Kamis, 18 November 2010

Pendidikan lingkungan perlu diberikan sejak dini agar siswa mampu mengerti tentang proses terjadinya alam, sistim yang bekerja di alam dan tentunya bagaimana memelihara sistim itu agar tetap baik dan tidak merusak. Mulai dari TK,SD mungkin dengan cara yang paling sederhana yang bisa mereka pahami dan lakukan. Untuk tingkat yang lebih tinggi bisa dijelaskan dengan lebih detail dan beberapa sudut pandang yang berbeda.

Pada latihan dasar kepemimpinan OSIS di vila Pallo Alto di Linggarjati pendidikan lingkungan juga dimasukkan untuk lebih meresapkan di setiap anggota OSIS karena mereka adalah kader-kader yang bisa menjadi contoh bagi teman-teman yang lainnya.

Kalau pakai acara ceramah tentunya bikin bete dan membosankan, dipakailah sistim diskusi dengan menggambar. Sebelumnya mereka disuruh menyanyikan lagu yang mengajak mereka memelihara alam dengan lagu keong racun yang kata-katanya sudah diganti, seperti ini

Kalau kau cinta Tuhan
Cintalah alam ini
Kalau kau cinta alam
Pelihara alam ini

kau tanam pohonku
Kau buang sampahku
Hey tak tau malu tanpa basa-basi
kamu buang sampah hepy

Sory-sory jek kusayang alam ini
Sory-sory jek kucinta alam ini

Setiap ada kata alam tangan dibuka tutup dan bila ada kata buang sampah badan digerakan kebawah sedangkan kalau ada kata tanam badan digerakan keatas.
Lalu mereka dibagi 5 kelompok dan masing-masing kelompok harus menggambarkan cara mereka bisa memelihara alam dengan bentuk siklus yang melibatkan orang lain, sistim dan Tuhan dan setiap kelompok harus dapat mempresentasikan maksud gambar yang mereka buat.



Dari hasil presentasi mereka sebagian sudah memahami apa yang harus mereka lakukan dan ini juga bisa melatih siswa untuk lebih percaya diri, menganalisa dan memahami permasalahan dan bagaimana memecahkannya.Dan nanti hasil gambar mereka akan ditempel di mading sehingga komitmen mereka mau memelihara alam ini bisa menjadi contoh buat temen-temen lainnya.



Pendidikan lingkungan hidup ini harus terus berjalan terus menerus dan berkesinambungan sehingga benar-benar bisa terpatri dengan baik di alam pikiran dan akan menjadi sesuatu kebiasaan baik bagi mereka yang selalu menyayangi alam ini.....