Minggu, 12 Februari 2023

Beda Kompor Listrik Dan Kompor Induksi

 Kompor Listrik

Gambar dari sini

Jadi melalui tulisan sebelumnya  , sudah dijelaskan mengapa saya menggunakan kompor induksi. Ternyata lebih murah, bisa menghemat gas 12 kg seharga 225.000 rupiah. Memang kompor induksi itu ada setelah adanya kompor listrik. Sama- sama menggunakan energi listrik tapi cara kerjanya yang berbeda. Kalau mengenai harga sih tergantung merek, besar atau kecilnya. Dulu aku beli kompor induksi yang satu kompor itu dengan harga sekitar 300 ribuan. Sekarang karena sudah terbiasa malah lebih menikmati masak dengan menggunakan kompor induksi.

 

Jadi panas pada kompor induksi ini menggunakan gelombang elektromagentik , arus listrik bergantian saat melewati cincin ke peralatan masak.Sedang pada kompor listrik mentransfer panas dari kompor ke wadah/panci. Pada kompor induksi tidak ada perantara sehingga langusng bekerja untuk memanaskan panci sehingga panci akan mulai memanas saat kompor dinyalakan. Hampir 90 persen panas yang dihasilkan untuk memanaskan jadi tak ada energi yang terbuang. Jadi lebih efesien dan sudah dituliskan dalam tulisan sebelumnya

 

Mari kita bahas perbedaan kompor listrik dan kompor induksi

Beda cara pemanasannya. Kompor induksi menggunakan gelombang elektromagnetik langsung memanaskan panci/wajan. Tapi kalau kompor listrik tidak langsung memanaskan panci/wajan karena menggunakan elemen pemanas dan memancarkan radiasi ke makanannya.

 

Efisiensi energi. Lebih efesien pakai kompor induksi karena memanaskan langsung panci dibandingkan kompor listrik yang harus memanaskan kumparan dan meradiasikan ke makananya. Kompor induksi efisien sampai 90 persen sedangkan kompor listrik hanya 70 persen.

 

Kemanan. Kompor induksi lebih aman karena kompor induksi hanya memanaskan item  dengan partikel besi di dalamnya. Kalau ada anak-anak kompor induksi tidak panas sedangkan kompor listrik kalau disentuh panas.

 

Suhu maksimum

Suhu maksimum pada kompor induksi adalah 351 derajat celcius. Sedangkan kompor lsitrik bisa mencapai 393 derajat Celcius tapi kompor listrik butuh waktu yang lama untuk menurunkan suhu dari suhu tinggi ke rendah.

 

Harga. Kompor listrik lebih murah dari kompor induksi karena kompor induksi merupakan teknologi yang lebih baru.

 

Jadi sekarang jelas ya perbedaan kompor listrik dan kompor induksi walau sama-sama pakai sumber energi listrik. Dari sini kita bisa melihat gimana kompor induksi kalau digunalan dengan segala keuntungannya walau ada sedikit efek buruknya. Tapi bagiku masak pakai kompor induksi lebih murah daripada pakai gas 12 kg ya.  Dan gak perlu lagi kena panci yang panas, kompornya tetap dingin dan setelah dimatikan cepat dingin . Tak terasa sudah hampir setahun menggunakan kompor induksi. Teknologi baru memang sering sulit diterima tapi kalau sudah diterima menjadi barang yang biasa. Contohnya sekarang adanya motor listrik, sepeda listrik , mobil listrik, orang masih enggan. Tapi kelak menjadi hal yang biasa.

8 komentar:

Anisa AE mengatakan...

Setelah penasaran tentang perbedaannya dan menunggu artikel ini, akhirnya terjawab. Berarti sudah tepat menjautuhkan pilihan pada kompor induksi, lebih efektif untuk memasak. Terima kasih informasinya!

Tira Soekardi mengatakan...

Iya mbak, pilihan yang tepat, saya bisa menghemat 225 ribu rupiah

Uni Dzalika mengatakan...

Ternyata beda ya jadi udah tahu nih mau beli yang mana

Tira Soekardi mengatakan...

Iya mbak, banyak yang belum mengerti

Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis mengatakan...

asik dong kalau lebih murah.....
informatif.... 👍👍

Tira Soekardi mengatakan...

Iya, bisa lebih irit

Nurul Sufitri mengatakan...

Wah, aku masih pakai kompor gas biasa bun. Kepengen sih suatu hari nanti ganti pakai kompor induksi. Modelnya juga kelihatan lebih elegan ya. Ternyata lebih hemat gas yang 12 kg juga. Ceki2 ah. TFS bun :)

Tira Soekardi mengatakan...

Rekomen , listriknya juga tak menghabiskan banyak malah cenderung stabil

Posting Komentar