Selasa, 07 Juli 2009

Susahnya belajar kimia unusur?

Kalau siswa SMA ingin belajar kimia unsur pasti menemui banyak kesulitan karena harus menghafal begitu banyak sifat, reaksi-reaksi kimianya, kegunaaannya. Banyak dari siswa yang mengeluh jika harus mempelajari kimia unsur, dengan buku cetak yang monoton makin membuat siswa tambah bete. Dari sanalah saya berusaha bagaimana mereka bisa belajar dengan lebih mudah dan tidak menjemukan. Saya menugaskan setiap siswa untuk membuat suatu karangan tentang suatu unsur dengan cerita yang menarik dan dari banyak siswa yang saya beri tugas ternyata didapat beberapa karangan yang cukup baik dan dapat digunakan sebagai bahan pelajaran di sekolah . Salah satu contoh yang akan saya tunjukan dengan judul SIARAN BARENG BELERANG YUK......
Hai...hai temen-temen ketemu lagi nih sama Nita di "Radio Kimia" kali ini Nita gak sendiri loh tapi ditemenin sama belerang tamu dari desa yang bernama belerang. OK, biar gak penasaran....Yo... kita langsung aja kenalan ama temen kita belerang.
Halo temen-temen kenalin saya belerang dengan lambang "S". Saya biasa dipanggil dengan Sulfur oleh sahabat saya. saya disebut dengan sulfur karena memiliki kulit berwana kuning, berat badan saya 32,06, badan saya juga gak bau....he...he... tapi emang ada sih bagian badan saya saya yang bau yaitu senyawa saya yang biasa disebut dengan Hideogen Sulfida (H 2S). Oh ya sampai lupa...saya tinggal di daerah pegunungan di kawah gunung di golongan VI A dengan nomer 16.
Ngomong-ngomong belerang 0,05% tinggal di teras bumi dan keluarga besar besar belerang tinggal di kawah gunung berapi. Belerang juga punya banyak temen akrab loh namanya batu dan tanah. Ga cuma itu tapi belerang juga punya musuh yaitu sekelompok geng yang disebut dengan bahan bakar. kayanya biar lebih jelas mendingan belerang cerita tentang pengalaman belerang dengan musuhku.
Gini ceritanya...waktu belerang pernah usil hampir nimbulin gejolak pada pembakaran dan usil ngedorong terjadinya proses knocking sampe-sampe belerang debenci ama bahan bakar. Emang sedih banget sih tapi ya udah biar aja. Belerang juga mempunyai sifat penolong ,contohnya belerang bisa bantuin orang lain untuk nyembuhin penyakit kulit juga bisa untuk pupuk, pestisida, ga cuma itu belerang juga bisa membantu dalam vulkanisasi lho....
Wah gak kerasa juga ya temen-temen waktunya udah habis nih, jadi sampe disini dulu ya ngobrol-ngobrilnya. Buat temen yang mau dekat dengan belerang bisa cari di tempat tambang batubara, minyak bumi, gas alam, atau temen-temen bisa dating ke rumahku.
Dah dulu ya siaran bersama dengan belerang, see you...

Dari cerita tersebut sudah tercakup letak belerang di sistim periodik unsur, sifat fisik, kegunaannya, tempatnya. senyawa-senyawanya. Jadi dengan cerita tersebut dapat lebih memudahkan siswa untuk belajar kimia unsur lebh mudah dan menarik!!! gak percaya . boleh coba deh!!! Di saya masih banyak contoh cerita-cerita tentang unsur yang lain, kali ada yang membutuhkan cerita itu untu belajar sendiri dirumah. Salam JUmpa