Kamis, 26 Januari 2017

Ingin Kembali Ke Batu Malang





 Gambar dari sini

Kota Batu. Kota Batu ini terletak di proipinsi Jawa Timur  15 km dari sebelah barat laut kota Malang. Sekarang Batu merupakan kota otonom yang terlepas dari kabupaten Malang. Batu terkenal dengan keindahan alam sehingga banyak wisata di sana. Aku ingat dulu waktu masih sekolah saat berlibur ke Surabaya ke rumah nenek, pastinya jalan-jalan ke kota Batu. Dulu wisata yang ada memang masih terbatas, tapi kini wisata di Batu sangat pesat dengan aneka ragam tempat yang bisa dikunjungi. Hal ini yang menyebabkan aku sangat ingin kembali ke kota ini setelah sekian lama tidak berkunjung ke sini. Batu ini termasuk dalam wisata Malang yang patut dikunjungi para wisatawan.  Dari info Malang aku banyak mendapatkan banyak informasi tentang wisata yang ada di Batu. Dan aku sangat tertarik kalau di sana banyak museumnya. Aku suka sekali dengan museum karena sejak kecil aku sering dibawa ibuku ke museum.  Kata ibuku aku bisa banyak belajar dari apa saja yang ada  dalam museum

Hal Ini yang menyebabkan aku ingin kembali ke Batu setelah sekian lama tak pernah datang lagi, karena daya tarik museum-museum yang ada di sana. Kalau saja aku bisa ke sana, keinginanku untuk berkunjung ke museum  yang  ada di sana yaitu

 
  • 1.      Museum angkut : Museum angkut ini didirikan dengan konsep yang bagus, konsep sejarah dan hiburan dengan tujuan agar pengunjung tertarik untu datang. Agar kesan seram museum akan hilang. Berisi tentang sejarah kendaraan di dunia dari abad ke abad . Beberaap zona di sana bisa dikunjungi. Mulai dari zona mobil antik /kuno, mobil angkutan umum, mobil modern. Dan ada juga zona Eropa dengankendaraan .khas negara eropa , Juga da zona edukasi yang menceritakan tentang sejarah angkutan dari masa ke masa di dunia dan Indonesia, Juga terdapat zona kota tua yang ada di Batavia dengan banyak kendaraan  tua dan unik di sini.
  •  
    Gambar dari sini

  • 2.      Museum satwa. Museum satwa ini merupakan bagian dari Jatim Park 2. Unik karena di sini kita bisa melihat hewan yang sudah diawetkan. Foil-sosil purba yang didatangkan dari berbagai negara. Selain itu juga ada replika dari hewan purba seperti tyranosaurus dan yang lainnya. Hewan yang diawetkan ini tampak hidup dalam bentuk diorama. Dalam diorama akan terliaht habitat dari hewan tersebut sehingga kita bisa belajar kehidupan dari hewan tersebut. Yang unik adalah bangunan museum ini, banyak pilar-pilar tinggi. Kanan kirinya ada patung gajah dengan ukuran besar. Bagian depannya terdapat patung yang lucu-lucu agar diminati oleh anak-anak
  •  
    Gambar dari sini

  • 3.      Museum d’Topeng Kingdom : Museum ini terletak di jalan Terusa Sultan Agung Batu. Museum yang baru didirikan tahun 2014 berisi koleksi dari benda-benda bersejarah kebudayaan yang ada di Indonesia. Selain itu museum ini menyimpan 2000 topeng kuno dari beberapa daerah yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu museum ini disebut dengan d”Topeng. Topeng-topneg itu disimpan dalam lemari kaca besar. Setiap topeng dipisahkan berdasarkan daerahnya. Salah satu topeng yang unik adalah topeng yang ditemukan di sekitar candi Borobudur yang dilapisi cat berbahan prada. Selain itu juga terdapat beberapa koleksi wayang.
  •  

 Gambar dari sini

Begitulah harapan aku bisa kembali datang ke Batu setelah sekian lama tak datang kemari. Dan tiga museum inilah yang akan aku kunjungi sebagai suatu  hal yang paling aku sukai untuk dikujungi pertama kali. Tak pungkiri juga kalau masih punya waktu akan mendatangi wisata lain yang spektakuler yang ada di kota Batu. Kini aku akan menunggu waktu yang bisa membawa aku ke Batu untuk menikmati segala sesuatu yang indah dan unik di sana.

