Minggu, 25 September 2022

 


Sudah berkali-kali datang ke sini tak pernah bosan dengan keindahan alam di sekeliling waduk Darma ini. Dan karena Usep belum pernah ke sini maka ajaklah Usep menikmati keindahan alam ini. Dan gak pernah bosan melihat alam di sini. Sayang gunung Ciremai tertutup awan sehingga tak begitu jelas terlihat gagahnya . Waduk Darma ini letaknya di desa Jagara , kecamatan Darma , kabupaten Kuningan. Lokasi waduk ini memang sangat strategis sehingga mudah sekali wisatawan mendapati lokasinya. Waduk ini digunakan untuk mengairi sawah di sekitarnya.

 


Katanya waduk ini dibangun oleh mbah Satori untuk digunakan tempat bermain anaknya Pangeran Gencay dan untuk memancing , karena hobi mbah Satori memancing.Untuk membuat waduk ini mbah Satori menggunakan para kurawa dan untuk memberikan makan nasi yang dibuat di bukit Pangriutan saking kurawanya banyak. Dan bekas membuat nasi berbentuk tumpeng sampai sekarang masih ada. Mbah Satori juga membuat perahu untuk pangeran Gencay bermain. Pangeran Gencay bermain tidak siang atau malam dan diiringi dengan gamelan yang kini dikenal dengan Muncul Goong. Sampai suatu hari di bulan purnama saat pangeran Gencay bermain perahu, perahunya tenggelam dan pangeran Gencay menemui ajalnya. Mbah Satori sangat sedih sekali dan mbah Satori menyuruh situ itu untuk dibobolkan lagi karena bisa berbahaya. Pada jaman Belanda daerah ini dibeli Belanda dan dibuat waduk, tapi sayang dihentikan karena Jepang masuk ke Indonesia. Setelah merdeka pembangunan  waduk ini dilanjutkan oleh presiden Soekarno.

 


Sayangnya waduk Darma dalam keadaan masih direnovasi yang ternyata bertele-tele , hampir 2 tahun tak jadi-jadi. Sebagian ditutup karena ada renovasi. Tapi tak mengapa karena waduk dengan keindahannya masih bisa terlihat. Dari jembatan yang ada di sisi waduk kita bisa melihat area persawahan yang hijau. Gunung Ciremai gagah berdiri dan walau saat itu bagian atasnya tertutup awan sehingga mengurangi keindahan gunung Ciremai. Sejauh mata memandang air yang tenang dengan latar belakang yang melingkar dengan bukit, gunung dan pepohonan membuat keindahan waduk sangat terlihat. Dan dari kejauhan akan terlihat tambak milik warga yang terapung di atas air. Di sana dipelihara aneka jenis ikan air tawar. Dan ada taman dengan lampu  kotak yang memanjang ke atas dan jalur untuk jalan. Ini menambah kesan rapih . Dan di tepian terlihat banyak perahu yang bersandar. Perahu itu bisa disewa kalau mau keliling waduk Darma.

 


 

Sebetulnya di daerah renoavsi akan ada beberapa kios-kios makanan. Sementara ini kios-kios makanan ditaruh sementara dekat pintu masuk. Ada panggung dan area bermain anak. Gedung-gedung yang akan dibangun memiliki atap yang unik. Dan di sana juga ada beberapa gazebo dari kayu yang menarik untuk bersantai. Duduk di sana menikmati keindahan sambil makan. Makan di daerah dingin itu selalu terasa nikmat sekali.

 


Nah, karena memang tempatnya startegis mudah sekali dicari. Dan tentunya berlibur ke sini bisa mengurangi penat setelah bekerja.

16 komentar:

Anisa AE mengatakan...

Langitnya di Waduk Darma bagus banget, cerah dan biru. Masih jalan berdua di usia ini, tetap sehat ya Bunda. Setia sama bonekanya, jadi pengin healing juga lihat air yang tenang begini. Terima kasih sharingnya!

Anonim mengatakan...

Itu gak cerah segitu itu, banyak awan. Foto yang tangan kita bentuk hati di belakangnya kl cerah terlihat gunung ciremai

fajar herlambang mengatakan...

selalu sehat n bahagia selalu nenek n kakek :)

Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis mengatakan...

lingkungannya keren...
👍👍

Tira Soekardi mengatakan...

Amin, makasih doanya

Tira Soekardi mengatakan...

Sejuk udaranya

Freddy Hernawan mengatakan...

Jadi pengen ke Waduk Darma 😁

Freddy Hernawan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
celotehnur54 mengatakan...

Kapan saya bisa ke sana ya. Kisah pembangunan waduk Darma menarik sekali. Terima kasih telah berbagi ya, Mbak Tira. Salam sehat selalu.

Time Table Results mengatakan...

Your style is really unique compared to other people I have read stuff from. Thank you for posting when you’ve got the opportunity, Guess I’ll just book mark this site.
bcom third year result

B'Day | Climate4life mengatakan...

Senang ya bu kita semua sudah bisa piknik lagi. Salam sehat selalu

Tira Soekardi mengatakan...

Yuk main sini

Tira Soekardi mengatakan...

Ternyata ada ceritanya ya

Tira Soekardi mengatakan...

Betul bisa lihat alam indah

Reyne Raea / Rey mengatakan...

Asyik banget Bu, kangen jalan-jalan menikmati suasana sejuk kayak di Waduk Darma ini :)

Nurul Sufitri mengatakan...

Wah, asyik banget bunda jalan2 ke Waduk Darma :) Kelihatan bersih tapi kayaknya sepi pengunjungnya ya. Coba disosialisasikan pada masyarakat, bakalan berbondong2 main ke waduk ini deh sambil piknik :)

Posting Komentar