Kamis, 20 Januari 2011

Panggung Boneka ala XI IPA




Waktu acara natal bersama di SMA Santa Maria 2 Cirebon, kelas XI IPA juga ingin ikut berpartisipasi untuk mengisi acara. Sebagai wali kelas saya mengusulkan untuk membuat panggung boneka dengan cerita binatang yang disesuaikan dengan acara natalan.



Cerita yang diusung yaitu cerita fabel dengan dua cerita yaitu kelinci yang sombong dan seruling ajaib yang dimodifikasi disesuaikan dengan natal, dimana diakhir cerita hewan-hewan tersebut merayakan natal bersama di hutan tersebut. Panggung dibuat dari dus bekas yang dilapisi dengan kertas warna merah dan hijau mengkilap sesuai dengan warna yang selalu ada pada perayaan natal. Karena lokasi cerita di hutan makanya panggung bonekanya diberi gambar pohon-pohonan dan rumput-rumputan.



Tokoh-tokoh binatang dibuat dari ketas atsuro yang dibuat dua sisi dan dilengkapi dengan kayu penyangganya agar boneka binatang tersebut dapat berdiri dengan tegak.dan kayu tersebut juga digunakan untuk menggerakan tokoh-tokoh hewan tersebut.Dimana anak yang menggerakan tokoh tersebut berada di belakang panngung yang terbuat dari dus.



Ternyata mulai dari alur cerita awal sampai selesai dimana semua tokoh dijejerkan di pannggung karena akan merayakan natal bersama,anak-anak begitu memperhatikan karena acaranya berbeda dengan yang lain dan sangat kreatif dengan dialog yang menarik.Kemudian anak-anak menyanyikan lagu Happy Family dengan gerakan yang lucu.



Panggung boneka ini diakhiri dengan cerita yang bisa diambil hikmahnya dari cerita ini bahwa kesombongan dapat menghancurkan seseorang dan kecerdikan perlu dipunyai agar kita tidak tertipu oleh orang lain. So guys kita sudah melewati semua ini dengan baik……. Happy New Year….semangat baru untuk kita semua….