Kamis, 22 Desember 2016

Pertama Kali Ngedoodle





Sering aku lihat di facebook bersliweran gambar-gambar doodle bahkan di Bandung di dinding di jalan –jalan bergambar doodle. Juga banyak buku mewarnai juga berisi gambar doodle. Kebetulan aku sangat tertarik sekali walau aku sendiri juga gak mahir gambar kecuali kalau mencontoh gambar punya orang lain. Aku pikir kalau aku belajar sendiri juga gak asyik , kenapa anak-aank asuhku juga aku ajak belajar doodle. Jadi aku bakal bisa dan anak-anak juga mendapat hal baru. Kebetulan di Cirebon ada komunitas doodle art Cirebon. Aku berusaha menghubungi mereka , tapi sungguh kecewa karena mereka gak bisa karena aktivitas anak-anak asuhku ada di Kuningan. Padahal desa Nanggela ini letaknya di  perbatasan dengan desa Sidawangi Cirebon. Mereka tak bisa kalau harus ke luar kota. Tapi masih ada orang baik yang mengenalkanku dengan  kak Habibah yang ternyata punya hobi bikin doodle. Akhirnya aku minta bantuan kak Habibah untuk membantu mengajar anak-anak belajar doodle.  



Doodle, menurut bahasa Indonesia artinya mencoret.  Doodle art ini termasuk ke dalam Freehand art. Bisa puny arti , ada juga yang tak punya arti. Sebetulya doodle arti ini baru muncul abad 17 dan muncul kata doodle ini berasal dari Jerman  yang artinya bodoh. Arti dari bodoh ada dalam judul lagu Yankee Doodle yang dinyanyikan oleh pasukan kolonial Inggris. Juga doodle art memiliki sejarah. Coret-coret yang ada di gua jaman dulu???  Ini salah satu doodle art tertua. Dan doodle art ini mempunyai jenis-jenisnya antara lain :

  • 1.      Doodle fantasi : biasanya bersifat fiksi dan fantasi

  • 2.      Doodle grafiti : biasanya dibentuk untuk menulis sebuah nama atau huruf dan  penuh dalam satu lembar kertas.

  • 3.      Doodle bunga : ini juga salah satu jenis doodle . Biasanya membentuk gambar dengan banyak gambar bunga.

  • 4.      Doodle animasi biasa menggambarkan animasi yang lucu dan imut. Ini yang paling terkenal dan paling banyak dibuat orang.

  • 5.      Doodle yang menggambarkan sesuatu.

  • 6.      Doodle pattern/pola  ini menggambarkan pola yang disusun rapih,unik dan ini dododle yang paling mudah dibuat.


Nah kak Habibah saat mengajarkan anak-anak kali ini mengajarkan anak-anak lima bentuk karakter dan lima macam ekspresi yang bisa digunakan. Dan anak-anak disuruh berimajinasi dengan lima karakter dan lima ekspresi menjadi suatu bentuk gambar yang menarik. Dan anak-anak sangat antusias karena ini hal yang baru bagi mereka. Aku sendiri mencoba tapi ternyata sulit juga untuk menggambar sesuatu sendiri tanpa melihat gambar orang lain. Tapi paling tidak aku sudah mencoba sendiri bagaimana menggambar doodle. Banyak dari anak-anak yang sudah bisa bereksplore dengan lima karater dan lima ekspresi.  Beberapa sudah cukup bagus untuk anak usia SD.





Sore hari setelah kegiatan ada seoarng ibu dari Kejia yang mengirimkan gambar doodle yang Kejia buat di rumah lewat WA.. Dan ternyata aku kagum dengan coretannya. Sudah seperti doodle yang sebenarnya dan terlihat rapih. Sunguh aku bangga ternyata aku gak sia-sia mendatangkan pengajar doodle buat anak-anak. Bisa dipraktekan langsung di rumah dan bisa jadi ketrampilan yang dia miliki . Semoga kegiatan doodle hari ini bisa bermanfaat bagi anak-anak semuanya. Dan bisa diaplikasikan untuk hal lain seperti untuk lukisan, kerajinan tangan atau  kartu atau lainnya yang bisa dipadukan dengan doodle. Dan doolde itu menarik dan kak Habibah juga berjanji akan datang lagi untuk mengajarkan kembali dengan karakter dan ekspresi lainnya .



60 komentar:

Santi Dewi mengatakan...

anak saya juga sedang senang nge-doodle mba.. :)

herva yulyanti mengatakan...

lucu ya mba :) jadi pengen nyobain buat anakku nge-doodle kek gini

Syuna Mom mengatakan...

Baru tau mba, doodle itu artinya kaya gitu. Tapi memang doodle itu seni yang menarik ya :)

Nita Lana Faera mengatakan...

Karena nggak bisa gambar kok saya lihatnya doodle itu susah πŸ˜‚ tapi saya belum pernah nyoba sih 😁

Tira Soekardi mengatakan...

bagus itu mbak santi

Tira Soekardi mengatakan...

coba deh mbak herva pasti suka

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbaks yuna, menarik memang

Tira Soekardi mengatakan...

coba dulu mbak, baru komentar pada diri sendiri, bakat gak ya????

Prita Hw mengatakan...

jadi tau nih macam2 doodle, kirain yg bunga2 bukan doodle mbak :) suamiku nih yg bisa corat coret, bs jadi ide ngajarin adek2 lain yah, TFS ya mbak :)

Felyina mengatakan...

Saya kok masih belum paham, ya? Jadi bedanya doodle sama menggambar kartun dengan tangan apa? Hihihi.....
Tapi kayaknya sekasa sma saya sering deh menggambar doodle pattern

Dzaky Dewan mengatakan...

Gambar doodle itu gambar apa yah, saya kok baru dengar istilah itu ya gan!

