Kamis, 13 Oktober 2011



Anak kelas XI IPA mengadakan kunjungan ke pabrik spiritus di Palimanan untuk proses pembelajaran juga .Di sana diterangkan cara pengolahan alkohol secara lengkap dan melihat secara langsung proses yang terjadi.

Alkohol di pabrik ini dibuat dengan cara fermentasi dengan menggunakan mikroba sebagai perombak bahan baku sehingga berubah menjadi alkohol. bahan baku berupa gula, pati, selulosa. Di pabrik ini bahan bakunya berupa molase /tetes hasil sampingan pengolahan gula dari tebu di pabrik gula yang ada disekitar Cirebon.



Proses fermentasi ini bisa digambarkan sebagai berikut: Proses perombakan glukosa menjadi etanol dari 1 molekul glukosa akan terbentuk 2 molekul alkohol dan karbondioksida.



Untuk memurnikan alkohol dengan cara destilasi yaitu proses pemisahan dua atau lebih cairan yang bersifat mesibel dengan memanfaatkan perbedaan titik didihya dengan cara perlakuan awal cairan beslag diuapkan menjadi fase uap lalu diembunkan kembali sehingga fase uap tersebut menjadi cair lagi. Untuk capai kualitas yang maksimal kebanyakan destilasi alkohol dilakukan dengan penguapan bertahap dengan menggunakan kolom penguapan yang bertingkat (kolom fraksionasi). Pada setiap kolom dioperasikan dengan panas yang berbeda sesuai dengan fungsinya.



Hasil limbahnya disebut dengan vinasse yang diolah dalam bak aerasi dan mengalami pengendapan untuk dijadikan bahan pupuk untuk lahan tebu.
Dengan kunjungan ini wawasan/pengetahuan siswa akan lebih meningkat dan bisa menjadi pengalaman yang berharga selain menambah ilmu. Kunjungan ini ditutup dengan memberikan sovenir berupa rangkaian bunga dari pembungkus buah dan permen dan diiringi dengan nyanyian yang berisi rasa suka dan ucapkan terimakasih dengan lagu daerah "Ayo Mama" yang kata-katanya diubah liriknya

Ayo Santa Santa Maria 2 kita suka-suka datang kemari
Ayo Santa Santa Maria 2 ucapkan banyak terimakasih.