keren banget bisa menikmati makanan kesukaan sambil melihat - lihat view pasar terapung :) #Maujuga hehe

Tira Soekardi mengatakan...

iya , asyik dan bikin knangan indah

Levina mengatakan...

Seru ya Mbak...makan di pasar terapung...mirip2 di Palembang

Tira Soekardi mengatakan...

kalau di palembang buknanya restoran di atas kapal ya, dan kapalnay besar ini kapal kecil shg goyangnya terasa banget

angkisland mengatakan...

sukses ya mamah tira, wah itu sotonya bikin mupeng aja p;uasa" gini hehe

Tira Soekardi mengatakan...

enak sekali sotonya mas Angki

harjanti dede mengatakan...

Aduh duh duh.. soto oh soto. Saya waktu masih di Jogja suka juga menikmati Soto Banjar, enak banget. Ini apalagi dicoba langsung di lokasi ya mbak, tambah syahdu :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya makan di temapt asalnya itu memang sesuatu ya mbak Harjanti

Posting Komentar