Kamis, 02 November 2017

Kekuatan Yang Bertumpu Pada Keberagaman




Gambar dari sini

Kalau melihat geografi indonesia dengan banyak pulau-pulau, baik besar maupun kecil,ini akan banyak sekali keragamana baik budaya, seni, agama, ras , kearifan lokal yang berbeda satu daerah dengan daerah lainnya. Meskipun berbeda pulau, berbeda suku, ras, agama, seni dan budaya tapi tetap kita sebagai satu bangsa Indonesia. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang artinya meskipun berbeda tapi satu. Satu kesatuan negara republik Indonesia. Keragaman yang ada di Indonesia itu adalah suatu keindahan yang patut dipertahankan oleh masarakat maupun oleh pemerintah sebagai satu kesatuan yang menyatu dan tak terkotak-kotakan.

Keberagaman yang ada di Indonesia disebabkan banyaknya jumlah suku yang tinggal di wilayah Indonesia. Dan setiap suku punya ciri khas tersendiri yang berbeda dengan suku yang lainnya. Keberagaman yang terjadi di Indonesia disebabkan oleh beberapa hal seperti :Kondisi negara kita yang merupakan negara kepulauan yang diisi dengan banyak suku dengan ciri dan budaya yang berbeda. Letak Indonesia yang strategis diantara dua benua dan dua samudra. Perbedaan kondisi alam di setiap daerah bisa menyebabkan banyak perbedaan satu sama yang lain. Keadaan transportasi  dan komunikasi yang bisa mempengaruhi keberagaman di setiap daerah, ada daerah yang komunikasi lancar karena sarana transportasinya jalan bagus sehingga perubahan banyak terjadi yang mempengaruhi keberagaman juga. Akhirnya keberagaman adalah sesuatu yang tidak bisa ditolak oleh masarakat karena sudah merupakan bagian dari bangsa yang sudah ada sejak jaman dahulu.

Dengan adanya keberagamanan yang ada di Indonesai bisa kita ambil manfaatnya bagi sendi-sendi kehidupan.

  • 1.      Dengan keberagaman yang ada di Indonesia akan menjadi identitas bangsa . Dengan banyaknya budaya , seni yang menyebar di seluruh wilayah Indonesia sebagai kekuatan untuk banyak mengenalkan indonesia ke internasional.
  • 2.      Dengan adanya keberagaman ini artinya diharapkan antar masarakat untuk saling toleransi satu sama lain karena perbedaan, Jangan sampai perbedaan ini menjadi suatu kehancuran karena tak mau bertoleransi.


  • 3.      Dengan keanekaragaman yang ada akan menumbuhkan rasa cinta pada tanah air. Sikap nasionalisme, karena keberagaman ini aset negara yang bisa menjadi sumber pendapatan negara, sebagai aset yang bisa memajukan pariwisata, memajukan ekonomi masarakat.


  • 4.      Dengan banyaknya perbedaan di masarakat akan memperkuat persatuan sehingga Indonesia tak terpecah belah dimana Bhineka Tunggal Ikalah sebagai simbol pemersatu bangsa. Makanya sebagi generasi penerus untuk bisa menjaga keberagaman yang ada di indonesia sebagai kekuatan baru.


Adanya keberagaman ini perlunya toleransi dalam segala bidang agar keberagaman ini menjadi alat pemersatu bukan alat untuk memecah belah bangsa. Negara menjamin penduduk untuk memeluk agama dan mengamalkannya . Tentunya ini artinya kita harsu mengakui juga kalau iman kita akan berbeda dengan teman atau saudara kita yang lain. Begitu juga kita tak bisa membedakan karena suku dan ras. Saling menghormati harkat dan hak masarakat yang berbeda suku dan ras dengan kita. Seni dan budaya yang berbeda bisa menjadi  aset kita sehingga bisa memperkuat fondasi negara dan bisa menfilter budaya yang masuk dari negara lain..

