Rabu, 09 Oktober 2013

Menanam Tanaman di Botol Plastik


Membuat pola di botol dan menggunting sesuai pola.
 
Masalah lingkungan yang terjadi sekarang adalah masalah berkurangnya tanaman di kota-kota akibat pembangunan kota. Ruang terbuka hijau sangat kurang sehingga menyebabkan udara menajdi panas dan tidak ada serapan air.Padahal fungsi tanaman di kota-kota besar sangatlah penting tetapi orang lebih suka membangun gedung menjulang tinggi daripada ruang terbuka hijau.

Fungsi dari tanaman adalah dapat menyerap racun seperti gas karbondioksida melalui proses fotosintesa,gas nitrogen dioksida yang sangat beracun , gas sulfur dioksida dan timbal, Kemudian tanaman bisa sebagai paru-paru kota karena dapat mengeluarkan oksigen pada waktu proses fotosintesa yang mana oksigen sangat dibutuhkan oleh manusia, juga tanaman bisa sebagai peredam kebisingan karena dapat mengabsorpsi gelombang suara oleh daun,cabang dan ranting.Selain itu tanaman juga bisa sebagai habitat burung. Dan boleh percaya atau tidak tanaman bisa digunakan sebagai penghilang stress karena dengan banyak tanaman akan menimbulkan lingkungan yang nyaman , sejuk dan menyenangkan.

 Mulai menanam tanaman di botol dan menyiramnya.

Berttitik tolak dari hal tersebut saya mengajak anak-anak berkebun dengan mempergunakan pot dari botol plastik.Botol plastik dengan berbagai ukuran dibuat pot menjadi dua macam yaitu pot yang digantung dan yang satunya lagi pot yang ditempel ke dinding. Setiap anak membuat pola di botol plastik , kemudian digunting sesuai dengan polanya dan tidak lupa di bagian bawah dibuat lubang .Tanah dimasukan ke dalam botol plastik dan bila sudah padat tanamannya ditanamkan di tanahnya.Untuk botol yang akan digantung diberi tali sedangkan yang botol yang ditempel di dinding diberi kawat untuk mengikatnya. Untuk yang diikat dengan kawat akan diikatkan pada pagar bambu..

Menggantung dan menempelkan botol plastik yang sudah berisi tanaman

Dengan kegiatan menanam ini diharapkan anak-anak akan lebih peduli terhadap lingkungan terutama menghijaukan lingkungan. Bila sejak dini anak-anak sudah diajarkan akan pentingnya tanaman sebagai paru-paru kota dan sumber oksigen yang baik untuk manusia, maka kelak mereka selalu akan mengusahakan untuk selalu menanam dimanapun dia berada. Apalagi pot bisa dibuat dari barang bekas seperti botol plastik.


4 komentar:

teknologi-berkata mengatakan...

bener gan skrng kurang bnyk tanaman terutama di kota di pinggir jalannya, itulah indonesia hahaha ... lanjutkan terus gan kreatifitasnya

teknologi-berkata.blogspot.com

Tira Soekardi mengatakan...

betul ya, sejak dini sdh diberi pengertian tentang pentingnya memelihara alam, shg mereka sadar betul

Fajar Rois Ardiansyah mengatakan...

alternatif bermanfaat ni buat yang punya rumah tapi tak memiliki banyak ruang kosong...apa lagi di praktekan pada anak-anak supaya lebih peduli dengan lingkunganna..keren :)

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas fajar

Posting Komentar