Kamis, 01 Juni 2017

Taman Baru, Taman Cisantana





Desa Cisantana . Desa yang akan selalu aku kenang. Desa yang terletak di kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Desa dimana pertama kali aku hidup berumah tangga, karena setelah menikah aku diboyong ke desa Cisantana. Desa yang subur dengan alam  yang indah. Sawah-sawah menghampar luas dengan kebun-kebun yang berada di kaki gunung Ciremai. Dan juga terdapat banyak peternak-peternak sapi perah yang ada di sana. Yang aku ingat saat aku di sana pertama kali, hanya ada Gua Maria tempat ziarah umat katolik. Sering banyak yang datang ke sana dari luar daerah Kuningan bahkan lintas propinsi. Dan satu lagi di daerah Palutungan yang termasuk daerah konservasi hutan. Dimana banyak hutan pinus dan curug Putri. Di sini juga tempat orang yang mau mendaki ke puncak Ciremai.


Sudah hampir tahunan tidak pernah ke Cisantana lagi sampai suatu saat lihat di IG ada taman yang unik dengan banyak batuan yang terdapat di Cisantana. Kok jadi penasaran karena foto-foto  yang terlihat sangat instagramable. Akhirnya saat anakku pulang ke Cirebon aku memutuskan untuk melihat taman tersebut sambil nostalgia saat tinggal di sana. Benar saja saat sudah mulai naik di pertigaan ke arah Cisantana sudah tampak banyak perubahan. Sudah lebih banyak rumah . Naik terus sampai ada petunjuk Taman Cisantana. Ada gapura besar bertuliskan Taman Cisantana. Hanya dengan tiket sebesar Rp 5000,- sudah bisa masuk ke sana. Sekali lihat masih terlihat panas karena pepohonan yang ditanam belum tinggi.


Taamn ini baru saja didirikian tahun 2017. Sebenarnya tadinya ini adalah tempat penambangan batu. Masarakat desa ini akhirnya mengubah tempat penambangan batu ini menjadi taman. Di latar belakangi dengan batuan yang  tinggi menjulang. Dan di bawah ada taman yang kalau dilihat dari atas seperti kelopak bunga.  Karena baru sehingga pepohonan yang ditaman belum besar sehingga masih panas. Untungnya daerah Cisantana itu daerah dataran tinggi , udaranay sejuk. Mengambil foto dengan latar belakang bebatuan yang tinggi itu sungguh begitu indah . Dengan kesan seperti bebatuan yang ada di Amerika. Sayangnya untuk ke atas tebing batu itu belum ada jalan yang dibuat agar tak licin karena banyak pasir di sana. Juga tak ada pengamanan saat berada di atas sehingga agak ngeri juga kalau naik ke atas. Tapi saat berada di atas akan bisa melihat taman yang berbentuk kelopak bunga tadi. Juga bisa melihat jangkauan pandangan yang luas. Bahkan bisa melihat kota Cirebon.


Selain itu di sana juga disediakan saung-saung untuk tempat duduk-duduk menikmati udara yang sejuk. Tapi begitulah namanya pengunjung kadang suka susah untuk disuruh menjaga kebersihan. Padahal di dekat saung-saung tadi sudah ada temapt sampah, tapi masih terlihat sampah dan ada yang membuang sampah di bawah saung. Padahal tempat sampah ada di samping saung!!!! Adanya taman ini bisa jadi tempat berkumpulnya orang-orang sambil menikmati alam. Dan yang aku lihat sih kebanyakan anak muda yang menggunakan motor. Rasanya aku dan suamiku pengunjung yang paling tua.....


Taman ini dibuat dari insiaitif warga . Kemudian  mereka mencari dana ke pemda untuk membuat taman ini. Mereka dapat dana untuk tahap pertama, karena untuk tahap kedua akan ditambah sarana dan parsarana lainnya yang menunjang agar taman Cisantana ini bisa jadi tempat berwisata keluarga. Hasil penjualan tiket ini  masuk kas  desa, pemda dan pengelola. Dan dibukanya taman ini juga membuka lapangan pekerjaan bagi pemuda di sekitar taman.



