Kamis, 05 November 2015

Merintis Ngeblog Lewat Ekstrakurikuler





 Gambar di sini

Ngeblog??? Rasanya tak menyangka aku kini punya blog. Kekinian banget padahal aku termasuk mak-mak jadul yang gaptek teknologi. Dan kini rajin mengisi blog paling tidak seminggu sekali. Kok bisa??? Semuanya berawal dari ketidaksengajaan dari sekolah tempatku mengajar. Kepo kan????

Waktu itu aku diberi kepercayaan untuk memegang salah satu ekstrakurikuler di sekolah. Kebetulan aku melihat mading di sekolah jarang ada yang mengisi. Jadi terlintas ingin mengisi mading secara rutin karena sampai saat ini mading hanya diisi sekali-kali saja. Kalau berhubungan dengan mading artinya berhubungan dengan kegiatan menulis. Jadi terpikir untuk membuat kegiatan menulis yang nantinya banyak kegiatan terjembati dengan kegiatan menulis. Salah satunya ya mading ini.Tapi tenyata aku mengalami banyak kesulitan mengajak anak-anak gemar menulis. Ada saja alasan yang mereka buat. Bahkan aku bekerjasama dengan guru bahasa Indonesia tapi ternyata hasilnya nihil!!!!

Patah semangat???? Gak. Menurut aku harus ada teladan lebih dahulu. Pasti ada yang mengikuti. Nah, waktu itu awal-awal blog lagi ngetrend. Wah kenapa gak menulis di blog saja dan bisa di share ke anak-anak. Tapi gimana buatnya??? Untungnya aku dibuatkan oleh anakku sebuah blog. Mulai dari situlah aku menulis blog. Yang aku tulis adalah kejadian sehari-hari yang dikemas baik. Seperti saat mengajar anak-anak, berkegiatan bersama anak-anak , semua aku tulis dan aku share. Semua itu dengan tujuan anak-anak tertarik.  Jadi saat mading akan terbit banyak anak-anak yang menyetor tulisan atau cerita untuk bisa ditampilkan di mading. Ini baru permulaan . Awal yang membuatku gembira.

Untuk menulis fiksi. Aku mulai belajar sedikit demi sedikit secara otodidak baik puisi ataupun fiksi yang aku buatkan blog tersendiri. Nah untuk anak-anak aku juga buatkan blog untuk mereka menulis fiksi. Akhirnya ada saja yang mengisi blog fiksi untuk anak-anak. Aku begitu gembira. Tapi di sisi lain aku juga mengalami kemajuan yang pesat. Karena sering menulis artikel dan fiksi kemampuan aku menulis juga meningkat tajam. Mungkin ini bisa dikatakan sambil menyelam minum air. Artinya dengan satu kegiatan banyak manfaat yang bisa aku ambil. Blogku semakin rajin aku isi, baik blog artikel maupun blog fiksi dan puisi.
Sungguh betuntung aku diberi kesempatan untuk memegang ekstrakurikuler sehingga kini aku mendapatkan banyak manfaat yang bisa aku raih.

Setelah aku tak lagi memegang ekstrakurikuler aku semakin rajin menulis di blog baik blog pribadi maupun blog komunitas. Dan tanganku gatal kalau lama tak menulis. Siapa saja blog yang aku baca dari teman-teman blogger lainnya???? Aku selalu menyempatkan diri untuk membaca beberapa blog untuk bisa mempererat tali silaturahmi juga untuk bisa membaca banyak pengalaman dari teman blogger. Dan aku tak pernah secara spesifik membaca blog orang tertentu. Menurutku semua blog bagus. Itu semua karena penulisnya mempunyai ciri khas tertentu dalam cara menuliskannya , cara menceritakannya . Ada yang serius , ada yang unik,ada yang lucu. Semuanya membuat aku tertarik. Jadi blog siapa yang masih aku baca sampai saat ini??? Aku tak bisa menjawabnya. Hampir semua blog secara acak aku baca. Dari membaca blog blogger aku juga banyak belajar dari mereka. Apalagi dari blogger-blogger yang sudah punya nama. Aku termasuk orang yang rajin blogwalking ke blog secara acak. Tapi ada yang agak sering aku lihat adalah blog yang berisi traveling. Mengapa??? Karena aku ingin melihat keunikan dari suatu daerah yang dikunjungi blogger tersebut agar aku punya mimpi bisa ke tempat itu suatu waktu.

Ternyata punya blog itu mengasikan ya. Banyak teman , banyak bisa belajar . Jadi tunggu apa lagi ya buat teman yang belum punya blog, hari gini gak punya blog????? He,he... sedikit berbangga juga sih mak-mak gaptek punya blog juga. Jadi gak kalah dengan anakku dan anak-anak muda lainnya.

51 komentar:

Pengobatan Tradisional Gondok mengatakan...

ngblog jadi memperbanyak teman

Aprijanti mengatakan...

Iya betul, ngeblog bisa jadi obat rohani dan menyenangkan. :D

Aprijanti mengatakan...

Iya betul, ngeblog bisa jadi obat rohani dan menyenangkan. :D

Mei Wulandari mengatakan...

