Jumat, 24 November 2017

Curug Gongseng Di Kaki Gunung Ciremai





Masih di daerah Kuningan  ada wisata yang alami dan cukup bisa jadi tujuan wisata alam yang bagus. Dalam rangkan ajak anak-anak dari komunitas Circle of Happiness jalan-jalan, jadinya bisa wisata ke daerah sini. Jaraknya dari tempat berkegiatan gak terlalu jauh, hanya sekitar 20 menit perjalanan. Letak curug ini masuk wilayah desa Cibuntu, kecamatan Pasawahan kabupaten Kuningan. Perjalanan yang sebentar juag bisa terlihat alam yang hijau. Kiri dan kanan masih banyak pepohonan nan rindang dengan udara yang masih bersih dari polusi. Nah, untuk menghirup udara yang segar  jendela mobil lebih baik dibuka sehingga udara dari luar bisa menerpa wajah kita sehingga terasa segar sekali. Sampailah di tempat tujuan dan langsung sudah disambut dengan penjaga tiket masuk di gerbang masuknya. Tampak curug ada di bagian atas.



Untuk mencapai curug, tak perlu takut untuk jalan jauh. Cukup dekat dengan jalan yang sudah bagus dan undakan-undakan tangga yang agak naik ke aras curug. Perjalanan menuju curug tak begitu jauh walau agak menanjak yang membuat kaki agak lelah , maklum usia yang sudah gak muda lagi. Sampailah di curug yang tak begitu deras aliran airnya yang jatuh ke bawah dan air yang di bawah sudah dibuatkan tepian yang berbentuk bulat. Karena air yang turun gak begitu deras sehingga jatuhnya air tak begitu terdengar. Di sisinya terlihat batuan yang tinggi menjulang .

Beberapa saat menikmati air terjun, jalan kaki melewati jalan setapak yang dikelilingi dengan pepohonan. Dan sampailah ke sebuah situs peninggalan sejarah. Gak nyangka ada situs di sana yang usianya sudah 5000-10000 tahun yang lalu , ada di jaman megaliktum kasar. Situs bujal Dayeuh. Situs yang mempunyai arti perutnya Dayeuh. Di sana terdapat batuan perkakas, seperti batu, kapak, gelang. Dan ada satu situs lagi yaitu situs Saurip yang mempunyai arti satu kehidupan atau kebersamaan. Situs ayng ada arca berbentuk perempuan atau ratu. Situsnya kecil dan dikelilingi oleh pagar agar tak ada yang merusaknya.



Jalan sebentar dari situs dan kita akan menenukan mata air Cikahuripan. Mata air yang menuju ke sana harus menuruni tangga terlebih dahulu. Mata air yang keluar memang kecil tapi jernih sekali. Dan saat meminumnya terasa segar sekali. Jadi di san disediakan gayung untuk mengambil airnya. Katanya sih mata air ini bisa menyembuhkan beberapa penyakit dan membuat awet muda. Banyak yang membawa air yang dimasukan dalam botol plastik. Kesegaran mata air itu membuat rasa nyaman, walau kaki yang masuk ke dalam aliran air tersa dingin sekali.


Saat berjalan dari curug sampai mata air Cikahuripan, sepanjang jalan banyak pepohonan dan hutan bambu yang membuat udara menjadi segar. Walau jalan agak jauh tapi tak terasa lelah karena udara yang segar dan pohon-pohon yang besar yang melindungi kita dari sinar matahari. Dan di sana juga ada area perkemahan yang disewakan dan kolam renang. Tapi kalau masuk ke area perkemahan dan kolam renang kita masih perlu membayar biaya lagi. Nah, kalau mau liburan yang alam, bisa deh mengunjungi curug Gongseng ini.



41 komentar:

herva yulyanti mengatakan...

wuih bagus ya bu apalagi pas bagian ke mata air lalu pada minum keknya seger banget :)

evrinasp mengatakan...

pingin banget ke ciremai, sampai sekarang belum terlaksana niatannya

Mildaini mengatakan...

alamnya masih asli banget ya, airnya juga bening, pengen mandi deh

Kanianingsih mengatakan...

aaah saya orang kuningan malah belum pernah kesini, kalah nih sama mak Tira :)

indiRa mengatakan...

