Minggu, 08 Januari 2023


 

Kali ini anak Circle of Happiness belajar kosa kata bahasa Inggris flower, tree, grass dan bush. Untuk bisa mengingat keempat kosa kata tersebut dilakukan permainan  dan lagu yang dirubah kata-katanya dengan keempat kosa kata tersebut. Dengan demikian anak-anak akan lebih muda mengerti . Pengalaman melihat dan mengamati anak belajar kosa kata itu lebih cepat pakai permainan . Selain itu ingatan tentang kosa katanya melekat dan gak terlupakan. Makanya metodenya selalu sama tapi permainan dan lagunya yang diubah dan dimodifikasi agar tak bosan. Dengan sesautu yang baru akan membuat anak lebih semangat.

 

Menggunakan lagu.

Dengan lagu binang kecil dan kata-kata yang diubah dengan kosa kata dan artinya anak-anak akan lebih mudah mengingat. Juga anak menggunakan gerakan untuk melambangkan kosa kata sehingga akan menambah daya ingat anak.

 

Tebak Kata.

Anak dibagi dua kelompok. anak-anak berbaris . Anak yang paling depan membawa kertas-kertas yang berisi kosa kata bahasa Inggris juga kosa kata bahasa Indonesianya. Anak yang paling depan akan memperlihatkan kertas dengan kosa kata ke anak yang di belakangnya. Jika bahasa Inggris dijawab bahasa Indonesia dan sebaliknya. Terus estafet sampai anak yang paling belakang.  Siapa yang paling dulu samapi belakang akan menang. Maknya setiap kelompok harus cepat dan benar menjawabnya.

 


Lompat dan tebak kata.

Jadi di lantai ada banyak kosa kata yang ditempel. Ada yang bahasa Inggris, ada yang bahasa Indonesia. Jadi kalau disebutkan kosa kata bahasa Inggris harus melompat ke arti dari yang ditanyakan ke bahasa Indonesia , demikian sebaliknya. Anak harus tanggap cepat dan melompat ke kosa kata dengan cepat. Dengan demikian anak harus cepat berpikir dan cepat bergerak. Perpaduan yang bagus untuk anak.

 


Benar atau salah.

Kalau disebutkan kosa kata bahasa inggris dan artinya benar harus meloncat kalau salah harus jongkok. Kecepatan berpikir dan kecepatan bergerak harus selaras. Kadang pikiran benar tapi gerakannya terlambat begitu juga sebaliknya. Dan ini menjadi permainan yang seru karena gerakan yang ragu-ragu membuat anak jadi terlhat salah dan biasanya jadi tertawa bersama .

 


This is dan this is not.

Anak mendapatkan kertas yang bertuliskan kosa kata bahasa Inggris dan harus mengucapakan ini adalah apa yang ada di kertas . Anak harus menajwab This is.... sesuai dengan kertasnya dan ths is not yang bukan ada di kertas. Jadi anak mengerti pemakaian this is dan this is not.

 


Tak terasa dua jam sudah belajar 4 kosa kata yang menyenangkan. Anak-anak mendapatkan pengetahuan tentang kosa kata yang baru. Selain itu anak juga dibentuk karakter dari permainan tadi. Seperti jujur, fokus dan konsentrasi, pantang menyerah,cepat tanggap. Manfaat dobel yang akan dimiliki oleh anak untuk kegiatan kali ini. Sungguh luar biasa. Semoga anak-anak tetap masih mengingat dengan baik. 

 

7 komentar:

Anisa AE mengatakan...

Wah cara ini efektif banget karena melatih tumbuh kembang anak dari segala sisi, dari kecerdasan motorik hingga berbahasa bisa ditiru ini. Apalagi cara ini membuat anak semakin bahagia dan pembelajaran terasa seru. Terima kasih sharingnya!

Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis mengatakan...

metode yang mempromosikan kreatifitas....
lanjutkan....👍👍

Tira Soekardi mengatakan...

Bisa diterapkan ke anak kita sendiri

Tira Soekardi mengatakan...

Setuju

celotehnur54 mengatakan...

Belajar sambil bermain sangat disenangi anak2. Terima kasih telah berbagi, Mbak Tira. Selamat Sore.

Tira Soekardi mengatakan...

Betul, bermain tapi ada belajarnya

Nurul Sufitri mengatakan...

Belajar 4 kosakata selama 2 jam tentu ini bukan main2 tapi seperti bermain dan belajar. Menarik sekali pembelajarannya bun. Anak2 ga kebosanan deh.

Posting Komentar