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak prita unik doodle itu

Tira Soekardi mengatakan...

nah gambar kartun ini mirip dg doodle animasi, kan banyak macamnya doodle itu mbak felyina

Tira Soekardi mengatakan...

mas dzaky , masa belum tahu, itu spt contih gambar di atas

Ira duniabiza mengatakan...

Wahh seru ya mba bisa ngedoddle bareng. Dan hasil doddle anak2nya kece pula. Semoga bakat mereka makin terasah dan bisa jadi modal life skill buat ke depannya ya..

Ericka Abdullah mengatakan...

wah saya baru denger nih mbak istilah doodle :D, lucu juga ya gambar-gambarnya :)

Anggarani Ahliah Citra mengatakan...

waah seruuuu... anak2 jadi kreatif ya dalam menggambar. Gambarnya lucu lucu. Kalu doodle ga terlalu perlu pakai penggaris ya, Mba? Jadi lebih natural sih hasilnya. *inget dulu wkt kecil, walau pakai penggaris tetep aja ga bs lurus kalu bikin garis.

GUS BOLANG ADVENTURE mengatakan...

wih mantep mbak

Irawati Hamid mengatakan...

sepertinya bisa tak cobain buat anakku juga nih soalnya sekarang-sekarang ini dia lagi suka corat-coret dan menggambar :)

Lusi mengatakan...

Pinternya anak2. Aku cuma penikmat karena tanganku kaku kayak kayu. Gak bisa bikin yg bagus2 :))

nova violita mengatakan...

baru tau kalau itu namanya foto doodle.., padahal adik iparku seneng banget gambar begituan..

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak ira, biar mereka belajar dan bisa berkembang

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak ericka, ,lucu2 kalau yg ekpresinya lucu

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak anggarani, gak pakai penggaris

Tira Soekardi mengatakan...

gus bolang , makasih

Tira Soekardi mengatakan...

bisa mbak ira, banyak contoh digoogle juga dari yg sederhana sampai jelimet

Tira Soekardi mengatakan...

dicoba mbak lusi, aku juga nyoba , gak bagus tapi setelah diwarnai pakai warna yg terang jadi bagus juga

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak nova, banyak jenisnya juga , bukan bentuk spt itu saja

Yas Marina mengatakan...

Saya sering dengar istilah doodle. Masih heran kenapa salah satu artinya 'bodoh'ya?

Aryani Noviana Sari mengatakan...

Seru banget ya ^^

Inna Riana mengatakan...

saya ga bisa gambar. seneng liat doodle yg bagus2

winny mengatakan...

kak seru sekali dengan anak-anak begitu

tutyqueen mengatakan...

aku suka banget corat coret meskipun nggak terlalu bisa nge doodle mbak, tapi sukaa :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak marina gak ngerti apa karena bentuknya yang culun itu ya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak aryani, seru

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak inna , aku juga suka lihat doodle , hanya sekedar suka, gambarnya sih masih belum bisa

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak winni, seru banget bergembira sama anak2

Tira Soekardi mengatakan...

wah asyik ya mbak tutyqueen, bisa sambil dicoba , aku juga nyoba walau gak bagus

angkisland mengatakan...

awet muda terus nih mamah tira hehe... semoga berkah sehat selalu mamah tira... sukses adek" sru juga tuh buatnya hehe jaman makin benderang dah

starleery mengatakan...

serunya bermain doodle. Ada adik sepupuku juga yang suka gambar doodle. Tangannya lemees banget gerakin pensil. Kalo liat tangan sendiri yo rasa rasanya susaah :)

Pinx mengatakan...

Wah mbak, ini menarik banget. Baru tau yang begini namanya gambar doodle. Tau ga guru yang ngajar gambar doodle ini di Jakarta?

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Doodle itu seru banget ya, aku jadi pengen coba belajar.

Maya mengatakan...

seru banget ya bisa ngdoodle bareng anak-anak asuh, memang bakat sebaiknya bisa dilihat sejak usia anak-anak jadi bisa lebih mudah di arahkan

salam kenal ya

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Seni karya t
Lukis dalam tulisan yg lagi kekinian

Tira Soekardi mengatakan...

amin mas angki

Tira Soekardi mengatakan...

starleery, kalau sudah biasa tangannya juga bisa lentur

Tira Soekardi mengatakan...

gak tahu mbak pinx, tapi blogger yang bisa doodle dan suka ngajar kaayknya mbak tanti

Tira Soekardi mengatakan...

mbak liswanti kan bisa belajar sama mbak tanti, sering ketemu kan???

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak maya, bakat harus dipupuk dari sejak kecil

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak sie-thi, memang lagi kekinian

Alone ranger mengatakan...

Itu kenapa anak-anak kecil pada bagus gambarnya ya? Jadi minder kan saya πŸ˜₯

Tira Soekardi mengatakan...

alone ranger, ha,ha,ha... yuk nyoba atuh

Mugniar mengatakan...

Barakallah Mbak. Senangnya lihat anak2 bisa berkreasi.

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak niar, mereka semakin maju stlh jadi anak asuhku

Sandra Nova mengatakan...

Anak-anak itu imajinasinya kuat banget jadi kalau ngegambar alias ngedoddle lucu2 dan bagus.. sekadangkan aku.. hmm.. wassalam deh..

Tira Soekardi mengatakan...

mungkin bisa dg latihan mbak sandra. Aku juga bisa mencontoh tp beberapa kali buat sdh lumayan

Jalan-Jalan KeNai mengatakan...

kegiatan yang menyenangkan buat anak-anak, Mbak ^_^

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak keke

Ilham mengatakan...

kayaknya cocok ni buat kegiatan anak2

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas ilham

Posting Komentar