Sikap toleransi ini perlu dididik sejak sedini mungkin sehingga kelak setelah dewasa  mereka akan bisa selalu bertoleransi dengan saudara-saudara kita yang berbeda . Mereka akan menjadi aset bangsa yang terdidik dan mau menghargai perbedaan di dalam lingkungannya sehingga mereka akan menjadi kekuatan baru. Pendidikan dini sangat diperlukan untuk menghargai keberagaman sebagai sumber kekuatan bangsa. Dari komunitas anak yang aku bangun, tentunya kebergaman ini perlu diajarkan sejak dini pada anak-anak. Lewat kegiatan yang menarik , tanpa menggurui sehingga memudahkan mereka mengerti. Komunitas Circle of Happiness yang bergerak di bidang pendidikan anak SD yang lebih ke pendidikan karakter lewat banyak kegiatan juga sudah memberikan akses anak-anak belajar tentang keberagaman lewat banyak kegiatan seperti mendongeng, kerajinan tangan, menulis cerita dan lain-lain. Dengan kegaitan ini diharapkan anak-anak lebih bisa menghargai perbedaan yang ada lewat kegiatan ini sehingga bisa mewujudkan anak-anak yang mengerti satu sama lainnya, Menghargai perbedaan dan keberagaman yang ada di sekitar mereka. Jadi mereka kelak bisa menjadi aset bangsa yang bisa memberi kekuatan pemersatu bangsa dengan keberagaman yang ada. Pendidikan yang bisa mengarahkan anak-anak menjadi alat pemersatu bangsa , sebagai penyebar kebaikan tentang perbedaan yang ada . Semoga ini bisa terwujud. Ini salah satu usaha aku untuk bisa menjadi keberagaman sebagai aset bangsa lewat pendidikan.

56 komentar:

Rianda Prayoga mengatakan...

Bertoleransi misalnya, berteman gak suka beda-bedain suku & agama, gak suka kepo sama agama orang lain

Anisa Ae mengatakan...

Ini yang kuajarkan sama anakku. Biar dia nggak rasis. :)

Esti Sulistyawan mengatakan...

Semoga sukses buat Circle of Happiness. :D Salut banget.

Kanianingsih mengatakan...

anak saya sekolah di lingkungan homogrn jd harus lebih banyak usaha diberitau tentang kebragaman

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak rianda

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak anisa, hrs sejak dini ya

Tira Soekardi mengatakan...

makaasih mbak esti

Tira Soekardi mengatakan...

itu mak kania, pekerjaan berat buat mak untuk mengajarkan anak kalau di luar sana banyak yg berbeda dengan kita

Adi Stia Utama S mengatakan...

Hidup berdampingan memang diperlukan
untuk menjunjung rasa persaudaraan antar suku ras dan agama
aku sendiri lahir dari prang tua yang beda suku, pulau, ras
jadi soal perbedaan insyaAllah aku bisa menerima

Nur Rochma mengatakan...

Alhamdulillah punya tetangga beragam suku dan agama tapi selalu rukun dan damai. Kalau ada kegiatan sosial pasti ikut serta.

Solfala mengatakan...

Dengan keberagaman inilah Indonesia menjadi Indah. Semoga damai selalu negeriku :)

Salam kenal

ledy erlangga mengatakan...

Asik kalau bisa berteman karib dari berbagai kalangan juga berbagai daerah

Rika Wa mengatakan...

iya memang kita diciptakan Allah bersuku-suku dan berbangsa-bangsa untuk saling menghormati

Kurnia amelia mengatakan...

Saya sendiri bangga menjadi rakyat Indonesia dengan beraneka ragam.Semoga aja kita tetap rukun dan saling menghargai perbedaan.

Enny Mamito mengatakan...

Suka banget tulisan ini.Penting banget mb untuk mengenalkan keberagaman kepada anak-anak sejak dini. Karena memang Indonesia dari dulu sudah tumbuh dan berkembang dengan kemajemukan, Bhinneka Tunggal Ika :)

Tira Soekardi mengatakan...

betul sekali adi siat, krn perbedaan gak bisa kita hindari ya

Tira Soekardi mengatakan...

betul mabk nur, damai ya bila kita bisa rukun

Tira Soekardi mengatakan...

semoag selalu damai ay mbak sofala

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas ledy

Tira Soekardi mengatakan...

betul mabk rika

Tira Soekardi mengatakan...

semoga selalu rukun dan damai ya mbak kurnia

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak eny

Diah Woro Susanti mengatakan...

Keluarga kakak aku ada yg beda iman. Tp setiap lebaran anaknya juga dpt angpau dr kami. Ga ada yg beda sama sekali. Indahnya perbedaan 😄

Adi Pradana mengatakan...

Saya punya sahabat, dia orang sumatra, saya orang jawa. Beda suku dan agama. Tp kami saling toleransi. Tp yg bikin seru itu persahabatan bagai kepompong, kadang kepo kadang rempong. :)

Ucig mengatakan...

