Rabu, 31 Maret 2010

Selama saya berdomilisi di kota Cirebon sejak tahun 1992, saya baru tau ternyata di Cirebon juga terdapat sentra pembuatan batik. Ketinggalan jaman ya.....mungkin pada saat itu gema tentang batik belum terasa seperti sekarang ini. Setelah saya tau tentang adanya sentra batik di Cirebon saya selalu menyempatkan diri mengantarkan tamu-tamu saya yang berkunjung ke Cirebon untuk melihat batik di sana. Wah tentunya saya bangga karena dengan demikian saya punya andil untuk mempromosikan batik Cirebonan. Malah pernah ketika lebaran tahun lalu saya dan suami menggunakan batik dengan motif mega mendung di Cianjur ternyata banyak yang tertarik karena motif yang lain dengan batik yang biasanya ada.

Ternyata sentra batik ini ada di Desa Trusmi Kulon dan Trusmi Wetan yang terletak sekitar 5 km dari pusat kota Cirebon ke arah Bandung. Batik di sini diperkenalkan oleh Ki Gede Trusmi yang ternyata merupakan pengikut dari Gunung Jati. Beliau memperkenalkan seni batik sambil menyebarkan agama Islam di sana.

Ada dua motif atau corak yang diajarkan di desa Trusmi tersebut adalah pertama motif keratonan yang mana motif diambil dari ornamen -ornamen di lingkungan keraton, seperti batu-batuan, kereta singa barong, ayam alas, naga seba,Taman Arum Sunyaragi. Biasanya motif keratonan ini mempergunakan warna gelap seperti coklat dan hitam. Sedangkan motif yang kedua adalah motif pesisiran dimana motif lebih bebas yang melambangkan kehidupan masyarakat setempat pesisir yang egaliter, aktivitas kehidupan sehari-hari, motif flora dan fauna dengan mengambil warna yang terang.

Tapi dari motif-motif di atas yang paling terkenal dan merupakan ciri khas Cirebon adalah motif Mega Mendung. Motif mega mendung adalah motif yang menggambarkan gumpalan awan yang membentuk bingkai pada gambar utama. Ternyata motif Mega Mendung ini merupakan ciptaan Pangeran Cakrabuana . Motif ini juga dapat pengaruh dari keraton.

Sekarang motif Mega mendung ini sudah menjadi ciri khas Cirebon dan merupakan kebanggaan Cirebon. Selain dipakai untuk pakaian batik motif ini ada juga yang digunakan untuk hiasan dinding, kerajinan yang lain . Banyak orang sudah memakai motif ini mulai dari masyarakat umumnya, pejabat daerah, pengusaha bahkan kostum kuburan band.

Merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami orang Cirebon punya motif batik yang khas yang tidak dimiliki oleh daerah lainnya, tentunya ini perlu dilestarikan dan terus dipromosikan , kalau perlu sampai mancanegara, sehingga orang akan lebih mengenal Cirebon......

0 komentar:

Posting Komentar