Kamis, 01 Desember 2016

Menjelajah Hutan Cibeureum Kuningan





Pagi itu aku bersama anak-anak Circle Of Happiness berkunjung ke kawasan hutan Cibeureum Kuningan. Letak hutan Cibeureum ini berada di desa/kecamatan Cibeureum Kabupaten Kuningan. Dari desa Nanggela kecamatan Mandirancan tempat anak-anak tinggal cukup dekat dengan hutan ini, hanya setengah jam naik mobil. Dengan empat mobil kami berangkat ke sana. Terlihat hutan pinus berjejer rapih saat kami datang. Untuk masuk kawasan ini membayar harga tiket  limaribu rupiah. Masuk dari gerbang sudah terasa sejuk dengan semilir angin yang sejuk dengan hutan pinus yang berjejer cantik.  





Hal yang pertama dilakukan adalah trekking. Mungkin ini pengalaman anak-anak trekking. Untuk itu aku memberitahu kalau mau trekking untuk dipilihkan jalur yang gak berbahaya bagi anak-anak. Dengan seorang pemandu kami diantar menyusuri hutan. Dari tadinya hutan pinus kami mulai berjalan ke hutan dengan banyak macam ragam pohon. Aku sebisanya menerangkan beberapa jenis pohon yang ada di sana termasuk pohon paku yang banyak dijumpai. Sekali-kali anak-anak melihat monyet ekor panjang yang bergelantungan dan berpindah dari satu pohon ke pohon lainnya. Ada beberapa jalan yang curam tapi untungnya anak-anak cukup berani melewatinya. Berjalan terus sampai akhirnya keluar hutan dan kembali ke hutan pinus tapi letaknya di sebelah kiri dari pintu masuk tadi. Beberapa monyet mengejar karena banyak anak yang mengeluarkan makanan dalam tas mereka. Untungnya pemandu siap dengan tongkat untuk mengusir monyet tersebut.




Kegiatan kedua adalah permaina games individu yang bisa melatih konsentarsi, kecepatan, percaya diri . Dengan ada lima pemainan yang dipandu oleh kakak-kakak relawan. Mereka berebut untuk bisa mengalahkan yang lain walau hadiah yang disediakan sederhana tapi tak mengurangi semangat mereka. Permaiannnya berupa tebak kata, kata simon, buzz, arah mata angin dan yang sama. Teriakan anak-anak dan kegembiraan terpancar dari wajah mereka. Kadang suka lucu melihat mimik wajah mereka saat harus menebak atau melakukan sesuatu tapi gak bisa cepat. Selesai acara games, anak-anak boleh bermain di area hutan pinus saja.






Di area hutan pinus ada banyak hal yang bisa dilakukan. Ada ayunan kayu yang hanya dicantolkan di dua buah pinus yang berdekatan. Kita juga bisa naik jembatan kayu yang dihubungkan dengan rumah kecil. Jembatan kayu yang bisa bergoyang bila diinjak-injak keras. Biasanya anak yang iseng suka menggerakkan dengan keras sehingga jembatan akan bergoyang kuat . Ada lagi bangunan dari bambu dimana kita bisa naik dan berfoto di sana dengan pemandangan hutan pinus dari kejauhan. Atau bisa duduk-duduk di bangunan bambu itu. Di atas lebih terasa segar dan angin semilir menerpa wajah. Selain itu juga ada jungkat jungkit yang bisa dimainkan anak-anak yang terbuat dari bambu juga.


Alam yang sejuk dan asri, membuat tempat ini cocok untuk berwisata. Dan makan bersama di bawah pohon pinus yang menjulang tinggi membuat anak-anak makan dengan lahap. Walau dengan makanan sederhana tapi karena bersama-sama ditambah udara yang mendukung semua anak habis tuntas nasi kuningnya. Tak terasa sudah lama berada di kawasan hutan ini. Tak mearsa bosan karena kesejukan udaranya. Tempat yang bisa digunakan untuk melepas penat setelah seminggu lelah bekerja. Akhirnya harus pulang kembali setelah banyak kegiatan yang dilakukan anak-anak di sini. Anak-anak merasa puas dan senang bisa beraktivitas di alam yang hijau membuat mereka kembali bersemangat. Jadi kepikiran lagi kalau ingin membawa mereka ke tempat lain yang udaranya sejuk dan bisa jadi tempat bermain yang nyaman.


