Kamis, 18 Oktober 2012

Penelitian


Riset menurut Fellin, Tripodi dan Meyer (1969) adalah cara sistimatik untuk maksud meningkatkan, memodifikasi dan mengembangkan pengetahuan yang dapat disampaikan dan diuji oleh peneliti lainnya. Dalam bahasa indonesia pandanan kata riset digunakan istilah penelitian. Pada penelitian biasanya menggunakan metode penelitian yang punya kriteria berdasarkan fakta, bebas dari prasangka, gunakan prinsip analisis, menggunakan hipotesis dan gunakan ukuran objektif.

Pada penelitian diperlukan langkah-langkah umum yang harus dilakukan seperti mengidentifikasikan masalah, menetapkan tujuan penelitian, studi literatur, merumuskan kerangka konsep penelitian, merumuskan hipotesa, metode penelitian, penggumpulandata, mengolah dan menganalisa data dan terakhir membuat laporan.


Pada kurikulum di SMA penelitian tidak dimasukkan sehingga hampir sebagian besar siswa tidak tahu dan tidak mnegerti apa yang harus dilakukan bila harus mengadakan penelitian. Biasanya penelitian dilakukan oleh kelompok ilmiah remaja (KIR) yang hanya berupa ekskul dan hanya segelintir orang saja yang bisa mengikutinya.
Berpulang dari sini saya mengajak siswa-siswa untuk melakukan penelitian. Diharapkan memberikan pengalaman belajar bagi siswa sehingga mereka tahu apa yang harus dilakukan bila mereka harus mengadakan penelitian.


Penelitian pertama siswa diajak untuk mengetahui faktor makanan yang mempengaruhi kualitas susu pada sapi perah yang ada di KPSP Saluyu di Kuningan dimana siswa mengamati pakan yang diberikan pada sapi dan menguji susu di laboratorium denagn uji lemak, protein, kadar zat padat kering. dari yang dilakukan selama 3 hari didapatkan data yang dapat diolah , dianalisa dan disimpulkan yang dibuat menjadi makalah.


Penelitian kedua siswa diajak untuk melihat tingkat pencemaran udara akibat gas CO yang dikeluarkan oleh kendaraan motor. setiap kendaraan akan mengeluarkan gas CO, jadi bila kendaraan bermotor yang semakin meningkat berarti tingkat pencemaran udara tentunya akan meningkat.. Akhirnya siswa di beberapa perempatan menghitung jumlah kendaraan yang lewat dalam waktu 5 menit dilakuakan selama 3 hari pada hari Minggu, Jumat dan Selasa.

Penelitian ketiga siswa diajak untuk melihat tingkat pencemaran  sungai Sukalila yang membelah kota dimana siswa mengambil sampel dari tiga titik yang berbeda di sunagi Sukalila. Kemudian di bawa ke laboratorium untuk diuji  kadar amonianya, nitrat, fosfat, BOD,DO , coli. Dari data yang didapat diolah dan dianalaisa menjadi makalah.


Memang dengan kegiatan penelitian ini tidak serta merta siswa menjadi mahir dan suka melakukan penelitian tapi dengan penaglaman belajar yang sederhana ini bisa tertanam di dalam hati siswa yang bisa jadi bekal siswa di kemudian hari. Melatih secara rutin pada siwa untuk melakukan penelitian bukanlah merupakan pekerjaan yang sia-sia walau tidak pernah diikuti lomba-lomba tapi memberikan pembelajaran yang berharga bagi siswa. sederhana tapi bermakna.....