Senin, 07 Oktober 2013

Penyuluhan Peduli Sampah di Yayasan Al Kahfi

Semangat menyanyikam lagu "Sampah"

Hari ini penuh semangat karena mau mengadakan penyuluhan kecil-kecilan di yayasan Al Kahfi. Waktu saya sampai di sana sudah banyak anak-anak terkumpul di sana mulai dari  anak SD sampai SMP. mereka terlihat semangat sekali menyambutku, wah rasanya aku turut semangat bersama mereka.

Hari ini saya menjelaskan tentang sampah. Saya menjelaskan tentang sampah, jemsi sampah dan bagaimana cara penanggulangannya dan diakhiri dengan  komitmen bersama .

Sampah adalah material sisa yang tidak diinginkan dari suatu proses yang ada id pabrik, rumah tangga, sekolah, restoran dan lain-lain. Sampah dibagi dua jenis yaitu sampah organik yaitu sampah yang membusuk seperti sisa sayuran, buah-buahan dan daun-daunan dimana sampah ini bisa terurai dalam tanah oleh mikroorganisme. Yang kedua adalah sampah anorganik yaitu sampah yang tidak mudah busuk seperti plastik,kertas, kaleng, , kayu dan lain-lain dimana sampah ini tidak bisa terurai oleh mikroorganisme.

Sampah yang dibiarkan dan tidak dilakukan pengelolaan sampah dengan baik tentunya yang pertama dapat menyebabkan  kebersihan yang tidak terjaga sehingga akan terlihat kotor, dalam jangka panjang bisa menimbulkan banjir dan penyakit.. Oleh sebab itu perlu penanganan yang baik dan ada kesinambungan agar persoalan sampah bisa hilang.

Untuk sampah anorganik perlu dilakukan
1.. Reduce (Mengurangi).dengan cara mengurangi penggunaan bahan anorganik denagn cara menerapkan pola hidup sederhana yaitu denagn menggunakan bahan untuk jangka waktu yang lama, membeli produk yang tahan lama,mengurangi pemakaian bahan yang tidak dapat di daur ulang kembali.

2.Reuse (Menggunakan), dengan cara menggunakan kembali berulang-ulang dengan fungsi yang sama seperti  botol minuman yang bisa adipakai lagi daripada dibuang menjadi sampah.

3 Recycle (Daur Ulang) dengan cara membuat sampah menjadi bentuk lain yang mempunyai manfaat bahkan mempunyai nilai jual yang tinggi.

Dari penjelasan tadi anak-anak diajak untuk lebih peduli sampah dari diri sendiri terlebih dahulu, untuk selalu buang sampah pada tempatnya dimanapun mereka berada.Komitmen mereka mulai dari sekarang dan sebagai pengingat mereka saya buatkan lagu yang diubah lriknya untuk menagjak mereka peduli terhadap sampah dengan menggunakan gerak-gerak tertentu yang membuat mereka riang

Ayo kawan buang sampah, buang sampah di tempatnya
jangan buang sembarangan, nanti jadi kotor
Ayo kawan buang sampah

Ayo kawan buang sampah, mari kita pilah sampah
sampah yang anorganik , dan juga yang organik
Ayo kawan  pilah sampah.

Mulai dari sini anak-anak akan berkomitmen untuk selalu peduli dengan sampah dan mereka dengan semangat ingin ikut bank sampah, ketika saya menyodorkan salah satu cara aman buang sampah yang mendapatkan uang . Mudah-mudahan pembentukan bank sampah di yayasan Al Kahfi ini bisa terwujud.

Saya pulang dengan hati gembira, satu lagi  bagi-bagi ilmu lingkungan hidup dengan anak-anak . Mudah-mudahan mereka menjadi generasi muda yang peduli dengan lingkungan dan tulus. Semoga programku berhasil dan tidak ada halangan lagi dan bisa jadi contoh buat masarakat luas.

Menyanyikan lagu "Sampah"  dengan gerakan tertentu






4 komentar:

Damae mengatakan...

wah, serunya.. semoga dengan begini anak2 bisa mengerti pentingnya peduli sampah ya, :)

HP Yitno mengatakan...

Penyuluhan tentang sampah seperti ini perlu digalakkkan di semua daerah. Supaya kesadaran masyarakat tumbuh.

Tira Soekardi mengatakan...

pak Yitno, memang tp kendalanya banyak, ada yg cuek, ada yg menghalangi dan sebagainya. tp sy tetap konsen tuk terus menggalakan org yg peduli sampah. nah. ini mulai dr yg kecil dulu biar mereka kelak dewasa jd lbh peduli

Tira Soekardi mengatakan...

Neng manis Damae,mulai dr anak2 dg kegiatan yg menyenangkan shg mereka jd suka

Posting Komentar