68 komentar:

Kanianingsih mengatakan...

maaak, saya aja orang Kuningan blm pernah kesini, terlalu ya :(

Evi mengatakan...

Circle of Happiness. Membaca nama ini saja memicu bahagia di otak saya. Semoga anak-anak yang bergabung di dalamnya lebih bahagia lagi dan orang-orang yang terlibat juga demikian.

Wisata bersama anak-anak yang seru ya mbak :)

Ophi Ziadah mengatakan...

waah seru juga ya di cibereum...

Nurin Ainistikmalia mengatakan...

asyiik banget ya Maaak acaranya. Anak-anak pasti merasa berkesan sekali setelah acara ini ya. :D

Nathalia DP mengatakan...

Kegiatan yg menarik, jd pengalaman yg seru buat anak2 :)

Tira Soekardi mengatakan...

memang tempatnya bukan di jalan utama cirebon -kuningan.bisa masuk dari linggarjati ke arah mandirancan mak Kania, jadi banyak yang gak tahu.

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak evi mereka bahagia beraktivitas di luar

Tira Soekardi mengatakan...

main ke sana mbak ophi sama anak2

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak nurin, mereka mau lagi , ketagihan

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak nathalia, apalagi saat trekking anak-anak antusias sekali

Dewi Ratih Purnama mengatakan...

Ikut seneng dengan kegembiraan mereka, seru banget jalan2nya,kebayang anakku, pasti suka juga diajak petualangan gini

eva sri rahayu mengatakan...

Waah seneng banget bisa bertualangan sama anak-anak kayak gitu. Mauuu <3

Nia Haryanto mengatakan...

Wah seru. Anak-anak pasti suka. Jadi kepingin bawa anak-anakku juga main ke hutan. Pasti exciting banget. Berasa jadi penjelajah. :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak dewi saking senangnya banyak yg hiperaktif

Tira Soekardi mengatakan...

yuk mbak eva main ke tempat aku dan main dg anak2

Tira Soekardi mengatakan...

nah itu dia mbak nia serasa jadi penjelajah, apalagi di huatn anak2 bsia lihat binatang yang ada di sana secara langsung

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Anak-anak kayaknya seneng ya mba ke sana. Udaranya pasti segar. Jadi pengen ke sini mba :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Rach, asri , sejuk dan nyaman

Eri Udiyawati mengatakan...

Asyik banget itu, sangat direferensikan nih. Liburan bersama anak-anak di Hutan Cibeureum

(sulis) bunda raka-alya mengatakan...

Sambil melihat aneka tumbuhan secara langsung..pasti mereka suka..

enny ridha alin mengatakan...

Bahagianya menebar kebahagiaan..

Johanes Anggoro mengatakan...

asiiik tuh anak-anak bisa liburan outdoor, gak melulu gadget dan mall :D

Amel Liya mengatakan...

wahh senangnya si anak-anak, terlihat sekali dengan keceriaannya, smoga smakin cerdas dan semakin mencintai alam., :)

yuli aenuropiq mengatakan...

mantaff dehh mbaa emamg tempatnya,,,saya sering lewatt sanaa kebetulan rumah teman kampus saya dekat objek wisata itu...memang tempatnya sejukk dan enakk pokoknya hawanya.....

salam blogger mbaa

WidaAya mengatakan...

Penasaran sama monyetnya mbak hehehe, btw anak-anak senag sekali ya diajak berwisata alam begini..

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak eri anak2 bsai lari leluasa

Tira Soekardi mengatakan...

nah itu dia bunda raka, sambil belaar flora dan fauna yg ada di hutan

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak enni

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas Johanes, tapi ini anak2 mah gak pada punya gadget maklum anak2 kampung

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak amel, pulang dari sana masih saja bercerita saat di hutan

Tira Soekardi mengatakan...

emang mbak yuli rumahnay di mana kok sering lewat sana

Tira Soekardi mengatakan...

monyetnya masih liar mbak wida gak kayak di sangeh bali yg suka makanan manusia

dweedy ananta mengatakan...

Pasti anak-anak senang ya main di alam terbuka ^^

Uniek Kaswarganti mengatakan...

Tau nama Cibeureum pertama kali jaman nonton sinetron ACI atau apa yaaa.. setting lokasinya di Cibeureum ini. Seru banget memang ya anak2 klo diajak bermain ke alam bebas, biar enggak berduaan mulu sama gadget :)

kumpulan mengatakan...

