Sabtu, 20 Februari 2021

 


Kali ini kegiatan anak-anak Circle of Happiness sungguh membawa banyak manfaatnya. Anak-anak perlu dikenalkan dengan banayk profesi yang ada di masarakat. Untuk itu anak-anak harus mencari tahu. Makanya anak-anak setiap kelompoknya mencari tahu tentang profesi seseorang dengan cara mewawancarai . Ternyata dengan memperkenalkan banyak profesi pada anak ini mempunyai dampak positif bagi anak seperti

  • 1.      Menambah wawasana anak tentang berbagai profesi yang ada
  • 2.      Dengan mengetahui banyak profesi yang memilik banyak peran di masarakat sehingga anak akan lebih menghargai setiap profesi.
  • 3.      Kalau anak sudah mengetahui profesi kita bisa mengarahkan yang sesuai dengan anak
  • 4.      Terakhir memotivasi anak untuk terus belajar agar bisa terwujud apa yang diharapkan dengan profesinya nanti.

 


Banyak juga ya manfaat bagi anak mengetahui banyak ragam profesi yang ada. Dan anak-anak COH melakukan wawancara dengan narasumber tentang profesinya agar mereka tahu benar seluk beluk tentang profesinya. Jadi denagn wawancara ini anak-anak juga akan mendapatkan banyak manfaat seperti mendapatkan wawasan baru. Untuk kali ini wawasannya berupa profesi seseorang.Juga bisa mendapatkan ide baru dan bisa memotivasi anak. Jadi dengan mengetahui profesi orang anak-anak akan termotivasi untuk bisa punya profesi kelak. Dan juga bisa menambah banyak teman dengan wawancara.

 


Untuk wawancara kali ini anak-anak dibagi 4 kelompok dan tiap kelompok akan mendatangi 4 narasumber yang berbeda. Untuk itu dibutuhkan persiapan. Persiapan yang dilakukan setiap kelompok adalah mereka membuat pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan pada narasumber. Pertanyaan itu ditulis di kertas. Kalau sudah didiskusikan siapa yang akan menanyakan . Dan anak-anak juga diberi wejangan bagaimana menjaga sikap saat mewawancarai. Pertama anak-anak harus memberi salam dan memperkenalkan diri dan memberikan maksud dan tujuan datang ke sana. Anak-anak juga harus sopan dalam memberikan pertanyaan pada narasumber. Jadi 4 kelompok anak ini akan mengunjungi beberapa orang dengan prfesi tertentu. Kelompok pertama, narasumber memiliki profesi sebagai pegawai rekam medis di sebuah rumah sakit. Kelompok kedua, narasumbernya memiliki profsei sebagai petani. Kelompok ketiga narasumbernya memiliki profesi digital marketing dan terakhir kelompok 4 narasumbernya berprofesi sebagai pegawai di dinas perairan.

 


 


Jadi anak-anak mendatangi narasumber dan melakukan wawancara dan mengumpulkan banyak data tentang profesi. Sesudahnya anak-anak kumpul lagi dan merangkum apa yang tadi dilakukan. Setelah rangkuman selesai setiap kelompok harus mempresenatsikan hasil wawancara tadi kepada teman-teman yang lain agar teman yang lain juga bisa mengetahui tentang profesi dari narasumber kelompoknya. Dengan demikian anak-anak akan mengenal 4 profesi sekaligus dalam kegiatan ini. Dari mulai membuat pertanyaan, melakukan wawancara, tanya jawab dan merangkum hasil wawancara dan prsentasi dibantu oleh kakak relawan. Dan kesatuan kegiatan ini membuat kegiatan ini menjadi multi manfaat. Banyak karakter yang bisa dibentuk dari kegiatan ini. Anak-anak belajar mengajukan pertanyaan yang relevan dengan profesi seseorang. Belajar bagaimana mewawancaari narasumber , merangkum hasil wawancara. Dan belajar mempresentasikan hasil wawancaranya. 


 

Kegiatan ini benar-benar memberikan banyak pembentukan karakter anak. Mulai dari percaya diri, empati, saling bekerja sama, semangat menambah wawasan. Kegembiraan hari ini, kegembiraan yang penuh makna.dan keyakinan akan memori yang mereka rasakan saat berkegiatan ini semoga bisa membentuk karakter mereka di kemudian hari

 

20 komentar:

Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis mengatakan...

kecil kecil sudah dibina, diajar dan dilatih.... Jika memang itu pilihannya nanti, otomatis sudah ada "bekal" untuk professional.

Posting bermanfaat..... Thank you for sharing

Ainun mengatakan...

menarik sekali kegiatannya mbak.
dari kecil anak anak sudah diajari untuk berani juga nih, berani mengutarakan pendapat melalui pertanyaan pertanyaan.

Tira Soekardi mengatakan...

makasih ams tanza, banyak karakter yang dibentuk ini

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak ainun

andrie mengatakan...

Wahhh dari kecil sudah diajarkan sesuatu yang bisa membuat mereka jadi lebih kreatif.. Jadi nanti pas gede gak kaku lagi kalau misal mau membangun komunikasi dengan orang lain.. Wahhh saya jadi kalah nihh, pas kecil masih maen petak umpet huhu

RizaFirli.com mengatakan...

wahh keren banget..dulu aku wkt SMA pernah tuh disuruh guru belajar wawancara dan mencatat hasil wawancaranya.. Mulai dari pedagang bakso sampai pedagang ketoprak terus wawancara pak polisi dan petugas perpus... seru! :)

Lisdha mengatakan...

nice activity mbak Tira.
Semangat untuk semua di COP ya mbak..

Nurul Sufitri mengatakan...

Lho, kok sama ya kayak tugas ana bungsuku yang sekarang kelas 7? Fakhri mesti wawancara sesorang nih. Bakalan seru ketika kita tau pekerjaan orang lain kayak apa dan tugasnya. Biar belajar menghargai aneka profesi ya bun.

Tira Soekardi mengatakan...

memang harus seperti mas andrie, anak dirangsang dengan kegiatan yang bagus

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas Firli, seru, anak2 juga suka

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak lisdha

Tira Soekardi mengatakan...

wah anaknya juga dapat tugas seperti itu ya, memang bermanfaat bagi anak

Bang Day | Bede mengatakan...

proses pembelajaran yang asik nih

Tira Soekardi mengatakan...

makasih bang day

Siti Nurjanah mengatakan...

Edukasi yang menarik, sejak usia dini sudah dilatih untuk belajar bahasa komunikasi yang baik salah satunya lewat wawancara

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak siti

Annafi mengatakan...

Semangat terus belajarnya untuk adik-adik, semoga bisa jadi bekal sukses nantinya, aamiin

Chindy Christine mengatakan...

Waaah, anak-anak telah dibekali untuk belajar proaktif sedari dini. Menginspirasi sekali!!

Muna Fitria Hidayat mengatakan...

Ah. Saya ingat ada kegiatan anak saya yang seperti ini juga dari pelajaran Tematik kelas 4.
Wah. Seru ya wawancaranya dilakukan secara berkelompok. Narasumbernya juga punya profesi yang unik: digital marketing, rekam medis, petugas pintu air. Pasti anak-anak baru tahu ada profesi semacam itu. Wawasan mereka jadi terbuka ya.

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak muna, agar mereka tahu beragam profesi

Posting Komentar