Jumat, 10 November 2017

Nyanyian Tidur




Gambar dari sini 
 

Jadi kalau lihat orang tidur suka mendengar suara dengkuran. Ternyata suara dengkuran iu suaranya berbeda-beda sekali ya. Aku ingat ibuku kalau tidur mendengkur dan cukup keras. Apalagi setelah tua semakin keras suara dengkurannya. Tapi banyak orang yang suka terganggu dengan suara dengkuran seseorang. Mungkin karena kekerasan atau suaranya bikin orang lain gak bisa tidur. Sejujurnya aku pernah gak bisa tidur saat tidur dengan seorang kawan yang tidurnya mendengkur dengan suara yang keras bahkan ada suara lengkingannya. Itu sangat mengganggu sekali. Tapi kalau suara dengkuran ibuku walau terdengar keras tapi dengkurannya itu seperti teman bagiku. Mengapa? Karena kalau aku mau belajar saat ulangan aku selalu minta ditemani ibuku, tapi ibuku menemaniku dengan tidur dekat tempat belajarku. Alhasil aku ditemani dengan suara dengkuran ibuku. Tapi ini tak membuatku terganggu konsentrasi belajarnya karena suara dengkurannya bagiku seperti ada teman yang menemanin aku belajar. Jadi semangat untuk belajar.

Mendengkur sebetulnya adalah suara yang ditimbulkan karena ada getaran jaringan pada saluran udara bagian atas. Seiring bertambah usia semakin orang akan mendengkur. Adanya suara itu karena ada halangan pada lintasan udara. Halangan ini bisa disebabkan banyak faktor seperti adanya polip pada hidung,kelebihan berat badan,kekenduran otot tenggorokan dan lain sebagainya. Dari sisi kesehatan mendengkur ini berbahaya bagi kesehatan apabila dengkurannya sudah hebat suaranya dan membuat sulit bernafas. Karena dengkuran yang hebat bisa menyebabkan kematian. Beberapa kondisi dimana bisa menyebabkan kita mendengkur
  • 1.      Tidur terlentang. Gaya berat dijadikan alasan terjadinya dengkuran.
2.      Gangguan hidung. Saat seseorang terkena flu, demam atau polip. Saat mulut orang tertutup dan hidungnya tersumbat akan menarik nafas lebih dalam. Dan ini memberikan tekanan negatif dalam saluran udara yang bisa dilihat menarik bersama-sama sehingga jaringannya  menjadi terkulai.
  • 3.      Gangguan tenggorokan. Seperti amandel yang besar yang bisa memperpanjang jaringan dalam tenggorokan yang bisa sebabkan dengkurannya.
  • 4.      Usia yang bertambah karena dengan usia bertambah akan ada penurunan kelenturan otot-otot dan jaringan dalam saluran aliran udara.
  • 5.      Berat badan yang bertambah karena timbunan lemak semakin besar tak terkecuali bagian leher.
Masalah kesehatan akibat mendengkur
  • 1.      Berhentinya pernafasan sementara. Ini ciri utama sleep apnea.
  • 2.      Sering terbangun saat tidur.
  • 3.      Tidurnya jadi tak nyenyak
  • 4.      Beban pada jantung
  1. 5.      Kualitas tidur yang buruk sehingga bangun pagi tidak fresh.
Seperti cerita di atas dengkuran kadang tidak menggangu tapi seperti nyanyian bagi yang mendengarnya. Seperti diriku. Terbiasa tidur dengan suami yang mendengkur itu tidak membuatku tak bisa tidur malah aku merasa ada yang menemani di sampingku. Kebetulan suamiku hanya mendengkur keras saat lelah saja , selebihnya dengkuran pelan yang menurutku seperti nyanyian tidur. Sungguh suara dengkurannya itu bikin aku merasa tenang karena aku merasa ada yang menemani di sisiku. Di saat suamiku ada dinas luar kota, justru aku sering gak bisa tidur. Karena suara dengkurannya hilang . Sebentar-bentar aku pasti terbangun karena terasa sepi tak ada suara yang bikin aku selalu tenang. Ternyata suara dengkuran itu selalu bikin kangen . Bikin aku bisa tidur nyenayk, merasa aman karena suami ada di sisiku. Jadi selama suara mendengkurnya tidak membuat sesak nafas dan masih dalam batas wajar , dengkuran bisa membuat diriku merasa aman karena ada yang menemaniku. Bagaimana dengan yang lain??? Penasaran juga .

