Selasa, 29 Oktober 2013

Menyusun potongan kertas menjadi gambar yang melambangkan faktor yang mempengaruhi kesetimbangan.

           
 Hari ini, masuk materi faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan. Anak-anak berkelompok menjadi 4 kelompok dan masing-masing dapat satu amplop kecil. Didalamnya terdapat potongan -potonga kertas kecil yang harus disusun oleh masing-masing kelompok. Setiap kelompok harus menyusun kertas-kertas tersebut dan bila sudah tersusun , di sana akan terlihat gambar dan tulisan , dimana gambar tersebut melambangkan makna tulisan. Yang sudah selesai harus memeperagakan apa yang ada di gambar.

          Dari menyusun kertas tersebut , siswa dapat mengetahui 3 faktor yang mempengaruhi kesetimbangan yaitu suhu, konsentrasi dan volume. Baru dari situ saya menerangkan ketiga faktor tersebut dan bagaimana bisa mempengaruhinya. Dengan latihan soal dengan cara Battle Time yaitu waktu berperang dimana dua orang diadu untuk menyelesaikan soal di papan dengan cepat dan tepat. Ternyata seru sekali, karena setiap anak berlomba-lomba untuk mendapatkan poin setinggi mungkin.

Akhirnya selesai dengan kesimpulan yang digambarkan dengan gerak dan lagu. Menggunakan lagu "Bujangan" Koes Plus yang diganti liriknya.

Begini nasib kesetimbangan
dimana-mana selalu bergeser
ke kiri dan juga kekanana
suhu, konsentrasi dan juga volume , oh
itu semua yang dapat mempengaruhinya.
Gerakan dan lagu yang menggambarkan faktor kesetimbangan kimia


Akhirnya selesai materi faktor kesetimbangan  dengan menyenangkan , siswa dapat mengerti lebih mudah dengan kegembiraan pastinya...