Minggu, 11 Agustus 2024

Pantai Kejawanan Terkini

 


Pertama merantau ke kota Cirebon diajak teman kerja pagi-pagi lihat sunrise. Aku termasuk yang sudah banyak lihat pantai indah , melihat pantai Cirebon ini menyedihkan karena berlumpur sehingga airnya coklat dan selalu alami pedangkalan. Beberapa kali mengadakan penelitian bareng siswa-siswaku ke sana , selalu merasa jijik melihatnya. Sampah dimana-mana, warung dengan bahan yang beragam dan dibangun asalan saja sehingga terlihat sangat kumuh . Jadi gak pernah ke sana lagi karena tahu gak mungkin menikmati pantai yang kotor .

 


Sampai suatu hari melihat postingan reels sesorang sedang berada di pantai Kejawanan kok bersih , terus ada dermaga yang menjorok ke laut dan bisa berfoto di sana. Jadi penasaran sekali. Akhirnya sekalian konten sama Usep berkunjunglah ke pantai Kejawanan .Lokasinya berada di dalam komplek pelabuhan perikanan nusantara, kelurahan Penggambiran, kecamatan Lemahwungkuk kota Cirebon. Ternyata sekarang sangat bersih, tak ada sampah tergeletak dan banyak disediakan tong sampah dengan banyak pengumuman agar membuang di tong sampah.Juga ada kawasan kuliner dimana para pedagang sudah disiapkan tempat yang bagus dengan warna yang beragam sehingga lebih menarik. Kesan bersih dan rapih bikin pengunjung nyaman untuk makan di sana. Fasilitas toilet dan tempat bilas juga disediakan.

 


 


Untuk bisa berwisata yang menyenangkan wisatawan bisa menyewa perahu kayu , berkeliling pantai, menyewa perahu karet atau mau bermain pasir. Lumpur di pantai Kejawanan ini terkenal dengan manfaat buat kesehatannya. Banyak yang berendam dalam lumpur karena katanya punya fungsi mengobati rematik, penyakit kulit, diabetes hingga stroke. Area bermain yang banyak di sana membuat anak-anak juga akan bergembira di sana. Juga ada panggung mini untuk mengadakan pentas seni dan budaya di sana.

 


Terus ada dermaga yang menjorok ke laut yang membuat orang bisa berjalan ke arah laut dan ini merupakan spot foto yang banyak diminati. Jadi cukup terobati dengan kebersihan dan kenyamanan berwisata di pantai Kejawanan ini walau airnya tetap coklat. Ini  sih memang sudah dari sononya dimana pantai utara Cirebon ini banyak sekali lumpur yang menyebabkan air menjadi coklat dan mengalami banyak pedangkalan.

 


Jadi bagi yang berminat jalan-jalan ke pantai Kejawanan , bisa datang ke sini. Sudah bisa menikmati pantai yang nyaman dan bersih. Sekaligus tiket masuk yang sangat murah meriah.  Tapi ingat ya selalu jaga kebersihan agar pantainya tetap cantik

 


 

8 komentar:

Adi Pradana mengatakan...

kalau pantainya bersih, pandangan pun jadi indah, risi liat sampah di tepi pantai, bawaannya pen ngumpulin....

Tira Soekardi mengatakan...

Betul sekali

Nurul Sufitri mengatakan...

Ini di siang hari mampir ke Pantai Kejawanan bun kayaknya sepi ya? Apakah kalau weekend bakalan ramai pengunjungnya? Kelihatan sekilas dari fotonya sih bersih ya pantainya.

Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis mengatakan...

nice place to visit.....
thank you for sharing photos and descriptions

Tira Soekardi mengatakan...

Ini hari biasa. Kalauagak siang air surut timbul pasirnya. Pasirnya ini banyak manfaat bt kesehatan. Berendam di pasir

Tira Soekardi mengatakan...

Sama2

Fanny_dcatqueen mengatakan...

Begini seharusnya yaaa. Pantai bersih, terawat, jadi kan buat pengunjung betah dan mau datang lagi. Aku juga males kalo datang ke pantai yg kotor

Tira Soekardi mengatakan...

Betul. Males lihat pantai kotor itu

Posting Komentar