Selasa, 03 September 2013

DOA

Berdoa khusu walau banyak pengunjung datang


Doa adalah permohonan kepada Allah yang disertai dengan kerendahan hati untuk mendapatkan kebaikan dan kemashlatan yang berada di sisiNya. Doa merupakan bagian dari ibadah. Doa merupakan inti dari setiap ibadah yang kita lakukan kepada Sang Pencipta. Setiap agama mempunyai tata cara ibadah doa yang berbeda.

Setiap insan memerlukan doa, karena kebutuhan doa adalah kebutuhan batin yang diperlukan. Doa yang harus dipanjatkan tentunya doa dengan ketulusan . Kadang manusia sering untuk malas berdoa, untuk sebab tertentu. Doa dilakukan baik dalam keadaan senang maupun susah. .

Manfaat dari doa sangatlah banyak, seperti meningkatkan ketegaran hati, karena bila kita berserah diri dan percaya akan Tuhan, segala masalah yang kita hadapi dapat diatasi. Punya ketegaran yang tinggi karena percaya Tuhan akan membantu menyelesaikan masalahnya, mengurangi stres, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga pribadi yang menjadi peluang keselamatan terhadap diri sendiri dari kehidupan selanjutnya yaitu di akhirat.

Sewaktu saya ke Bali saya terkesan dengan kedisplinan umat Hindu Bali menjalankan ibadahnya. Setiap rumah di bagian depan selalu disediakan tempat untuk mereka berdoa, dimana mereka berdoa 3 kali yang  disebut dengan Tri Sandhya yaitu pagi jam 5, siang jam 12 dan sore jam 6. Agama Hindu Bali mengajarkan kedamaian ,dekat dengan alam ,menghormati semua unsur di alam.Sewaktu akan berdoa mereka selalu berpakaian adat , rapi dan posisi berdoanya duduk bersila atau berlutut.Jadi , gak heran kalau di setiap rumah selalu ada banyak sesaji bekas mereka berdoa.






Waktu saya bepergian ke pura-pura yang dipakai untuk tujuan wisata, sering terlihat ada yang sedang sembahyang, tapi  konsentrasi mereka tidak terpecah, tetap khusu dan diam dalam doanya. Sewaktu di Tanah Lot banyak orang yang mengambil air suci yang keluar dari gua dan kemudian meminta doa dari pendeta yang ada di sana.

Berpulang dari sana. alangkah indahnya bila kita bisa saling menghormati tata cara beribadah agama lain , tidak merasa agama sendiri yang paling benar. Setiap manusia punya keyakinan masing-masing yang tidak boleh diganggu gugat karena merupakan hak asasi manusia. Setiap agama mengajarkan kebaikan dan tidak ada salahnya kita untuk saling mendoakan antar umat beragama.

Saya berasal dari keluarga dengan agama yang berbeda tapi kami selalu rukun dan saling menghormati , saling mendoakan. Toleransi yang begitu indah di keluarga kami sehingga anak-anak kamipun dari kecil sudah terbiasa dengan perbedaan. Membuat anak-anak kami terbiasa dengan perbedaan dan mereka jadi sangat toleransi dengan agama yang lain di sekitarnya.

Alangkah indahnya bila kita bisa saling toleransi antar umat beragama sehingga kedamaian dan ketentraman selalu menyertai kita. Beda itu Indah.....