Kamis, 08 Desember 2016

Yuk, Nyanyikan Lagu Anak-Anak





Kalau masalah menyanyi itu hal yang paling disukai oleh anak-anak. Coba deh kita perhatikan sejak kecil kalau anak dengar musik pasti otomatis tubuhnya bergerak dan mulai mengikuti kata-kata yang ada dilirik lagu. Bahkan kalau sering diperdengarkan anak itu akan cepat menghafal liriknya. Dan memang menyanyi itu sangat bermanfaat bagi anak-anak seperti :

  • 1.      Melatih pernafasan karena dengan bernyani banyak otot dada yang bergerak dan pernafasan kita menjadi terkendali.
  • 2.      Bisa merangsang aktivitas otak anak karena saat mereka menyanyi otak mereka akan mengingat kembali dan akan teringat selalu.
  • 3.      Dengan bernyanyi akan memperbanyak kosa kata. Banyaknya lirik yang mudah dihafal menguntungkan anak-anak karena mereka banyak belajar tambahan kosa kata.
  • 4.      Bisa memperbaiki mood anak karena dengan bernyanyi akan melepaskan hormon endofrin yang memberikan rasa rileks
  • 5.      Meningkatkan rasa percaya diri. Dengan sering menyanyi di depan akan merangsang anak percaya diri.
  • 6.      Meningkatkan jiwa seni anak.

Betapa banyak sekali manfaat yang bisa diambil saat anak-anak menyanyi. Tentunya bukan kita hendak menyuruh mereka menjadi penyanyi terkenal tapi aktivitas menyanyi ini bisa digunakan sebagai media pembelajaran yang ampuh dan memberikan kegembiraan bagi anak-anak.



Tapi masalahnya yang sekarang dihadapi banyak pendidik dan orang tua adalah langkanya lagu anak-anak yang bersiaft mendidik. Lagu anak-anak yang ada dan masih bertahan sampai sekarang adalah produk lama seperti karangan AT Mahmud, Ibu Soed dan Bu Kasur. Kalaupun ada lagu anak-anak cenderung tak ada pesan moral atau mendidik bahkan kesan lagunya sangat dewasa. Akhirnya banyak anak-anak lebih cenderung suka dengan lagu-lagu dewasa yang mereka hafal karena sering terdengar di radio maupun televisi. Untuk lagu anak diperlukan beberapa hal yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Tema lagunya harus sesuai dengan anak , harus punya pesan moral yang mendidik dan kata-katanya harus sederhana dan mudah diingat oleh anak.  Nah, lagu anak-anak yang memuat tiga hal itu saat sekarang tak ada sama sekali. Lagu-lagu anak jaman dulu itu memang sangat mumpuni, sederhana kata-katanya , sarat pesan moral dan sesuai dengan jiwa anak-anak. Sungguh dibutuhkan banyak pengarang lagu atau siapapun yang bisa mengggalakan lagi lagu anak-anak agar anak-anak bisa mendapatkan nyanyain yang sesuai dengan umur mereka.



Untuk itu di komunitas Circle of Happiness ,  juga mengajarkan mereka menyanyikan lagu anak-anak yang populer yang masih bertahan sampai sekarang. Tujuannya agar mereka akan selalu bernyanyi pakai lagu anak-anak dan tidak terkontaminasi dengan lagu dewasa yang kadang kata-katanya belum sesuai dengan anak-anak. Dibantu oleh kak Aji yang pandai main gitar, anak-anak belajar lagu anak-anak. Ternyata banyak yang belum mengetahui lagu anak-anak karena mereka tak diajari di sekolah. Lagu yang diajarkan adalah , naik delman, desaku, lagu gembira, ambilkan bulan dan paman datang. Lagu-lagu itu banyak pesan moral yang disampaikan dengan kata-kata yang mudah dimengerti anak-anak. Saat anak-anak menyanyi jadi teringat masa kecilku yang selalu menyanyikan lagu anak-anak dengan gembira. Apalagi ibuku selalu mengajarkan menyanyi dan menuliskan lagu baru saat acara  ayo menyanyi di TVRI saat itu. Jadi sedikit trenyuh saat ini anak-anak lebih mengenal lagu-lagu orang dewasa dibandingkan lagu anak-anak. Karena lebih banyak diperdengarkan lagu dewasa daripada lagu anak-anak. 


