Kamis, 01 Agustus 2013


Pada materi struktur atom di kelas XI IPA, selain partikel dasar penyusun atom yang sudah diajarkan kelas X, juga diterangkan bagaiman menyusun konfigurasi elektron.Konfigurasi elektron adalah susunan elektron pada atom,molekul atau struktur fisik lainnya. Sedang asas Aufbau adalah konsep konfigurasi elektron awal Bohr dimana pengisian elektron ke dalam orbital dimulain dari orbital dengan energi terendah sebelum elektron  lainnya diletakkan di dalam orbital dengan energi lebih tinggi. Sehingga menurut kaidah ini urutan pengisiannya adalah sebagai berikut

1s 2s 2p 3s 3p 4s 3d 4p 5s 4d 5p 6s 4f 5d 6p 7s 5f 6d 7p

Tahun lalu pada pembelajaran materi konfigurasi elektron  saya menggunakan media cup es krim sebagai orbital dan kelereng sebagai elektronnya. tahun ini saya menggunakan media  yag berlainan yaitu media styrofoam, tusuk sate sebagai orbitalnya dan lingkaran dari kertas jeruk sebagai elektronnya. Lingkaran kertas jeruk ada 4 warna, kuning untuk elektron yang mengisi subkulit s, biru untuk elektron yang mengisi subkulit p , ungu untuk elektron yang mengisi subkulit d dan merah untuk elektron yang mengisi subkulit f.


Tusuk sate ini disusun sedemikian rupa pada styrofoam sesuai dengan pola asas Aufbau. Siswa dibagi menjadi empat kelompok masing-masing kelompok mendapatkan paket berupa papan styrofoam, tusuk sate dan 4 warna lingkaran dari kertas jeruk. Kemudia diberi beberapa soal dan masing-masing siswa di tiap kelompoknya secara bergantian mengisi konfigurasi elektron di papan tersebut dan kemudian dinilai.

Dengan mempergunakan media ini diharapkan siswa akan lebih mengerti lagi bagaimana mengisi elektron pada subkulit pada orbital-orbitalnya dan juga membuat suasana tidak membosankan.


.