Kamis, 12 Januari 2017

Gembok Cinta






Pernah gak lihat gembok cinta di suatu tempat, bisa tempat wisata atau tempat lainnya??? Kayaknya lagi ngetrend deh . Banyak lokasi yang dijadikan tempat gembok cinta ini. Gembok cinta adalah gembok yang dipasang sebagaai lambang cinta abadi , kayaknya digembok agar tetap abadi selamanya.Ternyata ada sejarahnya loh gembok cinta ini. Ini berawal dari kisah cinta Nada dan Relja yang berasal dari Serbia. Cinta mereka berakhir tragis karena perang dunia I. Di tempat Nada bertemu dengan Relja yaitu di jembatan Most Ljubavi, banyak wanita memasang gembok bertuliskan  nama mereka dengan pasangannya . Tujuannya agar langgeng dan tak akan terlepas dan tak bernasib butuk seperti Nada dan Relja.Dan dikenal dengan gembok cinta.


Sekitar akhir athun 2000 an tradisi gembok cinta ini mulai marak lagi. Awalnya di Perancis di jembatan Pont De’Archeveche, kemudian di Roma di jembatan Ponte Milvio dan masih banyak lagi. Tentunya gembok cinta ini juga sudah merambah kota-kota di Indonesia. Sudah banyak kota-kota di Indonesia yang mepunyai tempat dimana orang-orang bisa memasang gembok cinta, malah menjadi trend. Apalagi tulisan nama ditulis digembok sehingga bisa banyak terlihat banyak orang kalau mereka pernah datang kemari bersama pasangannya. Tapi sejalan dengan waktu gembok cinta juga bukan hanya untu pasangan tapi cinta yang lebih universal lagi, seperti keluarga, teman atau sahabat. Jadi yang jomblo jangan takut masih bisa pasang gembok cinta untuk keluarga atau teman baikmu. Nah yang masih bikin aku penasaran nih, kalau pasanagn yang ngaitkan gembok cinta itu ternyata gak langgeng, apa gembok cintanya dibuang atau dibiarkan begitu saja buat kenangan kalau dulu pernah punya kekasih. Apa ada gak ya yang nyimpen kunci gemboknya???? Duh kepo banget. Masih misteri nih.


Inilah gembok-gembok cinta yang peranh aku kunjungi.

  • 1.      Gembok cinta di balai kota Bandung. Nah di dalam taman di balai kota Bandung ada kawat yang berdiri tinggi dengan bentuk prisma. Kawat-kawat itu digunakan untuk mengaitkan gembok cinta. Gembok cinta ini diresmikan oleh kang Emil selaku walikota Bandung. Gembok-gemboknya kecil dan ada warnanya juga. Karena aku mah cintanya sudah digembok sama pak suami, makanya hanya berfoto saja di depan prisma gembok cinta ini.

  • 2.      Gembok cinta yang ada di taman Cikapayang. Kalau menyusuri jalan merdeka dari awal, disisinya terdapat anak sungai  Cikapayang yang sudah dijernihkan menjadi taman mungil dan di sana juga terdapat pagar yang bisa dikaitkan gembok cinta. Namun waktu ke sana gembok cintanya masih sedikit dengan warna yang suram.

  • 3.      Gembok cinta di Farmhouse. Gembok cinta yang bagus sekali. Pagar kawat yang ada di daerah hutan pinus mini , sudah banyak dikaitkan gembok cinta dengan tulisan nama pasangannya. Semarak karena gembok cinta ini ada motif dan warnanya juga cerah. Ini yang menyebabkan menjadi hal yang menarik . Dan gak puas untuk melihat-lihat nama-nama yang terpampang di sana.Begitu indah apalagi kalau gemboknya sudah penuh dan rapat.