Adeeem yaa mbak Tira, jalanbya nanjak gak ya

Tuty Queen mengatakan...

lihat air jernih dan bening gitu rasanya adem banget jadi pengen mandi dibawah pancuran :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak herva seger banget

Tira Soekardi mengatakan...

wah bisa tuh mbak evrinasp kalau mau daki ciremai secara hobi kan?

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak milda, masih alami

Tira Soekardi mengatakan...

mak kania, ini mah di mandirancan belum sampai ke kuningan sana, masih dekat dg cirebonnya

Tira Soekardi mengatakan...

gak terlau nanjak mbak indira

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak tuty, airnya dingin dan segar

Kurnia amelia mengatakan...

Tempatnya asyik banget ya buat refreshing otak dan pikiran hehe

Nugraha Fauzi mengatakan...

Curug gongseng? Saya dua kali naik ciremai tapi nggak pernah tau ada curug gongseng hahahduh kudetnya ampuunnn
Noted!

Agnes Pratiwi Puspanagari mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Agnes Pratiwi Puspanagari mengatakan...

waaa seger ya mbak kayanyaa

sulis mengatakan...

alami banget ya mba tempatnya... kebayang sejuk air dan bersihnya udara di sana

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak kurnia, buat refreshing banget

Tira Soekardi mengatakan...

mas nugraha ini curug ada daerah mandirancan, krn pendakian ke cremai itu banyak titik pendakiannya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak agnes

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak sulis, udara segar pernafasan juga lancar

elisabeth murni mengatakan...

Namanya lucu ya, mbak. Gongseng. Seger banget kayanya curug ini.

Zefy Arlinda mengatakan...

kapan coba gitu bisa main ke sana ya hmmmmmm

Erin Herlina mengatakan...

Wah daerah ini belum sempat terjamah olehku cz di Kuningan banyak banget mba tempat-tempat rekreasi yang bagus-bagus apalagi kalau ngomongin curug/air terjun.

Adi Stia Utama S mengatakan...

Indonesia banyak banget ya tempat tersembunyi namun indah dan belum bnyak yang tau termasuk saya

Azzura lhi mengatakan...

Nuansa alaminya masih kental banget ya. Sayang saya belum pernah ke sini eeuuyy. berdoa semoga suatu saat nanti bisa menjelajah lebih banyak. Dan lebih jauh lagi. Hihhii

TelusuRI mengatakan...

Wah, keren. Bisa nih buat nyegerin badan sepulang dari Gunung Ciremai. :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak elisabeth, entah artinya apa nama curug itu

Tira Soekardi mengatakan...

ayo mbak zefy main ke sini

Tira Soekardi mengatakan...

memang mbak erin kuningan luas dan banyak wisata yang bagus2

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak sita, ini juga hanya berjarak 30 menit dr rumah saya di mandirancan dan sy baru ke sini

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak azzura, masih alami dan udaranya segar

Tira Soekardi mengatakan...

telusuri, bisa sekali

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Jadi pengen ke Ciremai neh

nyonyakece mengatakan...

aaahhh saya dulu sempat hampir 3 tahun tinggal di Crb dan nggak pernah kemana2 kecuali ke sangkanhurip jaman masih muda dulu huhuhu.. kapan2 mau ah balik travelling kesana lagi, kyknya Crb sekarang sudah berkembang pesat yakkk

Titik Asa mengatakan...

Ternyata ada obyek wisata yg menarik ini di Kuningan..
Jadi catatan untuk kapan2 saya kunjungi nih.

Salam,

Tira Soekardi mengatakan...

main yuk mbak liswanti, ini dekat rumahku hanya setengah jam

Tira Soekardi mengatakan...

iya nyonyakece, cirebon maju pesat dan indikatornya macet di jalan sekarang, hiii

Tira Soekardi mengatakan...

yik mas titi asa, main yuk

Lisna Ardhini mengatakan...

Ternyata ada wisata alam yang bagus gini di Kuningan, aku biasanya mentok smp cirebon aja, hehehe.

Tira Soekardi mengatakan...

main ke sana mbak lisna, sekarang di kuningan banyak wisata alam barunya

Posting Komentar