Dengan kegiatan menyanyikan lagu anak-anak, biar anak-anak lebih mengenal lagi kalau lagu itulah yang harus mereka nyanyikan. Pesan moral yang ada di lagu itu juga mudah-mudahan bisa membuat anak-anak belajar dari sana. Aku juga mengharapkan dengan kegiatan menyanyi ini, lagu anak-anak akan populer kembali di dunia anak-anak. Semoga kelak masih banyak orang yang peduli dengan pendidikan anak-anak, mau menciptakan kembali lagu anak-anak yang  mumpuni seperti ciptaan AT Mahmud, Ibu Soed dan Bu Kasur.


52 komentar:

Kanianingsih mengatakan...

asik ya anak2 circle of happiness, banyak kegiatannya

Keluarga Biru mengatakan...

Lagu anak2 yang paling kukenang ya lagunya Trio Kwek2

Prima Hapsari mengatakan...

Apa lagu anak2 tidak ada yang baru, ya?

Esti Sulistyawan mengatakan...

Keren ya Circle Of Happiness. :D Semoga anak2 lebih ceria dengan menyanyikan lagu sesuai porsi

Mel Allira mengatakan...

Miris ketika mendengar anak nyanyi lagu dewasa. Semoga dengan kegiatan ini anak2 jadi lebih riang.

Liza Fathia mengatakan...

Aamiin .... Kita sendiri juga harus peduli dengan pendidikan anak. ^_^ Perkenalkan lagu2 anak dan permainan tradisional

Ira Guslina mengatakan...

Jadi kangen sama masa kecil.

gabrilla mengatakan...

Iya, aku sedih kalo liat anak kecil nyanyi lagu dewasa :(

Salam,
Gabrilla.

sabda awal mengatakan...

mama dan papa ku, mengajak pergi,
liburan sekolahkuu, sebentar lagi,
tapi kuharus janji, rapotnya bersih,
ngga boleh, berwarna warni,
merah dan biru, biru dan merah
nanti pergi ke pulau bali

suunnguh indah... pulau bali,,
pulau dewata, menawan hati...
sayang sayang waktu kupulang,
teringat selalu dipulau ini...

Tira Soekardi mengatakan...

mak kania, main kalau ke kuningan mampir dulu ke desa nanggela manidrancan

Tira Soekardi mengatakan...

keluarga biru, wah penggemar trio kwek2 ya

Tira Soekardi mengatakan...

belum ada mbak prima

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak esti biarlah anak2 sukanya lagu anak2

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak mel apalagi kalau sudah pakai joged2 ala orang dewasa hadeh

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak liza orangtua juga harus mempekenalkan lagu anak2 jangan di rumah yang diperdenarkan lagu orang dewasa

Tira Soekardi mengatakan...

pastinya mbak ira punya kenangan yang manis saat kecil

Tira Soekardi mengatakan...

salam mbak gabrilla, galakan lagi lagu anak2 , savelagu anak

Tira Soekardi mengatakan...

bikin lagu anak mas sabda

Keke Naima mengatakan...

Bersyukur anak-anak syaa masih mengenal banyak lagu anak-anak karena memang banyak manfaatnya :)

evrinasp mengatakan...

mbakkk adakan juga di tempat ku dong mbak, senang banget deh ada circle of happiness

Tira Soekardi mengatakan...

syukurlah mbak keke kalau anaknya suka dg lagu anak ya

Tira Soekardi mengatakan...

bikin mbak evrinasp, seneng lihat anak2 apalagi aku yg anak2nya sdh besar dan gak ada di rumah lagi

Mugniar mengatakan...

Benar Mbak, menyanyi bisa jdi media pembelajaran bagi anak ya

Tira Soekardi mengatakan...

sip mbak niar, muridku selalu senang kalau aku sudah mulai nyanyi kalau ngajar

yulia yuli mengatakan...

