Jumat, 10 Juli 2009

pada bulan Juli ini banyak ortu sibuk memasukkan anaknya ke SD, SMP, SMA bahkan masuk perguruan tinggi. Begitu antusias ortu memasukan anaknya kesekolah, sebegitu pentingkah pendidikan bagi anak mereka? Tetapi apakah pendidikan sekarang dapat menjamin siswa mempunyai sikap hidup yang benar?
Kenapa saya apatis terhadap dunia pendidikan sekarang? Karena yang saya lihat sekarang dunia pendidikan lebih mementingkan bagamana suatu sekolah dapat mempunyai nilai akademis yang tinggi dengan mengesampingkan pendidikan nila-nilai hidup. Anak dituntut untuk mendapatkan nilai yang baik tanpa didukung dengan pengajaran nilai-nilai hidup,yang akhirnya banyak anak melakukan pekerjaan menyontek. Menyontek dianggap hal yang wajar.
Apalagi sekarang dengan adanya UAN dimana setiap sekolah berlomba-lomba bisa mendapatkan nilai yang baik karena menyangkut gengsi sekolah dimata masyarakat juga sebagai alat menaikan gengsi kepala sekolah. Hal ini tidak apa-apa kalau dilakukan dengan hal yang wajar, tetapi naasnya banyak dilakukan ketidakjujuran secara sitimatis. Akibatnya banyak sekolah yang melakukan kecurangan demi meluluskan siswanya.
Sungguh ironis, jika hasil UAN ternyata tidak menjamin itu nilai yang dapat dipertanggung jawabkan, tetapi bisa menjadi kebanggaan sekolah dan kepala sekolahnya. kemana pendidikan kita akan arahkan? Akankah kita menghasilkan murid yang mempunya nilai baik tetapi tidak mempunyai nilai -nilai hidup yang baik?
Kita butuh pendidikan yang bisa menghasilkan generasi muda yang pintar secara akademis dan mempunyai nilai-nilai hidup yang berdasarkan iman. Adakah sekolah yang seperti ini???????