Sukses selalu ya mbak, senang ya mbak punya blog bisa menambah pertemanan dan bisa ikutan kuis hehehe

Inda Chakim mengatakan...

mamah tira mah gk gaptek mah, malah canggih, melek teknologi... daku jg hrus bnyak bljr nih dr mah tira terutama soal dunia pendidikan anak

Nasirullah Sitam mengatakan...

Keren banget bisa ngatur waktu luang segitu, mak :-D :-D
Aku aja kadang kelimpungan hahhahahha

Lidya Fitrian mengatakan...

gak gaptek lagi dong sekarang, salam kenal ya. makasih udah mampir ke blogku

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Apri, rasanya kalau gak nulis ini tangan gatel

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Mei itulah keuntungannya punya blog

Tira Soekardi mengatakan...

mbak Inda , kita pasti sama2 terus belajar ya. pendidikan anak kecil aku baru tekunin dan belajar sambil memperbaiki diri. Selama ini berkutat dg remaja

Tira Soekardi mengatakan...

Nasirullah Sitam , ya itu aku nulis pagi buta saat semua masih tidur dan selesai saat adzan subuh

Tira Soekardi mengatakan...

sama-sama mbak Lydia

Tira Soekardi mengatakan...

pengobatan tradisional, betul sekali

Sulis mengatakan...

Pengennya aku bnyak nulis sama mbaca juga mbak....jarang BW aku...sjarang bisa leluasa pegang tab, pasti ditebengi anak nge game

"Titik Asa" mengatakan...

Rupanya kenal blog melalui tanggung jawab yg diemban mbak ya. Luar biasa kisahnya.
Dan betul, tali silaturahmi dan pertemanan bisa dijalin melalui media blog...

Salam,

Tira Soekardi mengatakan...

bunda raka, iya yah masih diganggu ankanya, kalau aku sih krn sudah besar semau jadi bisa konsentrasi

Tira Soekardi mengatakan...

iya kalau gak mungkin saat ini belum banyak menulis

Ratna Amalia mengatakan...

Ngeblog itu bisa jadi terapi jiwa, jalur untuk share ide yang udah numpuk di kepala. Udah ngga jamannya lagi blog untuk curhat, eaaa !!!

Bintang Yoga mengatakan...

Tapi kalo keseringan nulis boring juga sih :)) haha..

Tira Soekardi mengatakan...

yup mbak Ratna.

Tira Soekardi mengatakan...

masa sih mas Yoga, malah kalau gak nulis rasanya gatel tanganku

Khulatul Mubarokah mengatakan...

Sukkaa.

Dedew mengatakan...

wah keren mba, ternyata berawal dari ngga sengaja yaaa..keep sharing an blogging :*

Dudi Rustandi mengatakan...

Waah keren mbak blognya, banyak banget tulisannya...saya paling sebulan 4

Irawati Hamid mengatakan...

kalau saya awalnya bikin blog karena mau ikut lomba mbak :)
keterusan deh sampai sekarang :)

salam kenal yah :)

Akarui Cha mengatakan...

Semangat terus ngeblog nya ya Mba.

Tira Soekardi mengatakan...

mbak Khulatul makasih ya sudah berkunjung

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Dedew , bermula dari ketidaksengajaan yang berakhir jadi keterusan

Tira Soekardi mengatakan...

Abah raka, gak banyak juga sesempetnya

Tira Soekardi mengatakan...

oh gitu ya mbak Irawati. Awal yg berbeda tapi sama2 jadi suka nulis blog

Tira Soekardi mengatakan...

makasih Akarui Cha

Mang Lembu mengatakan...

bisa jadi motivasi anak agar menggunakan ekstranya dengan yang lebih berguna.
sekalian ijin follow

Lindaleenk mengatakan...

Semoga menang GA nya :D

Tira Soekardi mengatakan...

iya mang Lembu biar anak juga ikut tersemangati

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak Linda

aireni mengatakan...

senang sama caranya , memberikan teladan dulu baru mengajak org lain untuk nulis :D

Kanianingsih mengatakan...

semangat ngeblog! :D

Tira Soekardi mengatakan...

Iya mbak Aireni kalau gak gitu anak-anak pasti gak mau

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mak Kania

Unknown mengatakan...

Ayo mak, semangat terus nulis dan sharing

evrinasp mengatakan...

ngeblog itu salah satu bentuk me tima aku mbak, kalo udah ngeblog rasanya menyenangkan

Tira Soekardi mengatakan...

yup semangatnya Maz Toro

Tira Soekardi mengatakan...

bagus juga itu mbak Evrinas ,kalau aku sih me timenya baca buku

Diah Dwi Arti mengatakan...

maju terus mah. puisi dan fiksi mamah juga eksis.

Tira Soekardi mengatakan...

makasih suportnya mbak Dwi

Christanty Putri Arty mengatakan...

Pasionku emang menulis dari dulu mba, so berjodoh bnget pas ada euforia blogging :)

Tira Soekardi mengatakan...

wah asyik ya mbak Christanty

Dewi Ratih Purnama mengatakan...

Seru banget pengalamannya mbak, smg lancar trus ngeblognya ya, aq jg tmasuk masih newbie, makasi udah blogwalking k rmh q ya^^

Tira Soekardi mengatakan...

salam kenal mbak Dewi

Sandra Hamidah mengatakan...

Wahhh sama, saya juga suka ngajak anak nulis blog supaya lbh bermanfaat

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Sandra menularkan hal yang baik itu penting

Posting Komentar