Sebetulnya banyak tempat lagi yang memiliki gembok cinta. Tiga tempat ini yang baru aku kunjugi. Unik dan sebetulnya sih menurutku sekedar lucu-lucuan saja, karena langgeng atau gaknya bukan karena gembok cinta itu tapi tergantung masing-masing yang menjalani hubungan spesial. Dari ketiga tempat di atas satupun gak masang gembok cinta, hanya berfoto saja karena unik bisa berfoto di antara gembok-gembok cinta milik orang lain. Dan aku juga mendoakan agar mereka yang mengaitkan gembok cinta ini bisa langgeng cintanya , abadi karena sudah digembok dengan cinta. Amin....



58 komentar:

Dita Indrihapsari mengatakan...

Waaah di Bandung aja ada 3 tempat itu ya mba.. hihi Iya nih makin banyak skrg tempat gembok cinta gitu. Jadi tempat wisata juga..

dongeng naura mengatakan...

aihh... lucu ya kalo udah penuh. unik banget. di depok juga ada mbak. di resto millan pizeria. tapi gemboknya masih dikit.xixixi..

Dedew mengatakan...

Wah Bandung beneran kota cinta ya mbaa hihi

cii yuniaty mengatakan...

ga usah jauh2 ke Korea yaa mba...

Nita Lana Faera mengatakan...

Saya lihatnya pas ke Jogja, di seberang Vredeburg 😁 pas ke Farmhouse malah ga lihat

Tira Soekardi mengatakan...

itu yang aku tahu mbak gita, mungkin masih ada yang lain

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak anura, banyak tempat punya gembok cinta , lagi ngetren kayaknya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak dwi. banayk cinta dimana2

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak yuniati

Tira Soekardi mengatakan...

masa sih mbak nita padahal di farmhouse yang paling bagus ya di gembok cinta itu

Inna Riana mengatakan...

oo baru tahu sejarahnya. dulu saya tahunya cuma di paris aja ada gembok cinta.
wah di bandung sampai ada 3 ya

Tira Soekardi mengatakan...

yang baru aku tahu tiga mbak inna, entah mungkin masih ada lagi

Felyina mengatakan...

Ah, aku jadi pengen masang gembok cincah yang ada tulisan nama aku dan suamih. Biar romancos gituh. Ahay....

Salam, Mbak. ^_^

Ikrom Zayn mengatakan...

di Malang juga ada cuma tempatnya kurang strategis di median jalan jadi sulit kalau mau foto huhu

(sulis) bunda raka-alya mengatakan...

Ah, aku malah baru tahu.. Tapi bagus tu mbak, mengabadikan dengan gembok..daripada dengan coret2 nama pasangan di fasilitas umum..

Tira Soekardi mengatakan...

bener juga ya mbak felyina, asyik kayaknya

Tira Soekardi mengatakan...

oh begitu mas ikrom, sayang ya

Tira Soekardi mengatakan...

iya bunda raka, yang paling suka kalau gemboknya ada motifnya jadi terlihat bagus

Lidha Maul mengatakan...

dengan begini gemboknya jadi laris manis.

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

saya justru pertama kali tau tradisi gembok cinta dari drakor
tp liat langsung di Bandung
heheh :D

Dewi Nielsen mengatakan...

Pernanya cuma ke gembok cinta yang di Paris, belum pernah yang di Bandung...pasti lucu ya kak..

Wian mengatakan...

Di Indonesia ada? Hoooo kudet banget ya aku.

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Hai mba. PAs Mingu lalu ke Bandung malah nggak sempat ke sini, mba

ira duniabiza mengatakan...

wahh seriusan saya baru tahu mba ternyata di kota2 indonesia ada juga ya gembok cinta. kirain cuma di perancis dan eropa sana.. hihii.... gembok oh gembok... :-)

Qudsi Falkhi mengatakan...

Jadi pengen beli gembok gambar doraemon trus dikaitkan ke situ. Siapa tahu besok-besok bisa punya saku kayak doraemon hahaha

Budy TravellingAddict mengatakan...

