Kamis, 14 Februari 2013

Praktek Titrasi di Laboratorium Comfeed


                                                  Menghitung kadar NaCl dengan titrasi

Pada pembelajaran terutama di bidang IPA, tentunya ketrampilan proses sangat dipentingkan ,karena dengan ketrampilan proses ini siswa akan lebih mengerti bagaimana suatu hal bisa terjadi dengan alasan yang bisa dipertanggungjawabkan. Memang tidak semua sekolah mempunyai laboratorium IPA yang komplit, tapi ketrampilan proses juga bisa dilakukan denagn memulai dari apa yang ada atau bisa dilakaukan di luar sekolah .

Titrasi di sekolah memang diajarkan tetapi hanya terbatas pada titrasi asam dan basa saja dan kebanyakan alat buretnya pun jumlah terbataas sehingga satu alat terpaksa dipakai beramai-ramai. Untungnya di sekolah siswa jumlahnya sedikit sehingga satu buret bisa dipakai hanya dua orang. Akibatnya siswa lebih bisa belajar dan menguasai lat dengan trampil karena tidak harus berbagi dengan banyak siswa lainnya. Kesulitan dari siswa itu adalah faktor kesabaran dan ketelitian yang mereka masih sering terburu-buru sehingga menentuka titik ekivalennya yang tidak teliti.

                                                 Menghitung kadar protein dengan titrasi

Siswa di sekolah hanya melakukan titrasi yang sederhana sedangkan titrasi banyak digunakan di industri, lembaga penelitian, dan lembaga pemerintah dan rumah sakit. Oleh sebab itu untuk memberikan penaglaman bagi siswa bahwa titrasi bukan hanya bisa untuk mengukur konsentrasi asam dan basa saja maka saya mengajak mereka mengunjungi laboratorium Comfeed , perusahaan makanan ternak.

Siswa dibagi menjadi tiga kelompok, tiap kelompok melakukan percobaan menghitung kadar protein, kadar air dan kadar NaCl dari sampel makanan ternak yang ada di sana. Semua dilakukan dengan titrasi. Sebelum melakukan percobaan mereka diberi penerangan oleh kepala Laboratorium di sana , dasar teori dan cara kerjanya. Baru siswa mencobanya dengan bimbingan karyawan yang ada di sana.

Siswa ternyata melakukan  titrasi dengan mudah karena mereka sudah pernah di sekolah dan sekarang di aplikasikan di laboratorium di suatu industri. Dengan demikan siswa dapat menarik manfaat yang banyak dari praktek di Comfeed, selain menambah wawasan , dapat meningkatkan ketrampilan dan lebih bisa mengerti lagi tentang materi titrasi yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari

                          Menimbang sampel sebelum dimasukan ke oven untuk mencari kadar air