68 komentar:

HM Zwan mengatakan...

Kuningan itu deket Cirebon ya mak??
Semoga semakin bagus tamannya

Adi Pradana mengatakan...

Pernah sekali ke kuningan, dulu ke bendungan apa ya aq lupa. Pas kuliah dulu

Anisa Ae mengatakan...

Tempatnya keren banget, Bun! :D

Esti Sulistyawan mengatakan...

Pengen juga jalan2 ke Taman Cisantana :D

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak zwan dekat denagn cirebon , kalau sekarang dg jumlah kendaraan yang banyak jaraknya ditempuh satu jam lebih, dulu bisa satu jam kurang

Tira Soekardi mengatakan...

oh itu waduk darma mas adi

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak anisa walau belum lengkap

Tira Soekardi mengatakan...

yuk mbak esti main ke sana, enak udaranya sejuk cenderung dingin

Larasati Neisia mengatakan...

Keren banget tempatnya.. masih baru banget ya mbak. Kapan-kapan main sini kalo ke Kuningan hehe

monda mengatakan...

senang masyarkat mau berhenti menambang batu, semoga dengan adanya taman ini bisa jadi alternatif mata pencarian
di sini udaranya enak ya, aku pernah ke desa wisata Cibuntu mbak.., dekat Mandirancan, kira2 masih jauhkah ke Cisantana..?
berencana pengen balik ke daerah ini, pengen ke Cipari, mana tau bisa mampir

Tira Soekardi mengatakan...

main mbak laras di sana juga dekat kafe yang murmer

Tira Soekardi mengatakan...

mbak monda dari amndirancan masih jauh, oh mau ke cipari juga, nah, ke cipari dulu krn cipari ada di cigugur, bawahnya cisantana, baru ke taman cisantana. dari sini ke sukageuri view juga keren pemandangannya

Evrinasp mengatakan...

Wah kuningan cantik ya, baru sekali ke sana tapi cuma ke linggarjati aja, suka sama tamannya mbak

Helena mengatakan...

aaah senangnya ada taman buat kumpul bersama keluarga. Sayangnya kesadaran pengunjung masih kurang dengan membuang sampah sembarangan

Lusi mengatakan...

Merindukan kota yg ada tamannya seperti ini. Dulu di Pekanbaru malah ada hutan kota. Sekarang di Jogja nggak ada taman hijau, adanya taman parkir. Syedih.

Tira Soekardi mengatakan...

main ke sana mbak evrinasp dari taman ini naik lagi ada sukageuri view ,indah banget

Tira Soekardi mengatakan...

nak iyu dia mbak helena, yang indah jadi bikin sepet mata krn ada sampah

Tira Soekardi mengatakan...

sama mbak lusi di cirebon juga bgt gak ada satu tamanpun

Titis Ayuningsih mengatakan...

Semoga kuningan tetap hijau dan mendamaikan bumi.

Riska Ngilan Haryono mengatakan...

Pohon-pohonya beluma banyak yang tumbuh ya mbak, masih kelihatan gersang gitu. Tapi mungkin beberapa tahun lagi bakal tumbuh dan jadi asri. :)

Nia K. Haryanto mengatakan...

Dibuat atas inisiatif warga? Waw... hebat, ya. Biasanya kan pemerintah yang merencanakan. Top banget!

Merida merry mengatakan...

Waah.. asyik tempatnya tuh mbak. Cocok utk hangout bareng org2 terkasih

Reni Dwi Astuti mengatakan...

Ah saya jadi banyangin sejuk dan indahnya cisantana

WidaAya mengatakan...

tempatnya kayaknya asyik ya mbak....

Jalan-Jalan KeNai mengatakan...

