Senin, 30 Januari 2023

 


Kali ini kegiatan anak-anak Circle of Happiness adalah kegiatan yang menggunakan kertas, gunting, dan spidol, pinsil warna atau krayon. Dengan kertas berbentuk lingkaran, persegi panjang dan anak-anak harus berkreasi membuat pohon hias. Selama kegiatan dan melakukan menggambar anak-anak itu sudah mengerti betul dengan pola yang saya berikan pada mereka. Artinya mereka sudah tahu apa yang mereka akan lakukan dengan kertas berbentuk lingkaran dan bentuk persegi panjang. Mereka berkreasi dengan bahan yang sederhana menjadi pohon hias aneka ragam hiasannya

 

Alat dan bahan yang dibutuhkan

Kertas berbetuk lingkaran dan persegi panjang . Ukuran menyesuaikan sebesar apa akan dibuat

Gunting

Lem

Spidol . pinsil warna atau krayon

 

Cara membuatnya

Kertas persegi panjang dilipat menjadi dua dan dibuat bentuk batang pohon dan digunting

Lingkaran sebagai daun untuk pohon dan dihias

Daun pohon dan batang dilem

 


Jadi di dalam pohon itu harus ditambahkan hewan , barang atau apapun untuk menunjang cerita yang akan dibuat anak-anak. Hal ini karena anak harus membuat cerita tentang pohon hias tersebut. Ada  pohon hias yang di dalamnya ada kucing dan ada tangga yang menempel di pohon karena anak itu akan bercerita tentang kucing yang gak bisa turun dari pohon. Ada lagi yang membuat koala di atas pohon karena tokoh utamanya koala. Jadi anak-anak dibagi kertas HVS dengan dua bentuk , lingkaran dan persegi panjang. Lingkaran untuk daunnya dan persegi panjangnya buat batangnya. Masih ada sisa kertas bisa dibuat hiasan atau tambahan . Setelah dbentuk pohon baru dihias dan diberi tambahan sesuai cerita yang diinginkan anak. Baru diwarnai baik dengan spidol, pinsil warna atau krayon.  Setelah selesai masing-masing anak akan maju ke depan dan bercerita tentang pohon yang mereka buat.

 


Karakter yang terbentuk dari kegiatan kali ini

Kreatif. Anak bisa berkreasi sesuai imajinasi, sesuai dengan karangannya. Begitu juga dengan paduan warnanya. Dan selalu diharapkan untuk memilih warna yang cerah dan aneka warna agar tampak ceria.

 

Percaya diri. Dengan bercerita diharapkan anak percaya diri berbicara di depan. Bercerita membutuhkan rasa percaya diri agar mampu menyusun kalimat di depan dengan baik.

 

Kemampuan bercerita dan menyusun kalimat. Dengan bercerita diharapkan anak mampu menyusun kalimat dengan baik dan akan ada peningkatan dalam hal literasi yang baik.

 


Kemampuan motorik halus. Akan meningkat karena untuk membuat pohon hias dibutuhkan ketrampilan tangan untuk menggunting, mengelem.

 


Begitulah kegiatan kali ini bisa membentuk banyak karakter anak sehingga anak lebih mumpuni. Bagi anak yang sudah lama, terlihat sekali kemajuan yang berarti dalam karakter yang dibentuk. Biasakan anak dibuatkan kegiatan yang membentuk karakter yang baik . Baik di rumah maupun di sekolah sehingga apa yang dipelajari benar-benar membentuk karakter anak lebih baik. Semoga kegiatan ini bisa jadi inspirasi semua .

8 komentar:

fanny_dcatqueen mengatakan...

Baguus nih kegiatannya mba Tira 👍. Aku jadi pengen ngelakuin bareng anak2. Jadi mereka juga bisa bikin cerita sendiri dari gambar yang mereka buat Yaa ☺️

Tira Soekardi mengatakan...

Iya, anak perlu dilatih bercerita karena manfaatnya banyak bisa menyusun kalimat dengan baik, berceritaruntun dan percaya diri

Anisa AE mengatakan...

MasyaAllah kreatif sekali anak-anak ini buat pohon dari kertas, hiasannya unik-unik. Menarik sistem belajar kayak gini, seru dan membantu anak bisa tampil di depan untuk bercerita. Terima kasih sharingnya!

Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis mengatakan...

seperti biasa, sangat kreatif
👍👍

Tira Soekardi mengatakan...

Banyak karakter yang bisa dibentuk dengan kegiatan ini

Ifrod Maksum mengatakan...

keren nih kegiatan yang mengasah otak dan keterampilan anak biar gak bosen nulis terus

Tira Soekardi mengatakan...

Setuju , anak harus enjoy kalau belajar

Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis mengatakan...

👍👍

Posting Komentar