70 komentar:

Anggita R. K. Wardani mengatakan...

Wisata di Malang memang asyik2 dan edukatif juga. Saya juga sedang menanti waktu untuk bisa main ke Batu, padahal deket banget dari Surabaya hehehe

Anisa Ae mengatakan...

Batu memang jadi tujuan wisata yang nggak ngebosenin. :D

Prima Hapsari mengatakan...

Masih belum kesampaian mengunjungi Malang dan Batu

Ajar Masak mengatakan...

Penasaran sama Museum Angkut. :(

Syuna Mom mengatakan...

Malang memang banyak punya tujuan wisata ya mba, cocok buat ngajak anak-anak travelling sekaligus belajar :D

Tira Soekardi mengatakan...

wah mbak anggita yang di surabaya saja belum ke batu ya?

Tira Soekardi mengatakan...

secara mbak anisa mah sering ke sana ya

Tira Soekardi mengatakan...

sama dong mbak prima

Tira Soekardi mengatakan...

ajar masak , iya bagus katanya

Tira Soekardi mengatakan...

betul syuna mom, pasti anak2 suka

Lia Lathifa mengatakan...

ikut maaak.. pengen bgt deh ngajak anak-anak ke museum angkut.. tp masih rencana trs nih hiks..

Hanifa mengatakan...

Maaak asyik banget kalau jalan-jalan ke Malaaang. Saya pernah ke Malang waktu SD dan belum sempat kembali lagi ke sana. Semoga bisa balik lagi suatu hari nanti :')

Tira Soekardi mengatakan...

he,he mbak lia,anak2 pasti suka

Tira Soekardi mengatakan...

sama mbak ahnifa aku juga ke malang waktu masih sekolah

Ikrom Zayn mengatakan...

sekarang banyak dibangun lagi tempat asyik di Baru bu. Ada Coban Rais dan peternakan kuda.

Kalau ke Batu lagi mampir ya ke rumah saya :)

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Saya juga kangen sekali utk menjelajahi Batu..suka sama udaranya yg sejuk

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Ahhh ikut mak, aku belum pernah

wuri mengatakan...

Huaaa pengen ke sana

Tira Soekardi mengatakan...

wah ams ikrom, banyak sekali wisata di batu ya , jadi pingin ke sana

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak shie-thie, hawanay yang sejuk bikin betah

Bunda Saladin mengatakan...

jjs ke mBatu memang asyik, gak membosankan :D
kapan kapan kopdar di mBatu yuk, saya di Malang hehehehe

Tira Soekardi mengatakan...

yuk bareng mbak liswanti

Tira Soekardi mengatakan...

yuk mbak wuri barengan

Tira Soekardi mengatakan...

wah mudah2an bisa ketemu dengan bunda saladin

indah nuria Savitri mengatakan...

Museum d'Topeng kayaknya oke yaaa

Pras A mengatakan...

Aku pernah tinggal di batu cukup lama mama hastira. 10 tahun lbh

Eri Udiyawati mengatakan...

Museum Angkut di Malang, memang sangat primadona.. Dan Malang, selalu memberikan tempat wisata yang keren..

Ardian Kusuma mengatakan...

Udah 3 kali ke Batu, pengen kembali kesana.. terakhir udah 2 tahun yang lalu kesana

prana ningrum mengatakan...

pingin banget ke batu malang. kapan ya?adem ya mbak disana.

Wian mengatakan...

Aku blm kesampean nih mba ngajak krucils kesana. Katanya bagus utk edukasi anak2.

damarojat mengatakan...

baru sekali ke Batu mah. dan cuma lewat. pinginnya suatu hari bisa menjelajah Batu.

lahiya mengatakan...

