Senin, 28 Desember 2009

Beda Itu Indah

Taman bunga dengan aneka bentuk dan warna tentunya akan lebih terlihat indah. Pegunungan dengan segala macam tumbuhan dan aneka satwa juga akan terlihat indah. Betapa Tuhan menciptakan alam ini dengan segala keragaman yang ternyata dari keragaman itu begitu terlihat indah dan menakjubkan. Subhanallah!!!!!

Tetapi kalau kita lihat di dunia nyata hidup manusia yang juga dipenuhi dengan keragaman ternyata tidak bisa membuat menjadi indah. Perbedaan yang ada justru bukan mempererat persaudaraan agar menjadi lebih indah tetapi perbedaan itu justru menjadikan manusia menjadi saling bertengkar, saling memojokan , saling menghina dan saling menjatuhkan dan saling mementingkan diri sendiri.

Di lingkungan yang kecil yaitu keluarga suami dan istri yang mempunyai karakter berbeda justru bukan membuat menjadi rukun tetapi malah terjadi pertengkaran terus menerus yang berujung dengan perceraian. Perceraian jaman sekarang semakin banyak terjadi. Padahal karakter kita yang berbeda dalam keluarga dapat lebih mempererat tali persaudaraan, tetapi karena keegoisan dan ingin menang sendirilah yang menyebabkan banyak terjadi pertengkaran yang tak terselesaikan.

Dalam lingkungan rumah, di lingkungan kerja banyak terjadi saling singgung akibat perbedaaan, bukannya perbedaan itu bisa memperkaya diri kita sendiri justru perbedaan itu justru malah menjadikan kita orang yang picik.Betapa susahnya kita bisa akur dengan segala perbedaan itu.

Bahkan kalau kita merupakan minoritas dari mayoritas yang ada dan kita mempunyai prinsip hidup yang benar kita seringkali malah dimusuhi dan ditekan karena kita dianggap mengancam yang mayoritas, dan mayoritas menekan karena membela kelompoknya padahal belum tentu kelompoknya itu benar. Kita masing sering mementingkan kelompok kita daripada kepentingan umum .

Mengapa semua itu terjadi , yang seharusnya dengan perbedaan itu akan membuat hidup kita menjadi beragam dan akan memperkaya hidup kita. Semua itu terjadi karena kita tidak mau menerima perbedaan itu sendiri dan selalu merasa dirinya yang paling benar, dan selalu meremehkan orang lain yang berbeda dengan kita. Kalau kita semua mau duduk bersama dan saling menghargai perbedaan itu justru perbedaan itu akan membuat hidup kita menjadi beragam dan bervariasi.

Mungkin bisa kita coba dari lingkungan keluarga dahulu baru bisa kita terapkan di dalam lingkungan yang lebih besar lagi. Kebetulan keluarga besarku mempunyai kergaman yang banyak mulai dari suku yang berbeda , karakter yang bereda dan agama yang berbeda juga, tetapi keragaman ini justru membuat kami merasa lebih bervariasi dan dapat hidup lebih rukun. Anak-anakku dari kecil sudah mengerti bahwa saudara-saudaranya ada yang berlainan suku dan agama darinya dan mereka dari kecil juga sudah belajar bertoleransi dengan saudara-saudaranya. Makanya ketika di sekolah banyak anak yang melihat orang yang berbeda agama sering menjauhkan tetapi anak-anaku malah dapat menerima dengan tangan terbuka. Bahkan di keluarga kami, kami saling menghormati perayaan masing-masing agama kami sehingga suasana lebaran dan natal bisa saling menyalami dan saling berbagi. Indahnya.......

Natal tahun ini juga berlangsung gembira dan menyenangkan , walau kami tidak merayakannya tapi kami juga turut merasakan kegembiraan natal yang dibawa oleh saudara-saudara kami yang beragama kristen. Mulai dari tukar-tukaran kado natal, yang diselingi dengan nyanyi bersama dan guyonan yang lucu-lucu, tentunya oleh Mas Bean , si orang Batak yang ternyata mahir juga nyanyi lagu Jawa .

Suasana bagi-bagi kado di acara kebersamaan keluarga kami.





Suasana kami sekeluarga makan bersama , begitu menyenangkan dengan makan yang berbeda , hati yang berbeda tetapi kita tetap satu keluarga besar Soekardi.





Betapa menyenangkan bila kita bisa hidup bahagia dengan segala banyak perbedaan, kita akan mempunyai hidup yang beragam ,pengalaman hidup yang beragam .Kita harus banyak belajar bahwa perbedaan itu jangan dibesar-besarkan tetapi perbedaan itu dibuat menjadi indah sehingga apapun perbedaan itu tidak membuat kita menjadi bertengkar atau saling menyudutkan.

Beda itu indah, marilah kita bersama-sama membuat hidup kita lebih indah dari hari sebelumnya walau harus hidup dengan segala sesuatu yang berbeda di dalam kehidupan kita. Dengan ini semua kita yakin semua manusia akan hidup rukun dengan sesamanya dengan segala perbedaan itu..... Kapan ini bisa terwujud???? Tidak butuh keajaiban tetapi butuh pengorbanaan untuk bisa menerima perbedaan dengan hati yang ikhlas!!!!