Kamis, 21 Februari 2013

Museum Dekat Sungai Musi


                                         Di depan museum Sultan Mahmud Badaruddin II
Di seberang sungai Musi terdapat museum Sultan Mahmud Badaruddin II, bentuk kecil dan tidak terlihat jelas dari jalan, bentuk bangunan tidak berubah dari awal pendiriannya. Di dalam museum ada 556 koleksi benda sejarah mulai dari bekas peninggalan kerajaan Sriwijaya hingga kesultanan Palembang. Berdiri di atas bangunan benteng kota lama dimana Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikromo dan Sultan mahmud Badaruddin I memerintah. Pada masa Jepang dipakai sebagai markas Jepang dan dikembalikna ke Indonesia setelah proklamasi.

Areal yang sempit dan penerangan yang kurang sehingga museum terlihat suram. Akibatnya ketika melihat barang-barang mulai dari pengenalan kota Palembang tempo dulu sampai adat pernikahan orang Palembang, pelengkapan sunat dan panggung nikah tidak jelas karena gelap sehingga untuk berfotopun sulit karena cahayanya kurang.

Di sana juga ada songket yang merupakan kain khas Palembang dan harganya bisa sampai jutaan tergantung kerumitan dari motif songket. Memang perlu dari pemerintah setempat untuk memperbaiki sarana dan fasilits museum ini supaya banyak orang berminat datang ke sana atau membuat sesuatu yang lain di museum agar disukai masarakat temasuk pelajar yang harus banyak belajar di sana.

                                Di depan pelamina adat Palembang