Kamis, 22 Juli 2010

Jalan Santai di Taman Hutan Juanda Bandung



Kalau kita jalan-jalan di taman hutan Juanda terlihat lingkungan natural,alami, dam sejuk. Lokasinya ada di Bandung Utara di ujung jalan Dago atau Ir H Juanda 7 km dari pusat kota.

Ternyata luas lahan di taman ini seluas 590 ha dimana berfungsi sebagai sistim penyangga, pengawetan jenis tumbuhan , sebagai konservasi sumber daya alami hayati, sarana edukasi serta rekreasi keluarga yang cukup nyaman.


Di dekat kantor Balai Pengelolaan Taman Hutan raya terdapat patung Ir H Juanda sebagai tanda jasa beliau yang diresmikan 14 Januari 1985. Di sebelah kantor terdapat musium yang berisi foto-foto kiprah dari Ir H Juanda dalam perjuangan di negeri ini. Juga terdapat jenis-jenis batu-batuan dan herbarium dari beberapa jenis tumbuhan.

Di sama juga terdapat 2 buah gua yaitu gua Belanda yang dibangun tahun 1941 yang tadinya untuk terowongan PLTA Bengkok pada masa itu. Tapi setelah perang kemerdekaan beralih fungsi sebagai pusat statsiun radio telekomunikasi militer Belanda. Gua jepang didirikan tahun 1942 setelah belanda menyerah sebagai tempat perlindungan dari serangan musuh yang dibangun dengan tenaga romusha. Gua Jepang terdapat 4 lorong dimana lorong ke 2 dam 3 berfungsi sebagai lorong jebakan. Di dalamnya ada tempat logistik dan tempat peristirahatan prajurit dan perwira. Untuk masuk gua ini ada pemandu yang dilengkapi dengan senter sebagai sumber penerangan karena gua-gua tersebut sangat gelap.



Memang nyaman juga berjalan di sana tapi mungkin untuk menjadi tempat wisata yang baik perlu ditambah fasilitas tempat bermain yang modern, resto yang nyaman. Juga tempat sampah yang sangat kurang dan fasilitas tempat duduk untuk beristirahat juga sudah banyak yang rusak.Perlu ditata ulang sehingga lebih nyaman bagi pengunjung dengan tidak mengurangi keasrian yang ada di sana.



Jalan ke Bandung jangan lupa mampir di taman hutan , bisa mendapatkan udara yang sejuk, indah , dapat pengetahuan tambahan dan bila datang dengan keluarga akan lebih mempererat tali persaudaraan.Selamat jalan-jalan!!!!