Minggu, 02 September 2018

Menggambar Dengan Metode Tarik Benang



Menggambar adalah aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak. Walau yang tidak berbakat juga mereka akan selalu suka menggoreskan pinsil di atas buku gambar. Dan mewarnai apa yang mereka suka. Makanya saat menggambar biarkan mereka bebas mengekspresikan imajinasinya. Biarlah mereka bebas mewarnai apa saja yang mereka mau tanpa harus kita suruh dan paksa untuk menggunakan warna apa saja. Dan kegiatan menggambar juga rutin aku adakan di komunitas anak Circle of Happiness. Dan beberapa metode menggambar sudah aku ajarkan pada mereka. Dan mereka bebas menentukan apa yang mereka gambar. Kali ini aku mnegajarkan menggambar dengan metode tarik benang.


Metode yang aku ajarkan kali ini memang sederhana sekali. Tapi ini bagi yang sudah mahir bisa menjadi lukisan yang indah. Untuk keperluan kali ini aku hanay mengharapkan anak-anak bisa mengerjakan sesuai tahap-tahap yang aku ajarkan dan bentuk dan warna mereka yang bebas memilih. Manfaat metode ini bagi anak-anak sangat banyak seperti

  • 1.      Konsentrasi. Anak harus bisa konsentrasi pada apa yang dia buat. Mencelupkan benang pada warna dan menaruhnya di atas permukaan kertas butuh konsentrasi.

  • 2.      Ketelitian. Menaruh dan menarik benang butuh ketelitian.

  • 3.      Kreatifitas. Membuat anak berkreasi dalam bentuk gambar, warna sesuai imajinasi mereka.

  • 4.      Ketrampilan motorik mereka akan berkembang.

  • 5.      Kesabaran dibutuhkan agar kertas tidak sobek.

Begitulah manfaat yang bisa diambil dalam kegiatan emnggambar kali ini. Banyak manfaat yang bisa diraih anak-anak. Dengan bahan sederhana akan meningkatkan banyak kemampuan anak-anak.

Bahan yang dibutuhkan daalm kegiatan ini

  • 1.      Benang kasur

  • 2.      Cat poster

  • 3.      Kertas HVS

  • 4.      Alat pengaduk

Cara membuatnya

  • 1.      Benang kasur dicelupkan pada pewarna. Beberapa benang kasur dicelupkan dengan warna yang berbeda. Yang tercelup sesuai dengan keinginan kita, bisa sedikit atau banyak.

  • 2.      Kemudian beberapa benang yang sudah dicelupkan pewarna masing-masing diletakan di atas kertas HVS. Cara meletakannya sesuai dengan keinginan.

  • 3.      Kertas dilipat dengan benang yang sudah ditaruh tadi tertutupi.

  • 4.      Tekan kertas dengan tangan kiri dan tarik benang dengan tangan kanan perlahan

  • 5.      Setelah benang keluar semua kertas dibuka dan akan terlihat pola dari gambar tersebut.


Begitulah sederhana bukan. Anak-anak dibagi enam kelompok. Masing-masing mendapat satu kertas HVS, dan tiga macam pewarna poster. Merah, hijau dan kuninng yang sudah diencerkan dengan air. Anak-anak mulai mencelupkan benang ke pewrna . Bahkan ada yang mencelupkan benang tersebut ke beberapa warna sehingga ada kombinasi warna. Tiap anak mulai menaruh benang di atas permukaan. Beberpa menetes cat pewarnanya di kertas. Seharusnya saat mengangkat benang yang dicelupkan di kertas , benang agak digoyangkan terlebih dahulu agar cairan gak ada yang emnetes lagi. Kalau ada yang menetes akan jelek nantinya. Menutupnya dengan melipat kertas atau bisa dengan kertas lain. Tangan kiri menekan dan tangan kanan menarik benang. Dan saat dibuka mereka suka dengan hasilnya. Dan dijemur agar kering..


Ternyata dengan kegiatan sederhana ini membuat anak-anak banyak merasakan manfaatnya tanpa mereka sadari. Proses belajar terjadi. Dan ini bisa terlihat dengan beberapa anak yang sudah lama ikut komunitas ini punya banyak kemampuan yang mereka dapat dari proses belajar di sini. Jadi tak ada salahnya kegiatan ini bisa dicoba di rumah bersama anak-anak. Selain memberikan manfaat buat anak-anak keseruan bersama anak-anak akan memberikan ikatan kuat antara orang tua dan anak. Dan anak akan bangga dengan hasil karyanya. Biasanya hasil gambar ini akan aku jilid jadi satu dan diberi sampul yang menarik. Anak-anak akan suka melihat-lihat kembali karya mereka dan bangga dengan hasil karyanya.


43 komentar:

Bella agmia mengatakan...

Aku baru tahu metode tarik benang ini, memang ciptaan mamah Tira kah? Kegiatannya sangat unik dan menarik mungkin bisa aku praktekan langsung untuk anakku di waktu senggang.

Nyayu amibae mengatakan...

Salam kenal mbak, kunjungan balasan
Terima kasih sdh berkunjung di blog ku
Eh, kayaknya keren tuh metode tarik benang, jd pingin coba sekaligus minta diajarin juga merajut ☺

Anisa mengatakan...

Metode menggambar menggunakan benang yang seperti ini sangat kreatif:))

Tika mengatakan...

Aku juga baru tahu nih ada metode menggambar seperti ini. heheh :))

Mega mengatakan...