Semoga jadi tempat masyarakat berkumpul dan banyak aktivitas mengasyikan di sana :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak titis, di cisantana ini udara memang sejuk , malah cenderung dingin

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak riska tp untungnya daerah sana memang sejuk jd gak jadi panas banget

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak nia, mungkin melihat alam yg indah jd mereka tergerak

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak merida, tapi kebanyakan malah anak muda yang ke sana

Tira Soekardi mengatakan...

main mabk reni di sana banyak tempat indah lainnya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak wida buat santai

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak keke, krn paad tahap dua akan banyak lagi ditambah prasarananya

Leyla Hana mengatakan...

Whoaaa asik banget Bun, tapi kelihatannya panas ya? Pohonnya banyak gak?

Tanti Amelia mengatakan...

Tamannya kayak belum jadi banget ya, kenapa mereka gak tanamin pohon besar sekalian yak

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

asri bgt.setelah rampung sempurna pasti akn lbh bagus. yuu lestarikan

S. Fauzia mengatakan...

Wah kalo ke kuningan mampir ke taman Cisantana asyik juga ya. :)

Hairi Yanti mengatakan...

Cantik banget pemandangannya mbak... :-)

Ria Kurniasih mengatakan...

Jadi pengen kesana deh mba, bagus banget pemandangannya

Tira Soekardi mengatakan...

main mbak evrinasp, dari linggarjati terus lagi

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak leyla, ini baru dibuka awal tahun jd pohonnya belum tinggi

Tira Soekardi mengatakan...

memang belum jadi mbak tanti, baru buka, masih ada tahap dua lagi pembangunannya

Tira Soekardi mengatakan...

betul mabk sie thi, apaalgi ini bekas penggalian batu, jd gak akan ada lagi malah jd wisata yga syik

Tira Soekardi mengatakan...

mampir mbak fauzia

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak yanti apalagi dari atas

Tira Soekardi mengatakan...

main mbak ria, di sana banyak wisatanya

Dewi Rieka mengatakan...

Pohonnya belum banyak ya mba, jadi masih panas..semoga segera rimbuun..

CatatanRia mengatakan...

murah cm 5rb :D enak kayaknya buat jln sama anak2

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak dewi, kan baru saja dibuka

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak ria murah meriah

retno mengatakan...

orang-orang makin kreatif ya, semakin banyak tempat wisata baru...semoga bisa menunjang pendapatan penduduk sekitar...

Yudi Randa mengatakan...

wah menarik! masyarakatnya bener2 bisa berpikir yang luar biasa!

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Insiatif warganya bagus ya mba. Bisa nih ditiru demi kebaikan bersama :)

Nita Lana Faera mengatakan...

Tebing yang di belakang foto itu keren banget mba.

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak retno, bsia jadi pemasukan kas buat desa

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas yudi, bisa melihat peluang yang bisa menghasilkan uang

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak alida

Tira Soekardi mengatakan...

nah itu dia mbak nita yang jd ciri khasnya

no la mengatakan...

Aihh serunya main ke taman cisantana.. Adem bisa liat yang ijo ijo.. :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya walau belum lengkap mbak nola

Sandra Hamidah mengatakan...

Saya pernah ke Kuningan tapi belum kesini

Tira Soekardi mengatakan...

main lagi mbak sandra, udranya sejuk , jadi nyaman tuk wisata

dekCrayon mengatakan...

cantik tamannya mbak. seger adem keliatannya

Tira Soekardi mengatakan...

iya dekcrayon, walau belum jadi sempurna

Johanes Anggoro mengatakan...

Kalo udh dewasa memang pengennya hidup di lingkungan yg tenang ya mbak.kalo aku kota kecil yg ga ada mallnya gitu sepertinya cocok buat menghabiskan hari tua nanti :D

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas johanes

dira indi mengatakan...

Pengeeenn kesana mbak tira, tapi jauh yaa hiks

dira indi mengatakan...

Pengeeenn kesana mbak tira, tapi jauh yaa hiks

Tira Soekardi mengatakan...

uh ya , kalau senggang mampir mbak dira

Posting Komentar