Wah dibandung sekarang banyak tempat untuk GEMBOK CINTA...

www.travellingaddict.com

Tira Soekardi mengatakan...

mbak lidha yang di balai kota dan cikapayang , gembok bawa sendiri, kalau di farmhouse sih beli di sana

Tira Soekardi mengatakan...

waah semua selalu bilang tahu dari drakor termasuk mbak shie-thie, penggemar drakor juga kah?

Tira Soekardi mengatakan...

wah mbakd ewi sih mungkin lebih bagus yang di paris yang di jembatan itukah???

Tira Soekardi mengatakan...

ada mbak wian, banyak kok wisata yang ada gembok cinta, aku tahu juga karena banyak baca dari blog orang lain

Tira Soekardi mengatakan...

wah sayang mbak alida

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak ira.lagi booming gembok cinta, banyak wisata yang ada gembok cintanya

Tira Soekardi mengatakan...

boleh tuh mas qudsi

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas budi, mampir ke sana

Irly - mengatakan...

Banyak yang sudah dikunjungi ya.. saya satupun belum.. Hihi..

Utii mengatakan...

Sering ke Balai Kota Bandung (secara orang Bandung :D) tapi belum nemu yang lagi masangin Gembok....

Ingga Bia Putri mengatakan...

wah sekarang gembok cintanya sudah banyak ya, terakhir saya kesana masih sedikit jadi belum seru, hehe :D

Nabila Putri Karimah mengatakan...

Saya orang bandung tp belum pernah sama sekali lihat gembok cinta nihh. Pernahnya lihat di film-film ajaa :D

Tira Soekardi mengatakan...

banyak kok sekarang wisata yang ada gembok cintanya mbak Irly, mungkin suatu waktu bisa ketemu dg gembok cinta

Tira Soekardi mengatakan...

mbak utii tapi lihat bangunan prismanya kan????

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak ingga sudah rapat jadi keren

Tira Soekardi mengatakan...

ayo mbak nabila, gak usah jauh2 ke farmhouse yang balai kota saja

Ophi Ziadah mengatakan...

gembok cinta ini memang ngehits di mana mana ya mah

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak ophi lagi ngetrend

evrinasp mengatakan...

di Indonesia pun ternyata ada yah, jadi gak perlu ke korea nih hehe

Rudi Chandra mengatakan...

Wah... di Bandung sampe tiga tempat gitu, bisa dibilang kota cinta juga nih :)

Liswanti Pertiwi mengatakan...

baru tahu aku loh mba di Bandung gembok cinta banyak, pengen lihat ah

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak evrinasp

Tira Soekardi mengatakan...

bisa jadi mas rudi

Tira Soekardi mengatakan...

sekarang banyak tempat wisata ada gembok cintanya mbak liswanti, gak di bandung saja

Pipit Widya mengatakan...

Belum pernah mengunjungi gembok cinta, Bu.
Pengen lihat kalau ke Bandung.

Tira Soekardi mengatakan...

main ke sini mbak pipit

Titik Asa mengatakan...

Kalau ke Yogya, ada juga gembok cinta disana mbak. Di yogya KM 0.
Belakangan saya menemukan juga di Sukabumi. Hanya lokasinya agak kurang bagus, di jalur lingkar selatan. Masih sedikit gembok terpasang disana.

Salam dari saya di Sukabumi,

Tira Soekardi mengatakan...

nah itu dia mas titik asa, sekarang lagi ngetred itu

indah nuria Savitri mengatakan...

Aku pernah liat yang di Ancol..kalau di Eropa banyak bangeeet, hampir di setiap tempat yang ramai ada gembok cintanya hehehe. DI US aku kayaknya belum liat deh :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak indah , sekarang lagi ngetrend jadi banyak tempat gembok cinta

Ahmad mengatakan...

bandung keren euy .....

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas ahmad , bandung memang keren , hebat kang emil

Posting Komentar