Jumat, 15 November 2019

Bermain Dan Outbound Di 1001 Tangga




Setiap tahun kegiatan anak-anak di Circle of Happiness salah satunya berkegiatan di alam bebas. Kali ini berkesempatan melakukannya di hutan pinus 1001 tangga kecamatan Pasawahan , Kabupaten Kuningan.  Untuk ke sana menyewa mobil L 300 yang biasa beroperasi di daerah Mandirancan. Kegiatan di sana terbagi menjadi tiga bagian. Bagian outbound, hiking , makan bersama dan acara bebas. Anak-anak itu selalu suka banget kalau berkegiatan di alam, karena mereka bisa beraktivitas sangat luas, mulai dari berlarian, main bola dan banyak lagi yang bisa mereka lakukan. Anak-anak sudah bekumpul di tempat kegiatan jam setengah 8 dan berangkat jam 8. Sampai di sana , setelah membayar tiket, mencari tempat untuk kegiatan outbound . ini membutuhkan tempat yang luas karena kegiatannya butuh gerak yang luas. Setelah mendapatkan tempat, anak-anak dibagi menjadi 3 kelompok yang didampingin dengan kakak relawan.

Kegiatan outbound


Kegiatan diawali dengan berhitung sambil menggerakan tangan ke atas dan kaki ke bawah. Pertama tangan kanan, kaki kanan, tangan kiri dan terakhir kaki kiri. Pertama menghitung 8 kali, kemudian 4 , 2 dan terakhir satu. Saat menghitung 8,4 dan dua sangatlah mudah tapi saat menghitung satu dengan menggerakan tangan atau kaki akan mengalami kesulitan. Dan dilanjutkan dengan mengikuti gerakan sesuai dengan apa yang diucapkan . Bila diucapkan mundur berarti harus mundur, kalau maju dua kali artinya maju dua kali. Anak-anak harus konsentrasi dan menjaga kekompakan. Dan sekarang dibalik dengan lawan katanya, kalau maju , harus mundur. Kalau kiri harus ke kanan dan kalau kanan harus ke kiri. Ini lebih butuh konsentrasi lagi. apalagi anak-anak selalu sulit untuk arah kanan dan kiri.

Memindahkan bola dengan cara tiduran


Setiap anak duduk selonjor dan berbaring . Bola diletakan di tangan anak yang paling depan dan harus dipindahkan ke tangan anak kedua . Sesudah bola di tangan anak kedua, anak kedua berbaring sambil memberikan ke anak ketiga . Demikian seterusnya sampai anak yang terakhir. Dan dari anak terakhir diberikan ke anak di depannya sampai anak terdepan kembali.

Memindahkan bola pingpong dengan menggunakan sendok.


Jadi anak yang terdepan memindahkan bola ke sendok anak yang ke dua. Demikian seterusnya sampai anak yang terakhir. Kalau jatuh harus diulang dari awal kembali.

Berlari dalam terowongan.


Anak-anak berdiri dengan kaki dilebarkan, selebar-lebarnya. Anak yang terdepan masuk di antara dua kaki sampai selesai. Dan berdiri di paling belakang. Dilanjut dengan anak kedua sampai terakhir.


Memindahkan terigu dengan menggunakan tangan.

  

Jadi anak pertama mengambil terigu dan diberikan ke anak kedua lewat kepala , dan seterusnya dan anak yang terakhir memasukan ke dalam baskom yang ada di belakangnya. Sampai terigu di depan habis.

Memecahkan plastik berisi air.


Anak yaang paling belakang berlari dengan arah zigzag melewati anak yang lain. Setelah di depan akan memecahkan plastik berisi air.

Hiking ke bukit asamara.


Jadi tempat ini disebut dengan 1001 tangga, karena banyak anak tangga yang mengarah ke bukit asmara.  Kita menaiki bukit asmara lebih mudah karena banyak anak tangga. Jadi anak-anak menghitung anak tangga yang mereka lewati. Dan mereka protes karena tak ada sampai 1001 tangga. Ya, memang disebut demikian karena tangganya yang banyak bukan jumlahnya. Di atas pemandangan bisa leluasa terlihat. Walau kita gak sampai puncak karena sudah kecapaian . Tapi di sini sudah banyak gazebo buat istirahat dan pohon pinus yang terlihat dari atas lebih tampak bagus. Namanya anak-anak, gak cepat lelah, energinya selalu ada saja.

