Minggu, 28 April 2019

Menata Kembali Kamar Mandi




Kamar Mandi adalah ruang yang penting karena harus ada dalam bangunan rumah. Hal ini karena ditujukan untuk membersihkan tubuh kita karena seharian beraktivitas yang menyebbakan tubuh kita perlu dibersihkan. Sebetulnya kamar mandiku sudah baik tapi karena klosetnya agak rusak , mau diganti . Dan terpikirkan sekalian saja mengubah kamar mandinya. Karena kamar mandi ternyata sekarang fungsinya bukan hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi ada fungsi lainnya. Seperti mencuci muka, sikat gigi, buang air . Bahkan sekarang digunakan sebagai tempat merias diri,relaksasi dan proses kreatif . Dulu orang hanya menempatkan bak mandi dan kloset sekarang banyak hal ditambahkan dengan banyak fungsi lain dari kamar mandi.Makanya mulai merencanakan untuk mengubah kamar mandi .


Kamar mandi sendiri ada dua jenis. Jenis pertama kamar mandi basah. Jenis ini bak dan kloset jadi satu.Jenis kamar mandi ini kamar mandi umum yang ada di setiap rumah. Kamar mandi ini selalu basah karena aktivitas mandi, buang air dan sebagainya. Nah, kemarin itu kamar mandiku ya tipe basah. Terpikirkan untuk menggantikan menjadi jenis kamar mandi kering dengan alasan agar tak licin. Karena semakin kita tua cukup berbahaya juga kalau lantai setiap saat basah. Nah, makanya jenis kedua kamar mandi kering ini terdiri ruang shower dan kloset yang tak menyatu. Biasanya dibatasi tembok, kaca atau tirai. Akibatnya bagian kloset dan sekitarnya tak akan basah karena sudah dibatasi tembok atau tirai.


Demikianlah kami memutuskan untuk mengubah kamar mandi basah menjadi kering. Untuk itu kami berbelanja kebutuhan untu kamar mandi kering. Satu buah westafel dengan dilengkapi kaca. Tujuan kaca ini agar bisa digunakan untuk berias dan melihat apakah gigi sudah bersih atau muka sudah bersih. Kebetulan kami memilih kaca yang ada rak-rak kecil untuk menaruh pernak pernik hiasan. Sedang westafel bersatu dengan lemari. Lemari bisa digunakan untuk menyimpan handuk, alat perlengkapan mandi seperti sabun, pasta gigi, sampo untuk persediaan. Sedang yang dipakai di taruh di bagian ataas .Kedua kloset. Kloset yang lama memang sudah rusak dan butuh dengan kloset yang kuat dan flashnya gak sering macet. Menemukan kloset jenis baru yang sangat efesien kebutuhan airnya, sehingga tak boros dengan air. Hanya sedikit takut saja kalau air yang sedikit tak bisa mebilas kotoran tapi ketakutan tak terbukti. Tadinya antara kloset dan tempat mandi mau ditembok saja tapi saat membeli westafel dan kloset melihat shower room yang mungil . Akhirnya malah tertarik untuk membeli. Akhirnya semua perlengkapan sudah dibeli . Tinggal menunggu untuk dipasang.

Ternyata gak mudah unuk memasang westafel, kloset dan shower room. Butuh waktu seminggu dengan lantai diganti juga untuk menyesuaikan dengan yang lainnya. Hasil yang diperoleh memuaskan hati. Penempatan westafel, kloset dan show room harus benar-benar bagus dengan ruang yang tak terlau besar. Begitu juga dengan pencahyaannya harus diatur sehingga ruangan tersinari dengan baik. Rak-rak yang ada di kaca akhrinya bisa digunakan untuk menaruh banyak pernak pernik hiasan sehingga kaca lebih asyik untuk dilihat. Dan di shower roomnya juga ditambah pegangan tangan yang menempel di dinding. Tujuannya untuk pegangan kalau lantai licin sehingga mencegah kepleset.. Kini kamar mandi kering sudah siap untuk dipakai. Rasanya? Lebih nyaman , karena lantai tak basah lagi dan selesai mandi bisa sekalian merapikan rambut.



