Minggu, 14 Mei 2023

Rasa Mie Celor Hampir Mirip DEngan Mie Belitung


  Gambar dari sini

Jadi waktu jalan-jalan di sebuah mall di kota Cirebon kebetulan melihat orang yang jualan mie celor. Akhirnya mampir dan merasakan mie celor. Baru pertama kali mencoba kuliner asal Palembang ini. Saat dirasakan kok mirip banget rasanya dengan mie Belitung yang pernah merasakan saat jalan-jalan ke Belitung. Mungkin saja karena letak Palembang dengan Belitung berdekatan bisa jadi ada kesamaan dalam hal kulinerannya.

 

Jadi mie celor ini makanan khas kota Palembang. Celor ini dalam bahasa Palembang mempunyai artinya diremdam dalam air panas . Hal ini karena mie celor dalam penyajiannya dengan cara dicelor/diseduh air panas yang kemudian dicampur dengan kuah santan dan kaldu udang yang kental dan gurih. Dan dilengkapai dengan pelengkap seperti telur rebus, toge dan kucai. Ukuran mienya juga lebih besar daripada mie umumnya. Penyajian dari mie celor , mienya diseduh sebentar baru diguyur dengan kuah yang kental yang mirip dengan lohmie dari Tiongkok. Kuahnya dibuat dari kaldu udang atau ebi yang dicampur dengan santan, susu, tepung terigu dan bumbu lainnya. Kemudian ditambahkan pelengkap telur rebus, kucai, toge , ayam dan udang bisa ditambahkan.

 

Asal usul mie celor ini belum diketahui dengan pasti tapi seperti yang kita tahu mie itu berasal dari Tiongkok. Bisa jadi mie celor ini adalah perpaduan antara makanan Tionghoa dan Melayu. Pada umumnya masarakat kota Palembang makan mie celor pagi hari sebagai sarapan. Kandungan gizinya juga cukup baik karena ada karbohidrat dari mie, protein dari udang dan ayam, vitamin dan mineral dari sayurannya.

 

Kembali lagi saat makan mie celor di mall. Benar sekali terasa sekali udang di kuahnya. Sangat gurih dengan mie yang besar. Dan rasanya juga hampir sama dengan mie Belitung.

Nah, bagi yang mau membuat mie celor sendiri ini ada sedikit resep yang bisa dicoba

Bahan-bahan


Mie kuning - 200 gram


Udang beserta kulitnya - 200 gram


Santan - 300 ml


Air - 700 ml


Tepung maizena, larutkan - 2 sdm


Daun jeruk - 2 lembar


Air jeruk nipis - 1 sdm


Gula - secukupnya


Garam - secukupnya


Kaldu bubuk - secukupnya

 

Bahan Halus

Bawang putih - 3 siung

Bawang merah - 5 butir

Kemiri sangrai - 2 butir

Lada - 1/2 sdt

Ebi kering - 1/2 sdm

Cabe merah keriting - 2 buah

 

Pelengkap

Telur rebus - 4 butir

Daun bawang - secukupnya

Bawang merah goreng - secukupnya



 

Cara Membuatnya

1. Rebus mie kuning hingga empuk, angkat, lalu tiriskan.

2. Cuci bersih udang. Rebus udang bersama dengan kulit dan kepalanya hingga mendidih dan udang matang. Matikan api, tiriskan udang, dan sisihkan air rebusan udang. Bersihkan udang dari kulit dan kepalanya.

 

3. Tumis bumbu halus dan daun jeruk hingga harum. Setelah bumbu matang, masukkan air rebusan udang dan santan.

4. Bumbui kuah dengan gula, garam, dan kaldu bubuk secukupnya. Tambahkan air jeruk nipis dan larutan maizena. Masak hingga kuah sedikit mengental lalu matikan api.

5. Siapkan mangkuk, tata mie kuning ke dalam mangkuk lalu tuangkan kuah. Sajikan bersama bahan pelengkapnya.

 

Silahkan mencoba

 

12 komentar:

Anisa AE mengatakan...

Baru dengar soal mie celor, biasanya kalau di sini ada belakangnya 'lor' itu singkatan dari telor. Eh, ternyata berbeda kalau bahasa Palembang, unik juga olahan mie yang satu ini. Jadi pengin nyoba buat sendiri, terima kasih informasinya!

Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis mengatakan...

look so delicious....
enak kelihatannya.... yummy

Anonim mengatakan...

Aaah jadi pingin makan mie celor mba. Aku pernah makan mie celor yang lemak nian pas ke palembang🥰. Dan memang selain enak, ngenyangin banget karena isiannya berlimpah

Tira Soekardi mengatakan...

Iya mungkin di sana belum ada yang jual ya. Di sini juga baru satu yang aku tahu

Tira Soekardi mengatakan...

Yummy pokoknya

Tira Soekardi mengatakan...

Memang sih mie celor yang di palembang lebih enak karena asli bikinan sana

Keza Felice mengatakan...

Pertama kalinya tau tentang mie celor. Bahkan baru tau asal daerahnya. Kayaknya unik ya rasa mie-nya. Jadi penasaran pengin cobain

fanny_dcatqueen mengatakan...

Aku lebih suka mie celor sih mba. Pernah ke Belitung dan coba mie nya yg katanya terkenal banget. Rame memang, tapi aku ga cocok Ama rasanya. Maniiiis. Ditambahin cabe sebanyak apapun, manisnya masih kuat.

Tapi kalo mie celor rasanya gurih dan memang enak. Mungkin kesamaan mereka lebih ke kuah yg sama2 agak kental. Mie celor poligon di Palembang yg jadi fav ku banget 😄😄. Walopun kata temenku yg orang Palembang, mie celor di sana banyak yg lebih enak lagi. Jadi penasaran.

Tira Soekardi mengatakan...

Oh gt ya mbak, lagi di belitung makan mienya, eh lagi ke palembang malah gak nyoba mie celor malah nyobanya di cirebon. Apa sama dengan aslinya kurang tahu juga

celotehnur54 mengatakan...

Ini patut dicoba nih Mbsk Tira. Tapi kalau ada dijul di sini saya mau beli. He he .... Soalnya sejak pegang jabatan sebagai lansia saya malas masak.

mrhanafi mengatakan...

mi yang agak baru buat saya...salam kenal ya dari Malaysia

Astria tri anjani mengatakan...

Tak kirain tadi mi celor itu singkatan, ada telurnya gitu ternyata celor itu ada artinya dalam bahasa palembang😅. Daripada makan mie instan mending makan mie celor ya karena ada kandungan gizi dari udang, ayam dan sayurnya.

Posting Komentar