Minggu, 26 Agustus 2018

Megahnya Vihara Dewi Kwan Im




Kalau lihat vihara itu aku paling suka, karena warna merah yang dominan bikin terlihat semarak. Belum lagi pernak pernik yang selalu indah. Jadi waktu ke Belitung juga mengunjungi salah satu vihara tertua dan terbesar di Belitung yaitu vihara Dewi Kwan Im. Dewi Kwan Im sering berdoa di salah satu batu yang terdapat dalam vihara tersebut.Dan tempat sembayang itu disebut dengan Kon Im. Konon ada peristiwa aneh saat pembangunan vihara ini.Konon sebelum ada vihara ini ada patung Budha yang muncul pada permukaan laut.Sejak kejadian itulah vihara ini dibangun. Vihara ini letaknya di desa Burung Mandi Kecamatan Manggar, kabupaten Belitung Timur. Latar belakangnya terdpata gunung yang bernama Burung Mandi juga.Vihara ini selain dikenal dengan Vihara Burung Mandi karena terletak di desa Burung Mandi juga dikenal dengan nama Vihara Dewi Kwan Im, walau sebenarnya bernama Vihara Budhayana yang tertulis di depan pintu gerbangnya.Dewi Kwan Im, ini Dewi yang punya sifat penyayang dan welas asih.




Memasuki vihara ini akan terlihat patung besar Dewi Kwan Im yang terletak di tempat yang tinggi. Dan ada beberapa tempat untuk sembahyang. Suasana merah dominan seperti vihara-vihara lainnya. Kemegahan terlihat setelah kita naik tangga ke patung tersebut. Gagah berdiri dengan patung yang besar. Dari sini kita bisa melihat gunung Burung Mandi, bahkan kalau beruntung bisa melihat kawanan monyet turun dari bukit. Di vihara ini banyak undakannya. Welas .Shimunyo tempat sembahyang terletak dekat tangga . Naik sedikit ada lokasi kedua untuk bersembahyang yaitu Sitiyamuni dan yang terakhir dikenal dengan  Kon Im. Banyak dikunjungi saat perayaan imlek dan waisak.Di bagian pertama tempat bersembahyang digunakan untuk berdoa ke Dewi Kwan Im, untuk tempat sembahyang kedua digunakan untuk bersembahyang untuk Budha dan yang terakhir digunakan untuk sembahyang pada topekong atau dewa laut. Terdapat kolam tujuh bidadari , dimana pengunjung bisa melemparkan koin sambil mengucapkan doa dan permohonan.



 

Vihara ini bukan diguanakan  untuk beribadat , vihara ini juga digunakan untuk tujuan wisata.Karena pemandangan yang ada di sekitar vihara begitu indah dengan latar belakang Gunung Burung Mandi. Banyak keunikan dari vihara ini sebagai daya tarik bagi wisatawan. Keindahananya , dari sini selain bisa melihat latar belakang gunung juga saat di atas bisa melihat pantai Burung Mandi juga. Lokasinya yang sejuk karena berada di atas bukit bikin suasana jadi nyaman. Bangunan ini kaya sejarah dan sudah lebih dari 2 abad adanya.Pengunjung juga bebas berfoto bahkan bisa menggunakan pakaian cina kuno yang tersedai di kuil.. Ternyata vihara ini juga terkenal ke mancanegara. Jadi tak ada salahnya untuk bisa berkunjung ke vihara ini. Bagiku tempat ini memberikan nuansa lain di tengah-tengah masarakat luar yang mayoritas beragama muslim. Sedikit kesejukan dalam hati kala keberagaman bisa terlihat begitu indah. Dan rasanya puas melihat keindahan vihara . Dan susana religinya juga terlihat. Suasana yang sepi sangat mendukung orang-orang untuk sembahyang.



43 komentar:

Anisa mengatakan...

Kalau menurut saya kombinasinya sudah bagus.

Mega mengatakan...

Di kota ku juga ada vihara tempat beribadah seperti ini.

Alvi mengatakan...

Selain untuk tempat beribadah, vihara biasanya juga buat tempat wisata.

Sasa mengatakan...

Saya juga sering dulu main kesini. Bagus dan indah tempatnya.

Yose Suparto mengatakan...

TRADING ONLINE TERPERCAYA
Ini dia, Broker Trading yang Transaksi Aman dan Proses Cepat
HASHTAG OPTION merupakan platform trading Binary Option berbasis di Indonesia.
Kami menawarkan produk-produk Cryptocurrency & Forex.

yuk gabung yukkk visit link nya www.hashtagoption.com
Minimal DP Rp. 50.000,- dapat BONUS Depo awal 10%** T&C
- Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
- Sistem Edukasi Professional
- Trading di peralatan apa pun
- Ada banyak alat analisis
- Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
- Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT

Ada BONUS REFERRAL juga lohhh...
Bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover....

Kami juga menyediakan AKUN DEMO untuk Trader HASHTAG OPTION yang ingin berlatih, sampai kamu benar-benar bisa menuju AKUN REAL

Tika mengatakan...

Nenek saya kalau sembahyang juga di vihara.

diana mengatakan...

Banyak barang unik di vihara.

Reyne Raea mengatakan...