Pengen coba juga praktekkan dirumah :))

Alvi mengatakan...

Bahan nya juga mudah didapat ya, jadi pengen coba juga :))

Tira Soekardi mengatakan...

bukan ciptaan saya mbak bella, lihat di internet, kalau yang untuk dewasa mah bisa berbentuk tp saya nyoba ternyata susah banget

Tira Soekardi mengatakan...

wah kalau dekat bisa belajar merajut ya mbak nyayu

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak anisa

Tira Soekardi mengatakan...

iya jarang digunakan kali mbak Tika

Tira Soekardi mengatakan...

silahkan mbak mega

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak alvi mudah bisa dicoba

Astrid Prasetya mengatakan...

Wah, baru tahu ada menggambar metode tarik benang. Patut dicoba nih. Keren.

farida mengatakan...

eh lucu bgt. bisa dicoba nih

Bunda Biya mengatakan...

aaah jadi inget pelajaran SD dulu hihihi :D

Tira Soekardi mengatakan...

silahkan dicoba mbak astrid

Tira Soekardi mengatakan...

begitu ya bunda biya, jaman aku sd belum ada

Tira Soekardi mengatakan...

silahkan dicoba mbak farida

Aprilely Ajeng Fitriana mengatakan...

waaah.. seru nih mbak. pernah liat di instagram, tapi belum pernah coba sendiri. sepertinya menarik :)

Aminnatul Widyana mengatakan...

COcok buat anak2 SD ya Mom, ah... Jadi ingat waktu aq masih ngajar SD dulu. Ada juga teman2 yg mraktekin keterampilan dg cara ini. Bukan aku sih.

Tira Soekardi mengatakan...

bisa dicoba mbak ajeng

Tira Soekardi mengatakan...

iya untuk anak Sd mbak aminnatul tapi kalau yg ahli bisa menjadi bentuk yang apik

Mugniar mengatakan...

Pasti menarik buat anak-anak main "tarik benang" pakai warna-warni seperti ini. Pengen lihat karya-karya lainnya, Mbak :)

Keke Naima mengatakan...

Bikin anak-anak senang kegiatan seperti ini

Erlina Fitriani mengatakan...

Waahhh saya jadi pengen nyoba bareng anak2 sy mb.. Terima ksh inspirasinya:)

Erlina Fitriani mengatakan...

Waahhh saya jadi pengen nyoba bareng anak2 sy mb.. Terima ksh inspirasinya:)

Dewi Ratih Purnama mengatakan...

Wa seru banget ini... bikin penasaran sama hasilnya setelah ditarik ya

Tira Soekardi mengatakan...

wah sudah saya jildi mbak niar biar anak-anak bangga

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak keke

Tira Soekardi mengatakan...

silahkan mbak erlina

Tira Soekardi mengatakan...

iya karena setiap anak akan beda walau cara meletakannya sama, begitu mbak dewi

Farid Nugroho mengatakan...

sepertinya anak-anak lebih sabar untuk melakukannya daripada orang dewasa, hehe

Tira Soekardi mengatakan...

belum tentu juga mas farid, ada yang kertasnya robek saat benang ditarik

Sandra Hamidah mengatakan...

Kebayang jadi abstrak dan artistik ya bu, tfs ya😉

Kisah Foto mengatakan...

Wah musti telaten kalau bikin karya beginian hehehe :D

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak sandra

Tira Soekardi mengatakan...

kisah foto , betul harus sabar

Creative Huntress mengatakan...

Menarik ya..dan anak anak jadi kreatif.

Tira Soekardi mengatakan...

betul creative hunters

Padang Ilalang mengatakan...

aaahhhhh.... postingan ini mengingatkan saya dengan masa kecil dulu. sebagai anak yang tergila gila dengan sesuatu yang berhubungan dengan seni, saya sangat menggilai kegiatan semacam ini. sampai sekarang pun masih suka.

saya sagat setuju kalau kegiatan seperti ini akan memberi banyak manfaat,salah satunya adalah memacu kreativitas mereka. Semangat terus ya mbak menulisnya.

Tira Soekardi mengatakan...

makasih padang ilalang

Meylisa Agustina mengatakan...

Dulu aku sempat hobi bikin lukisan tarik benang lhoooo! kayaknya bagus nih buat dijadikan kegiatan akhir pekan hehehehe

obat kuat viagra asli mengatakan...


viagra
viagra asli
jual viagra
toko viagra
viagra usa
viagra original
obat viagra
viagra pfizer
obat kuat viagra
obat viagra asli
agen viagra
agen viagra asli
apotik viagra
apotik viagra asli
toko viagra asli
jual viagra asli
jual pil biru
toko pil biru
jual obat kuat
toko obat kuat
viagra asli pfizer
viagra asli usa
viagra asli original
viagra jakarta
viagra di jakarta
viagra asli jakarta
viagra asli di jakarta
obat kuat jakarta
obat kuat di jakarta
obat kuat asli jakarta
jual viagra jakarta
jual viagra di jakarta
toko viagra jakarta
toko viagra di jakarta
agen viagra jakarta
apotik viagra jakarta
toko obat kuat jakarta
toko obat kuat di jakarta
titan gel jakarta
titan gel asli jakarta
titan gel asli
titan gel
jual titan gel
toko titan gel
obat cialis
obat kuat cialis
jual cialis
toko cialis
cialis asli
cialis jakarta
cialis asli jakarta

Posting Komentar