Keluarga bapak mayoritas beda agama sama kami tapi dari kecil udah hidup barengan. Para sepupu...
Seru banget dari kecil udah saling menghormati mbaa... Memang hrs sedini mungkin ya mba. Makasih tulisannya ��

Lia Lathifa mengatakan...

Ketika hati sudah legowo, perbedaan dan keberagaman menjadi selaras ya. Suka deh sama tulisan mamah Tira ini :)

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Walaupun berbeda tapi tetap satu ya mba

Nunung mengatakan...

Meskipun saya berjilbab tapi teman akrab saya saat SMA nasrani dan salah satu temen akrab chinese. Tapi kita saling toleransi dan mengakui keberagaman.

ABD KADIR Rusdi mengatakan...

ya demikianlah mbak dalah berhubungan sehari-hari bermuamalah kita tetap satu indonesia meski dalam beribadah dan beragama tentu saja berbeda

Lusi mengatakan...

Ada hikmahnya juga dari kecil sering pindah kota, dilanjutkan setelah menikah. Kami jadi terbiasa melihat perbedaan dan meletakkan semua hal pada konteksnya, tidak maunya menang sendiri.

Tira Soekardi mengatakan...

betul mabk diah, indahnya perbedaan

Tira Soekardi mengatakan...

persahabatan bagai kepompong kdang kepo kadang rempong, wah unik nih mas adi quotesnya

Tira Soekardi mengatakan...

sama mbak ucig, klg besar aku juga beda agamanya tp rukun dan asyik jadi setiap lebaran dan natalan selalu ramai

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak lia, legowo menerima perbedaan ya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak alida

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak nunung, aku dr sd sampai sma sekolah di sekolah katolik, tp kita bisa rukun dan mereka justru banyak antusias nanya agama islam

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas kadir

Tira Soekardi mengatakan...

kalau sdh sering banyak lihat perbedaan, kita jd terbiasa ya ,mbak lusi

evrinasp mengatakan...

keberagaman ini sebenarnya anugerah, kalau di ilmu pemuliaan ini merupakan sumber daya yang amat berharga, tinggal kita menjaganya jangan sampai pecah

Mugniar mengatakan...

Mengajarkan anak ttg perbedaan dan toleransi makin ke sini makin penting dilakukan ya Mbak melihat banyaknya hal yang bisa membuat orang berpikiran salah tentang perbedaan.

Tira Soekardi mengatakan...

wah mbak evrinasp , sampai dibandingkan dg ilmu pemuliaan, hiii abong lulusan pertanian ya

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak niar

vika hamidah mengatakan...

Sikap toleransi sesama manusia apalagi tida membeda bedakan antar temang harus dipupuk sejak dini agar terbentuk karakter yang baik dari kecil ya mbaa. Ulasan yang bagus

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak vika, sejak dini , krn anak-anak lebih mudah menyerap ke memori mereka

Muyassaroh mengatakan...

Di Jakarta, tetangga pun berasal dari berbagai macam suku. Bahkan di sebelah rumah ada etnis cina yang alhamdulillah kami berhubungan baik. Cucunya sering main dengan anak saya... :)

Firsty Ukhti Molyndi mengatakan...

biarpun berbeda-beda, kita tetap satu jua orang Indonesia. Tetapi masalahnya ada ego diantara sesama manusia ini yang harus dihilangkan :)

Rika Wa mengatakan...

yang belum pernah merasakan gudeg Merakmati,kalau mudiik mampir aaah, in sya Allah

Tira Soekardi mengatakan...

lebih asyik kalau rukun ya mbak muyassaroh

Tira Soekardi mengatakan...

makanya amsing2 hrs bsia menurunkan egonya ya mbak ukhti

Tira Soekardi mengatakan...

silahkan mbak rika

Artha mengatakan...

Setuju! Perlu dididik sejak dini biar tahu beda itu indah. Gak rasis...gak suka mencela yg beda dengannya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak artha , pendidikan dini penting

Ericka Abdullah mengatakan...

kerenn nih mbak komunitasnya, apakah hanya ada dikota-kota tertentu? senang bisa menjadi bagian yg mau menumbuhkan rasa damai

Tira Soekardi mengatakan...

hanay ada di cirebon saja mbak ericka

Fika Anaira mengatakan...

harus kembali ke zaman kita dulu ya mba. Sepertinya dulu kita lebih menghargai keberagaman dan tidak gampang terpecah. Semoga generasi kita semakin lebih baik

Tira Soekardi mengatakan...

semoga lebih baik ya mbak fika

Posting Komentar