35 komentar:

Heri Heryanto mengatakan...

pengen banget ngerubah jadi kamar mandi kering yang terpisah tapi apalah daya ruangannya terbatas.. itupun bak mandi sudah diganti ember penampung

Bocah Udik mengatakan...

Aku masih ngumpuli dana buat desain kamar mandi kak. Rencana buat kamar mandi kering sih. Dan juga banyak belajar selama traveling yang melihat kamar mandi kering lebih bersih dan aman

Anisa mengatakan...

Wah bagus banget nih ya kamar mandinya. Saya sih juga mau kamar mandinya bersih kek gitu :D

Meiga mengatakan...

Pingin banget nih kamar mandinya bersih, bagus dan cantik seperti itu :D

Alvi mengatakan...

Kalau kamar mandiku seperti itu mungkin aku nggak keluar dari kamar mandi wkwk

Sasa mengatakan...

Bisa sambil nyanyi di kamar mandi nih kalau kamar mandinya kek gini wkwk

Diana mengatakan...

Wah bener banget tuh Mbak, emang biasanya kalau ada cermin kek gitu jadi dandan juga wkwk

Mama Indri mengatakan...

Kalau sdh pindah besok saya mau buat kamar mandi lagi di rumah baru biar nggak pada rebutan dan desainnya juga khusus biar tampak beda

Tira Soekardi mengatakan...

memang butuh space yang agak laus ya mas heri

Tira Soekardi mengatakan...

nah itu dia bocah udik, lebih aman apalagi persipana untuk masa tua

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak anisa

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak meiga

Tira Soekardi mengatakan...

nah mbak alvi suamiku jadi lama kalau babnya

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak sasa

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak diana jd dari kamar mandi sudah rapi

Tira Soekardi mengatakan...

oh iya mbak , aku kamar mandinya ada dua, jadi kalau pagi gak ada yang ribut duluan kamar mandi

t h y a mengatakan...

rapi dan bersih banget kamar mandi nya mbaa..
kalo di rumah saya masih kamar mandi basah.. hehe

bufferdotcom mengatakan...

memang paling aman kalau buat kamar mandi kering untuk menghindari benturan kalau tiba-tiba terpeleset..

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak thya, buat persiapan amsa tua, aktanya orang tua suka sering jatuh di kamar mandi

Tira Soekardi mengatakan...

betul bufferdotcom

Reyne Raea (Rey) mengatakan...

Suka banget mba ama kamar mandi barunya, bersih dan cantik pengaturannya :)

Annafi mengatakan...

Kamar mandi barunya minimalis modern ya Mba, di rumahku masih jadoel pakai bak mandi hehe

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak reyne, sesuai dengan harapan kami

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak annafi, minimalis disesuaikan dengan luas ruangan juga

@lostinmalang_id mengatakan...

rapi yah kak kamar mandinya, jadi betah deh lama lama di kamar mandi kalo rapi gitu haha

Digital Poin mengatakan...

Kamar mandinya keren banget, mirip dipenginapan... Pernah terbesit untuk memodifikasi kamar mandi seperti yang digambar namun ruangannya tidak cukup...

Tira Soekardi mengatakan...

iya nih jadi maunya lama2 di kamar mandi bahaya @lostinmalang_id

Tira Soekardi mengatakan...

makasih digital poin

Riza Alhusna mengatakan...

Kamar mandinya bagus mbakkkk

Tapi benerin kamar mandi itu mehong cyinnn. Mana keramik kamar mandi juga mahal. Lebih mahal lagi tukang khusus kamar mandi -___-'

Tira Soekardi mengatakan...

nah itu riza gak semua tukang bisa masang . ini amsangnya saja lama ada semingguan abru selesai

Rai Vinsmoke mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
ASTraveller mengatakan...

Salam kunjungan dan follow :)

Tira Soekardi mengatakan...

salam kembali astraveller

ibusuri mengatakan...

Keren mbak

Tira Soekardi mengatakan...

makasih ibusuri

Posting Komentar