Makan dan main bersama


Acara selanjutnya. Adalah makan. Banyak anak yang makan belum dibiasakan untuk dihabiskan. Dan syarat mereka harus habis makannya, kalau gak habis nasi tak boleh dibuang, tapi dibawa pulang. Ternyata mereka langsung menghabiskannya. Mungkin kalau dibawa pulang takut diomelin ibunya karena gak habis makannya. Setelah itu  anak-anak bebas bermain apa saja. Anak-anak bebas berlarian dan main apa saja yang mereka mau. Ada yang memanjat pohon kersem, adayang main petak umpet, ada yang main ayunan . Pokoknya anak bebas bermain . Dan waktunya sudah cukup untuk beraktivitas di alam. Pulang dengan perasaan gembira.Wajah-wajah lelah dan gembira terpancar dari mereka. Dan hatiku juga turut bahagia melihat kegembiraan mereka. Semoga di tahun mendatang bisa kembali mengadakan acara di alam seperti ini.

30 komentar:

Mugniar mengatakan...

Cara seru untuk meningkatkan kecerdasan natural pada anak :)

Rohimar mengatakan...

Dengan cara seperti itu anak-anak akan banyak pengalaman dan banyak cerita" menarik yang akan dia ceritakan sehabis pulang dari situ buk :D

Eka Fikry mengatakan...

Yuhuuu,seru banget sih mbak outbond di alam terbuka, sudah lama aku tidak. Selama ini kalau jalan2 ya cuma keliling2 aja gak pake outbond, Ku perlu refreshing nih, hihihi

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak niar

Tira Soekardi mengatakan...

wah anak2 memang suak sekali mbak rohmiar

Tira Soekardi mengatakan...

ita outbound bareng temen2 juag asyik kok mbak eka

Diah Agustina mengatakan...

Acaranya seru banget kak, kalah anakku main Outbond bisa susah ngajak dia buat pulang

Alfan Ismail mengatakan...

yang begni seruuuu. apalagi ajak keluarga

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak diah

Tira Soekardi mengatakan...

nanti lupa pulang ya mas alfian

Sulis Nashwa mengatakan...

Wah tempat yang asyik untuk bermain. Bisa untuk melatih ketangkasan dan kekompakan anak

Yuni Handono mengatakan...

Seru banget acaranya, pasti anak-anak senang diajak beraktivitas seperti ini. Selain menambah pengalaman juga meningkatkan kecerdasan mereka.

kabar cendekia mengatakan...

Sebagai org jakarta, saya sangat rindu destinasi luar ruang yang ciamik seperti ini

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak sulis

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak yuni anak2 senang banget

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak aan gak sumpek di sini mah

Amir mengatakan...

Wah belum pernah outbound. Kayaknya memacu adrenalin banget ya ?

Tira Soekardi mengatakan...

bikin seru juga mas amir

Zakia mengatakan...

Acaranya bener2 cocok buat anak2 yang keingintahuannya banyak, energinya banyak. Klop deh. Pulang2 bisa banyak cerita ini mereka yaa. Atau gak mau pulang saking asiknya? :D

Annafi mengatakan...

Terakhir kali ikutan outbound pas kuliah, jadi kangen main flying fox deh. Banyak games yang melatih kerjasama juga

Tira Soekardi mengatakan...

iya mereka asyik dengan kegiatannya mbak zakia

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak annafi banyak permainan yang seru yang bikin anak2 semangat

Agus rusdi mengatakan...

asyik banget buak anak bermain outbound seperti ini

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas kadir

Nurul Sufitri mengatakan...

Wah, seru amat permainan outboundnya bun. Setelah dibagi menjadi 3 kelompok anak2 lalu mengikuti games ya. Kocak tuh yang pada masuk di antara kakai2 anak2 hihihihi...

Tira Soekardi mengatakan...

iya bikin anak mampu bekerjasama dan kompak ya mbak nurul

Lusi mengatakan...

Wah kegiatan circle of happiness ini ternyata sangat beragam ya, nggak cuma di lingkungan rumah saja tapi juga outbond. Seru.

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak lusi kita juga keluar , bisa ke kebun belakang atau ke sawah atau ke tempat wisata

Adinizm mengatakan...

Wahhh seru seru permainannya. Saya pernah nyobain memindahkan tepung pakai tangan. Habis permainan seluruh tubuh jadi mirip kayak orang pakai skin ker, langsung putih wkwkkw

Tira Soekardi mengatakan...

iya permainan tepung memang seru sekali ya mbak arlina

Posting Komentar