Hihihi.. saya sih sampai saat ini masih sering nyanyiin anak lagu anak-anak, mbak Tira. Malahan sampai si sulung suka gantian nyanyiin lagu ke adeknya, lagu yg biasa saya nyanyiin dulu ke mereka :D

Rahmi Aziza mengatakan...

Lagu anak2 yang baru langka ya mba, padahal pasarnya bagus banget kenapa ga dilirik?

damarojat mengatakan...

anak saya yang sulung kl nyanyi enak didengar, mah. yang nomer dua kebalikannya, hehe...

tapi teteep saya seneng dengar mereka nyanyi. yg dinyanyikan biasanya lagu dr film yg mereka tonton. kadang jg dr sekolah.

Tira Soekardi mengatakan...

wah asyik mbak, kalau aku karena gak bisa nyanyi jarang nyanyi sama anak2 paling2 nyetel kasetnya saja

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak rahmi, gak ada kalaupun ada kata2nya trellau panjang dan sulit untuk diingat anak2

Tira Soekardi mengatakan...

mbak dwi, kalau yang suka nynayi sih anakku yang kedua apalagi kalau di kamar mandi

Nova Violita mengatakan...

sekarang sering nyanyiin..lagu anak lawas.. ke anak... he2.. dia senwng happy

Nunung Yuni Anggraeni mengatakan...

Wah bagus sekali ya kegiatan di circlr of happiness ini mamah Tira. Anak-anakku adalah contoh anak-anak yang tidak hafal lagu anak-anak. Jarang dengar soalnya.

Cumilebay MazToro mengatakan...

Jadi inget waktu kecil dulu, ikut paduan suara trus nyanyi di radio hehehe

Tira Soekardi mengatakan...

wah asyik ya mbak nova

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak yuni, oh gitu ya

Tira Soekardi mengatakan...

wah jempol dong maz toro

April Hamsa mengatakan...

Krn punya balita aku jg jd suka nyanyi dan dunlud lagu anak2, meski itu lagu jadul hehe

Alia Fathiyah mengatakan...

Hi Mak Tira, Aku boleh minta emailnya, aku bw blognya banyak sekalliii,..salam kenal

www.aliaef.com

Nita Lana Faera mengatakan...

Wah semangat terus ya kakak2 volunteer untuk mengajarkan banyak hal baik ke anak2, salah satunya mengenalkan lagu anak2 😊

Lidha Maul mengatakan...

selalu ramai dengan anak2 ya. Kali ini tentang lagu.
Saya suka anak2 yang masih senang menyanyikan lagu anak2 atau alam asal bukan lagu dewasa. Terasa murninya. Nggak perlu dengan lantunan yang wah macam artis, senaturalnya aja enak kok.

Tira Soekardi mengatakan...

lagu anak yg abgus itu memang ayng jadul mbak april, kata2nya pendek , mudah dihafal dan ada pesan moralnya

Tira Soekardi mengatakan...

sudah mabak aliya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak nita

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak lidha, senatural mungkin, anak2 ini gak baisa nynayi diiringi gitar , jadi pertamanay kacau sekali suaar kemana gitar kemana, tp akhirnya bisa juga

Titis Ayuningsih mengatakan...

Lagu anak-anak masih layak kok dinyanyikan kayak lagu mari menabung, tukang bakso dll

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak titis , masalahnya banyak anak yg lebih suka lagu dewasa dibanding lagu anak2

evhy kamaluddin mengatakan...

Keren kegiatannya mba.. Bisa berkumpul dan bernyanyi bersama anak-anak dengan berbagai manfaat. Jika orang tua menerapkan ini di rumah ketika mereka berkumpul bersama dengan keluarga pasti akan lebih menyenangkan :)

Terima kasih infonya mba :)

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak evhy, anak2 ya nynayinya lagu anak2

anis safitri mengatakan...

setuju banged





Supplier Tas Terbesar

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak anis

angkisland mengatakan...

hehe semoga anak" makin banyak ide mamah

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas angki

Posting Komentar