Sabtu, 17 Juli 2021

Bercerita Dengan Boneka Kertas

 


Kali ini kegiatan anak Circle of Happines berhubungan dengan kertas dan cerita. Seru? Bukannya seru tapi banyak manfaat yang bisa diambil anak-anak lewat kegiatan ini. Jadi anak-anak membuat boneka dari kertas, menghias bonekanya agar terlihat cantik dan bercerita tentang boneka yang dibuatnya.

 


Membuat boneka

Boneka ini dibuat dari kertas HVS . Sederhana ya, harga kertas HVS juga murah dan terjangkau. Dibutuhlan  gunting, lem dan spidol warna warni. Setiap membuat sesuatu dari kertas HVS selalu menggunakan kertas HVS yang dibentuk bentukan tertentu. Jadi membuat boneka ini dibutuhkan dua buah lingkaran yang sama ukurannya . Satu buah kertas HVS utuh yang bentuknya persegi panjang dan satu buah kertas bentuk persegi panjang kecil.

 

Cara membuatnya.

Kertas HVS yang utuh dibentuk segitiga. Caranya bagian lebar diberi tanda dibagian tengahnya. Kemudian garis dari bagian tengah yang sudah diberi tanda ke dua ujung kiri dan kanan sehingga berbentuk segitiga. Lalu digunting sehingga menjadi bentuk segitiga.Lingkaran yang pertama buat kepalanya dan lingkaran kedua dibagi dua dan dipotong untuk jadi sepatunya. Baru dirakit. Lingkaran yang utuh ditempel dibagian kertas yang berbentuk segitiga dibagian ujungnya. Itu sebagai kepala. Bisa dilukis mata, hidung dan mulut. Dan lingkaran kedua yang sudah dibagi dua, dilekatkan dibawah kertas segitiga di kiri dan kanan sebagai sepatu. Kalau membuat boneka perempuan bagian bawahnya tak perlu digunting, tapi yang membuat boneka laki-laki  dekat dengan sepatunya digunting ke atas menyerupai celana. Sisa kertas persegi bisa dibuat untuk rambut atau hiasan lainnya. Setelahnya anak-anak menghias boneka kertasnya dengan kreativitasnya sendiri.

 


Bercerita dengan boneka.

Nah, setelah anak-anak membuat bonekanya, sekarang satu persatu mereka akan bercerita dengan bonekanya. Jadi anak harus memperkenalkan bonekanya bernama siapa dulu. Baru dia menceritakan tentang bonekanya. Ada yang menceritakan tentang bajunya. Baju pemberian paman atau bibinya. Ada yang bercerita kalau ibunya membelikan baju baru saat ulang tahun. banyak cerita yang disampaikan anak-anak lewat boneka kertasnya.

 


Apa saja manfaat dari kegiatan kali ini

  • 1.      Ketrampilan motorik. Anak-anak menggunting, menggambar, membuat lingkaran . Itu membutuhkan ketrampilan tangan agar bisa.. Beberapa anak yang masih kecil masih butuh bantuan.
  • 2.      Konsentrasi. Melatih konsentrasi. Aank-anak akan fokus dengan apa yang dia kerjakan. Bila ada yang masih main-main ditegur agar tetap fokus pada kerjaannya.
  • 3.      Kreativitas. Menghias baju boneka butuh imajinasi dan kreativitas. Dan butuh anti mainstream. Mencari sesuatu yang unik dan tak sama dengan yang lainnya.
  • 4.      Berani bercerita. Anak-anak jadi bisa membuat cerita
  • 5.      Percaya diri. Kegiatan ini jadi melatih anak untuk berani bicara di depan teman-temannya.
  • 6.      Melatih menyusun kalimat sederhana.

Ternyata kegiatan kali ini manfaat yang didapat anak banyak sekali. Dan anak-anak bisa banyak berlatih di setiap kegiatan sehingga akan terlihat kemajuan anak-anak.

 


0 komentar:

Posting Komentar