Keren banget mba, udah sepi, udara sejuk, bukan hanya bersembahyang jadi khusuk, bahkan buat wisata juga asyik banget :)

Tira Soekardi mengatakan...

oh gitu ya mbak anisa

Tira Soekardi mengatakan...

hampir setiap kota juga ada ya mbak mega

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak alvi

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak sasa

Tira Soekardi mengatakan...

oh gitu ya mbak tika

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak diana

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak reyne

Mei Wulandari mengatakan...

Aku jg suka lihat vihara Mbak. Ornamen nya punya ciri khas tersendiri, merah dengan sentuhan chinese gitu.

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak mei, selaalu terlihat ceria dg warna merahnya

Eri Udiyawati mengatakan...

Tempat sekitarnya juga adem, tenang.. Selain untuk sembahyang bagi umat Budha, bisa juga untuk tempat wisata ya.

Ursula Meta Rosarini mengatakan...

Aku suka bgt jalan2 ke Vihara, gedung & arsitektur bangunannya bagus, banyak spot foto juga hihihi. Apalagi kebanyakan warna merah kan, warna kesuakaanku hehe

Daruma mengatakan...

Suerrr kyk di luarnegeri...
Pengen ke belitung jg jadinya hehe

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak eri

Tira Soekardi mengatakan...

sama dong mbak ursula

Tira Soekardi mengatakan...

oh gitu ya mbak daruma

antung apriana mengatakan...

wah kalau dengar nama dewi kwan im saya ingatnya langsung ke legenda ular putih. heu

Bella agmia mengatakan...

Wajah indah banget.. jadi penasaran. Jadi tempat ini diutamakan untuk wisatawan ya bukan beribadat.. soalnya kalo 2 tujuan sekaligus emang takutnya mengganggu org yang sedang beribadat. Tempatnya menarik nih buat magnet wisatawan luar maupun dalam.. tks sharingnya mamah Tira. Btw, blog nya jalan2 Mulu ya hehe

Tira Soekardi mengatakan...

oh begitu ya mbak antung

Tira Soekardi mengatakan...

oh mbak bela, kalau yang untuk ibadahnya kita dilarang masuk,

Matius Teguh Nugroho mengatakan...

Patung Dewi Kwan Im-nya mirip banget sama Vihara yang aku kunjungi di Pulau Bangka. Pokoknya ini jadi spot wajib kalo ke Belitung, yekan.

Btw, bener ini viharanya BUKAN digunakan buat ibadah? Atau itu mbak salah ketik?

Tira Soekardi mengatakan...

makasih koreksinya mas Matius itu harusnya bukan hanya untuk ibadah

Nurul Sufitri mengatakan...

Wah, seru banget mb Tira jalan2 ke sini sama keluarga. Btw inget Dewi Kwan Im jd ingat serial Si Ular Putih dulu di tv hihihi :D Latar belakang viharanya bagus ya :) Pengetahuan secara langsung nih tentang sejarah oke juga kan selain dpt dari sekolah.

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak nurul, latar belakang gunung dan hutan bikin adem lihatnya

Kurnia amelia mengatakan...

Cantik ya tempatnya,, adem banget pasti disana.

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak kurnia karena di kaki gunung jd adem

Yose Suparto mengatakan...

BROKER TERPERCAYA
TRADING ONLINE INDONESIA
PILIHAN TRADER #1
- Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
- Sistem Edukasi Professional
- Trading di peralatan apa pun
- Ada banyak alat analisis
- Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
- Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

Erlina Fitriani mengatakan...

Viharanya bagus ya mb.. Btw, d sini juga ada banyak vihara loh, sile main ke kota Tanjungpinang:)

Tira Soekardi mengatakan...

iya, oh tanjung pinang apalagi wisata yang bisa dijajal di sana

Siti Faridah mengatakan...

Aku belum pernah ke Vihara. Di Semarang ada tapi aku belum pernah ke sana. Asik ya wisata di Vihara, mbak. Banyak spot foto menarik.

Tira Soekardi mengatakan...

mbak siti, aku suka sekali ke vihara karena arsitekturnya , warnanya yang cerah dan tempat peribadatannya yang selalu unik

Kisah Foto mengatakan...

Baca ini jadi ingat dewi kwan im yang di film kera sakti, cuantik banget hahaha

Tira Soekardi mengatakan...

kisah foto, cantik, bisa jadi

Meylisa Agustina mengatakan...

wah baguuus Vihara nya yaaa... jadi pengen kesana!

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak meylisa

obat kuat viagra asli mengatakan...


viagra
viagra asli
jual viagra
toko viagra
viagra usa
viagra original
obat viagra
viagra pfizer
obat kuat viagra
obat viagra asli
agen viagra
agen viagra asli
apotik viagra
apotik viagra asli
toko viagra asli
jual viagra asli
jual pil biru
toko pil biru
jual obat kuat
toko obat kuat
viagra asli pfizer
viagra asli usa
viagra asli original
viagra jakarta
viagra di jakarta
viagra asli jakarta
viagra asli di jakarta
obat kuat jakarta
obat kuat di jakarta
obat kuat asli jakarta
jual viagra jakarta
jual viagra di jakarta
toko viagra jakarta
toko viagra di jakarta
agen viagra jakarta
apotik viagra jakarta
toko obat kuat jakarta
toko obat kuat di jakarta
titan gel jakarta
titan gel asli jakarta
titan gel asli
titan gel
jual titan gel
toko titan gel
obat cialis
obat kuat cialis
jual cialis
toko cialis
cialis asli
cialis jakarta
cialis asli jakarta

Posting Komentar