Malang tuh emang kota wisata dan ramah-ramah warganya, menyenangkan

Salam,
Rasya

Astin Astanti mengatakan...

bisa jadi referensi ni, MBak. Aku belum pernah ke Batu

tutyqueen mengatakan...

sudah lama pengen kesini tapi belom kesampaian, aku save dulu ah biar pas kesana jadi referensi..thanks ya mbak

Tira Soekardi mengatakan...

nah iya mbak indah, topeng itu setiap daerahnya beda2 di cirebon saja ada lebih lima topeng beda karakter

Tira Soekardi mengatakan...

wah senangnya mas pras

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak ery, semaunay bagus dan edukatif

Tira Soekardi mengatakan...

asyik dong mas ardian juga sudah ke tempat yg ada dalam tulisanku kan ???

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak pran ningrum , batu hawanya sejuk

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak wian, banyak wisaat edukasi di sana

Tira Soekardi mengatakan...

wah nanti mah harus mampir ya mbak dwi

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak rasya

Tira Soekardi mengatakan...

belohe tuh mbak astin main ke batu

Tira Soekardi mengatakan...

sama2 mbak tutyqueen

Kanianingsih mengatakan...

dulu kakak kuliah di Malang, tapi sy sendiri blm pernah ke Malang

Nurliana Syaf mengatakan...

Museum angkut aku udah kunjungi, tapi yang lainnya itu belum.. Huhuh

Irly - mengatakan...

Saya hanya pernah ke museum angkut saja.. selebihnya saya lewatin.. hehe

Tira Soekardi mengatakan...

mak Kania, aku dulu lagi masih sekolah makanya pingin lagi ke sana

Tira Soekardi mengatakan...

wah mesti ke batu lagi ya mbak nurliana

Tira Soekardi mengatakan...

wak kok dilewati mbak irly?

Sri Wahyuni mengatakan...

Berada di Batu berada adem dan nyaman...apalagi sekarang Batu sudah ramai banyak dikelilingi tempat wisata...hmmm...jadi pengen berlama-lama disana ya Mbak....

Jalan-Jalan KeNai mengatakan...

Saya belum pernah menginap di Batu. Paling sekadar lewat atau sekian jam saja di sana. Pengen suatu saat menginap dan explore kota Batu

Nyayu Amibae mengatakan...

Malang destinasi wisata yang belum aku kunjungi, terima kasih tuk ceritanya, masuk referensi nih,, :)

Harie Khairiah mengatakan...

Banyak tempat menarik yaa di batu, mudah2an suatu hari nanti bisa jalan2 ke sana

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak sri, udaranya sejuk

Tira Soekardi mengatakan...

perlu dicoba mbak keke

Tira Soekardi mengatakan...

sama-sama mbak nyayu

Tira Soekardi mengatakan...

amin mbak harie

Ophi Ziadah mengatakan...

liburan akhir tahun kemarin ke sana mah sm anak2.. malang selalu ngangeni

Suciana Dwi mengatakan...

Saya belum pernah ke malang mbak,baru sampai sragen bis nya rusak pulang deh

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak ophi, terlau banyak tempat yang perlu dikunjungi

Tira Soekardi mengatakan...

mudah2an suatu waktu bisa kesana ,nak suciana

CatatanRia mengatakan...

wah museum angkut dan satwanya pengen ngunjungin, anakku pasti seneng lihatnya. kalau museum topeng dia pasti takut hihihi

Jiah Al Jafara mengatakan...

Kalau ke Malang, pengen eksplor alam. Tp musium jg boleh

Tira Soekardi mengatakan...

ha,ha mbak ria, memang ada rakter jahat pada beberapa topeng biasanya dg wajah serem, dulu aku pernah takut sama topeng rahwana krn ditunjukkan oleh bapakku

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak jiah gak ada salahnya ke museum, banyak yang bisa kita pelajari di sana

GIRINDRA WIRATNI PUSPA mengatakan...

Baca ini jadi sedih sekaligus senang. Senang karena bisa mengingatkanku pada kota Batuku tercinta, sedih karena jadi pengeeen pulaaang. :D

Tira Soekardi mengatakan...

wah ingat kampung halaman rupanya

Febrianty Rachma mengatakan...

Wah baru tahu selengkapnya setelah baca disini bund, selain museum angkut ternyata masih ada museum satwa dan topeng, senang banget deh kota kelahiran yang sekrang jadi tujuan mudik bisa ikutan booming dan digemari sebagai tujuan wisata xixi

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak febrianty, malang itu banyak wisata alam dan eduaktif yang bisa dikunjungi

Posting Komentar