Kamis, 10 Desember 2020

Batimurung Dan Kupu-Kupu

 


Lokasi taman nasional Batimurung berada di kabupaten Maros , kecamatan Batimurung. Letaknya tak jauh dari ibukota Makasar. Alam yang indah dengan pepohonan yang rindang. Bukan hanya digunakan untuk melindungi hewan khas saja, alam yang indah bisa menjadi wisata yang menenangkan di sana. Ada air terjun,gua, bukit kapur yang menawan dan patut untuk dikunjugi . Jadi yang terkenal di sini ada dua ikon yaitu kupu-kupu dan  kondisi alam dengan bebatuan , pegunungan karst dan gua alam.Dalam taman wisata ini beberapa yang bisa dikunjungi seperti

 


 Museum Kupu-Kupu dan Taman Kupu-kupu.

Di sini terdapat bangunan rumah kaca dengan atap berbentuk kerucut yang didalamnya terdapat ratusan jenis kupu-kupu. Juga ada ratusan kupu-kupu yang sudah diawetkan dan dipigura dan ditempel di dinding museum. Luas ruangan museum 10x10 meter.Jenis kupu-kupu ada yang berasal dari daerah Batimurung sendiri tapi juga bahkan ada yang berasal dari Papua. Beraneka ragam kupu-kupu bisa dilihat dari sana. Setiap pigura yang berisi kupu-kupu di bawahnya ada penjelasan tentang kupu-kupu tersebut dari nama dan habitatnya dimana. Dan kita juga bisa membeli sovenir hiasan kupu-kupu di sana. Ternyata lebih cantik kupu-kupu yang sudah di pigura dibanding aslinya. Di sini hidup 250 spesies kupu-kupu sehingga dikenal dengan sebutan The Kingdom of Butterfly. Selain itu juga terdapat penangkaran kupu-kupu. Jadi tempat ini bisa sebagai wahana pendidikan bagi pengunjung. Karena bisa banyak mengetahui semua tentang kupu-kupu lebih detil. Ada juga tempat penangkaran kupu-kupu. Wisatwan bisa melihat tahapan dari proses metamorfosis kupu-kupu. Mulai dari ulat, kepompong dan menjadi kupu-kuu yang indah bisa dilihat di sana. Dan di sini wisatwan bisa melihat berbagi jenis kupu-kupu yang indah secara lebih dekat.

 


Air terjun Batimurung

Dari museum tinggal jalan kaki dan akan bertemu dengan air terjun. Air trejun ini dikenal dengan sebutan air terjun Batimurung. Nama Batimurung ini diberikan oleh penguasa kerajaan Simbang yang bernama Karaeng Simbang. Arti dari Batimurung adalah gemuruh air. Hal ini karena memang air terjunnya memberukan suara gemuruh saat jatuh ke bawah. Aksesnya ke sana sudah sangat mudah karena air terjun ini memang berada di kawasan taman nasional Batimurung. Air terjun ini punya ketinggian 15 meter dan lebar 20 meter. Airnya jernih dan mengalir ke bebatuan yang ada di bagian bawah. Air yang jatuh langsung mengalir ke sungai yang ada di bagian depan air terjun ini. Di aliran sungai inilah bisa digunakan untuk berenang atau bermain air. Airnya tak pernah surut.di sekitar air terjun banyak sekali pepohonan yang rindang. Ini menyebatkan udara sangat segar dan adem. Berada di sana membuat kita menjadi rileks.Bahkan karena banyak pepohonan sering ditemukan kera yang bergelantungan di pohon.

 


Gua

Keunikan lainnya dari taman ini terdapat 80 gua alam. Dari 80 gua ini terdapat 2 gua yang bisa digunakan untuk wisata minat khusus.Nama gua tersebut gua Batu dan gua Mimpi.

 


Begitulah sekelumit keindahan yang bisa didapat dengan datang ke Taman Nasional Batimurung. Kekayaan flora dan faunanya begitu beragam . Hal ini menyebabkan daya tarik sendiri bagi wisatawan.Sambil menikmati alam yang indah. Bisa sambil belajar banyak tentang kupu-kupu . Bisa sekaligus bermain di air yang dingin. Tempat wisata yang jangan lupa dikunjungi saat berada di Sulawesi Selatan.


 

5 komentar:

Mayuf mengatakan...

Wah mantep nih tempatnya indah juga

Tira Soekardi mengatakan...

betul

Bang Day | Bede mengatakan...

Saya kira namanya Bantimurung ya mb

Tira Soekardi mengatakan...

bukan bang day

Prananingrum mengatakan...

Wah, ini terkenal banget ya mb...tp blum pernah kesana..kupu2nya cantik-cantik dan beraneka ragam ya

Posting Komentar