Aku anak hutan! Hahahahaha. Coba itu yang suka bakar-bakar hutan baca postingan ini, menjelajah hutan jauh lebih menyenangkan, lho! Thanks for sharing, yaaa.

Salam,
Syanu.

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Duhh..syahdu bgt rasanya berada diantara pohon pinus..membayangkannya aja udah adem bgt pasti

GUS BOLANG ADVENTURE mengatakan...

mbak tina ralawan kelas inspirasi ya ,,,, saya juga pernah ikut kegiatannya di kelas inspirasi Bondowoso ...salam kenal ya

Tira Soekardi mengatakan...

seneng banget mbak dweedy

Tira Soekardi mengatakan...

mbak uniek, cibeureum itu banyak loh ada yg di cimahi, ada yang di garut , ada yg di sumedang , kalau ini yg di kuningan

Tira Soekardi mengatakan...

kumpulan, betul treakking bikin sehat fisik dan jasmani

Tira Soekardi mengatakan...

bukan syahdu lagi mbak siethie, tapi juga bikin mata pinginnya merem saking adem dan nyaman

Tira Soekardi mengatakan...

iya gus bolang, salam kenal kembali

angkisland mengatakan...

wah seru ya mah alam yang asri keliatan sejuk apalagi sneyum gak penuh dosanya adik" tambah bikin pengen berumur panjang dah... lihat mereka tumbuh dewasa

Cumilebay MazToro mengatakan...

Anak2 sudah di kenal kan alam sejak dini yaaa

Irly - mengatakan...

Wah.. itu trackignya berapa lama? Monyetnya jadi hiburan ya saat tracking.. ^^

Tira Soekardi mengatakan...

seruuu apalagi kalau ada mas angki yg moto2

Tira Soekardi mengatakan...

iya maz toro, bermain di alam bebas bikin seger fisik dan rohani

Tira Soekardi mengatakan...

sebentar mabk Irly karena ini pakai jalur untuk anak2, kalau yg dewasa jauh dan bisa lihat curug cibeureumnya

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Waah seru ya... Suasana hutan pinus Cibeureum Kuningan ternyata hampir mirip Hutan Pinus Cikole- Lembang.

Heri Laregraga mengatakan...

wah seru sekali sepertinya. mengenalkan anak kepada permainan alam atau natural agar terhindar dari permainan gadget

Lucky Caesar mengatakan...

Paling asikkk bagi saya adalah jelajah alam 😁 seruu bangeet sepertinya mbaaak liat anak" bebas bermain bersama alam hehehe 😇😂

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak nrul tapi yg di cikole itu ada tempat tdr gantung kalau di sini gak ada

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas heri tp ini anak2 kebanyakan gak punya gadget,

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas lucky , mereka bebas bermain tanpa dibatasi sekat

Ida Tahmidah mengatakan...

Asyik sekali bermain di tempat terbuka, tanpa sekat. Dengan udara yang segar :)

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak ida,luar biasa anak2 bebas bergerak

Nita Lana Faera mengatakan...

Yang lagi duduk di atas jembatan itu keren banget, mba. Senang ya adik2nya diajak piknik 😊

Tira Soekardi mengatakan...

iya keren itu dari atas sana lihat kejauhan sangat indah

Keke Naima mengatakan...

Kegiatan kayak gini bikin anak-anak senang. Malah bisa bikin ketagihan :D

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Keke, gak bsai diam , lari sana lari sini membuat anak2 bergerak terus

Aryani Noviana Sari mengatakan...

Tempatnya seru buat hang out bareng keluarga nih ^^

Medan Wisata mengatakan...

wahhh,, hutannya tidak seperti hutan liar pada umumnya,, pastinya seru bawa main anak-anak y mbak,, ditempat saya pun ada seperti ini.

Tira Soekardi mengatakan...

medan wisata, sekarang banyak hutan2 pinus dijadikan wisata, jadi keren

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak aryani

NiaNastiti mengatakan...

Hutan pinus ternyata ada dmn mana ya Mba. Beruntung sekali anak2 ini bisa main di alam terbuk dengan udara segar. Sepertinya hutannya masih alami ya karna masih ada monyetnya :D

Tira Soekardi mengatakan...

iya sekarang banyak hutan pinus dijadikan tempat wisata

angkisland mengatakan...

serunya sampe Jogja mamah tira lihat polah anak" jadi berasa muda terus mah hehe

Tira Soekardi mengatakan...

iay berasa muda terus mas angki

Posting Komentar