Selasa, 15 Oktober 2013

Perjalanan ke Bali-Pura Tirta Empul


 Di halaman muka pura Tirta Empul

Setelah dari danau Batur dilanjutkan lagi ke pura Tirta Empul. Pura ini  terletak di desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring dan kabupaten Gianyar. Nama pura ini berasal dari air sedang empul artinya menyembur keluar dari dalam tanah, sehingga artinya air yang menyembur keluar tanah.Di samping barat terdapat istana  presiden di Tampaksiring yang dibangun oleh Soekarno, dan setiap ada tamu negara pasti akan mengunjungi pura ini.

Air yang keluar dari sumber air tersebut akan mengalir ke sungai Pakerisan dan sepanjang sungai tersebut ada peninggalan sejarah.Pura ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu Jaba Pura atau halaman muka,Jaba Tengah halaman tengah dan Jeroan atau halaman dalam. Di bagian tengah terdapat dua kolam persegi empat panjang dan mempunyai 30 pancuran yang berderet dari arah timur ke barat yang menghadap ke selatan.Setiap pancuran mempunyai nama pancuran tersendiri.




Ada cerita legenda di sana tentang terjadinya sumber mata air di sana, bahwa ada raja Mayadenawa bersikap kejam dan tidak mengijinkan untuk melaksanakan upacara keagamaan.Akibatnya hal ini diketahui oleh para Dewa maka para Dewa akan menyerang raja Mayadenawa yang dipimpin oleh Bhatara Indra. Raja Mayadenawa kalah dan melarikan diri sampai di sebelah utara desa Tampaksiring. Tapi karena kesaktian dari raja Mayadenawa menciptakan mata air Cetik yang berarti racun sehingga laskar dari Bhatara Indra mati akibat minum racun tersebut.Bhatara Indra sangat marah sekali sehingga ia menusukkan tombaknya ke dalam tanah sehingga akan memancarkan air dari dalam tanah (tirta empul) dan air suci ini dipakai untuk memerciki para dewa sehingga dapat hidup seperti sedia kala lagi.

Kolam di bagian tengah dengan pancurannya

Sangat bagus sekali pura tersebut, dan cukup luas. Kolam yang ada di bagian tengah sering digunakan para wisatawan untuk berendam dan mandi di pancurannya. Di situ juga terdapat altar untuk sembahyang bagi umat Hindu di Bali. Dari pura ini juga dari sana dapat melihat istana tampaksiring.

0 komentar:

Posting Komentar