26 komentar:

Fajar Siagian mengatakan...

rindu seuara dengkuran ya mak...
kadang juga wanita suka mendengekur mak.
itu penanganannya gimna ya mak ?

Lidha Maul mengatakan...

Kalau suami, selalu pas dia capek berat bakalan mendengkur

Tira Soekardi mengatakan...

biasanya janagn tidur terlenatng sebaiknya tdr miring ke kanan mas fajar

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak lidha, capai kadang bikin mendengkur keras

Rianda Prayoga mengatakan...

Beberapa orang ada yg terganggu dengan suara dengkuran atau saya sering menyebutnya "ngorok". Tpi kalau bisa dinikmati sebagai nyanyian tidur mengapa gak

Tira Soekardi mengatakan...

iya rianda, asal tak ganggu kesehatan dan masih dlm batas wajar bisa jd teman setia

BankBeta.COM mengatakan...

Ini apakah memang pnyakit turunan atau memang apa ya? saya lihat orang ngorok itu kdng parah banget.

Ria Bilqis mengatakan...

Iya saya juga saat flu tanpa sengaja mendengkur.Kalau ada yang tidur mendengkur juga berisik.

Nanik mengatakan...

Suami saya kadang-kadang juga mendengkur kalau tidur. Jika siangnya dia kecapekan bekerja, pasti mas tidur malam mendengkur. Tapi kalau siangnya nggak terlalu capek, tidur malamnya lelap nggak ada suara dengkuran

(sulis) bunda raka-alya mengatakan...

Aku juga mendengkur mb katanya klo tidur.. klo pas capek..
Klo dah gitu, tak minta bangunin..biar aku bisa ubah posisi tidur ke miring

Tira Soekardi mengatakan...

betacom, memang ada yang parah banget dan ini yg perlu diperiksa ke dokter

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak ria kalau lg flu memang bakal mendnegkur krn aaluran pernafasannya tersumbat jd ganggu saat nafas

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak nanik, kelelahan salah satu faktor mendengkur

Tira Soekardi mengatakan...

betul bunda raka, kalau mendengkur sdh keras , memang dibangunkan untuk ubah posisi tdr jd miring

Adi Stia Utama S mengatakan...

Ibuku juga sering mendengkur kalo tidur.

saya pernah satu kamar dengan teman yang ,mendengkur
bener-bener enngak bisa tidur
pake ada siulannya lagi
grooook fiuuuuu, grooookkk fiuuuu
gitu gitu aja

vika hamidah mengatakan...

Bener banget mba point yang kedua.. aku sering banget waktu pilek malah ngedengkurya keras banget.. karena hidung tersumbat ya mbak

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak sita kalau sdh pakai melengking dan keras itu memang ganggu sekali ya

Tira Soekardi mengatakan...

sama mbak vika kalau aku ada gangguan di tenggorokan krn radang pasti ngorok

handdriati mengatakan...

Suamiku kalau kecapean juga kadang suka ngorok, keras lagi :(

Tira Soekardi mengatakan...

iya kecapaian salah satu pencetus ngorok ya mbak handriati

Lusi mengatakan...

Suamiku tu mbak kayak kereta api heheheee. Tapi karena udah lama menikah jadi udah terbiasa, aku tetap nyenya. Malah suami yang sering bangun tidur lebih pagi. Akunya bablas nggak dengar apa2 hahaaa

Dian Restu Agustina mengatakan...

Suamiku ada sinus Mbak..Jadi kadang dia ngorok, kadang nggak...

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak lusi kalau sdh terbiasa dengan ngoroknya pasti kita juga akan terbiasa dan bisa tidur

Tira Soekardi mengatakan...

nah itu mbak dian, kalau punay sinus hrs hati2 , cara tidurnya

vika hamidah mengatakan...

Makasi banget ya mba sangat bermanfaat artikelnya..

Tira Soekardi mengatakan...

sama2 mbak vika

Posting Komentar