Minggu, 30 September 2018

Hobi Naik Sepeda




Baru-baru ini suamiku menekuni hobi naik sepeda. Ini semua gara-gara ada event sepeda santai di kantornya. Kebetulam dulu juga pernah bersepeda tapi entah mengapa jarang digunakan. Sepeda satu-satu diberikan kepada orang lain. Tinggal satu sepeda yang dibeli saat anak bungsuku kuliah di Bandung. Tujuannya untuk olahraga agar tubuh sehat dan menghilangkan stres saat banyak ujian. Ternyata sepeda itu hanya beberapa kali digunakan dan terakhir digunakan malah sampai rusak. Ada girnya yang putus. Akhirnya dibawa kembali ke rumah. Dan saat ada even ini, akhirnya sepeda ini dikeluarkan dari garasi dan mulai dibersihkan . Yang rusak diperbaiki. Agar terlihat bagus mulai ditambah asesoris sepeda, seperti sarung jok, lampu depan dan belakang, tempat minum, tas dan klakson sepeda. Dari even inilah suamiku mulai rutin bersepeda. Tapi aku agak kawatir karena kakinya yang ada pennya. Makanya dia juga membatasi diri untuk tak terlalu jauh bersepeda , yang penting tubuh bergerak dan berkeringat sehingga ada kalori yang terbuang.

Memang bersepeda ini terlihat berat ya, karena harus dikayuh. Apalagi kalau jalannya nanjak butuh tenaga ekstra. Tapi semua itu bisa disiasati agar bersepeda tetap bisa nyaman. Tentunya kita harus menyiapkan kondisi yang prima. Untuk melakukan ayunan jangan menggunakan tenaga penuh karena akan cepat lelah. Ayuhan pedal yang konstan akan memudahkan dan tak membuat menjadi cepat lelah. Begitu juga mengatur gigi sepeda harus tepat agar kaki tak mudah lelah mengayuh. Kalau sudah lelah untuk mengganti posisi badan sehingga mengurangi pegal di tubuh. Begitu juga harus pandai mengatur pernafasan kita sehingga rasa lelah tak mudah menghampiri kita. Kalau lelah bisa istirahat tapi jangan juga beristirahat terlalu lama karena otot yang sudah mulai lentur akan jadi kaku kembali. Minum setiap satu jam sekali agar tak mengalami dehidrasi pada tubuh kita.

Begitulah kalau ingin santai dan nyaman bersepeda sehingga manfaat bersepeda bisa diambil seperti.

  • 1.      Mengendalikan berat badan. Dengan bersepeda akan meningkatkan metabolisme, membakar lemak yang ada dan membangun otot.

  • 2.      Mengurangi resiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Karena dengan bersepeda akan memperkuat otot jantung, memperlancar aliran darah di pembuluh darah dan mengurangi kadar lemak darah.

  • 3.      Mengurangi resiko diabetes. Kurangnya aktivitas bisa memicu adanya diabetes.

  • 4.      Meningkatkan kekuatan , koordinasi dan keseimbangan otot.

  • 5.      Mengurangi stres. Dengan aktivitas bersepeda akan mengeluarkan hormon dopamin yang memberikan rasa bahagia.


Banyak juga manfaat yang bisa didapat dengan bersepeda. Bahkan ada sebuah studi bagi lansia yang rajin bersepeda dapat mengurangi nyeri lutut dan osteoartritis. Tentunya ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat bersepeda. Penggunaan sarung tangan diperlukan agar guncangan dari benturan jalan ke stang bisa diredam oleh sarung tangannya , tak langsung ke tangan. Sekali-kali untuk mengegerakan tangan agar tangan tak kaku dan kesemutan. Jangan lupa tekuk siku sedikit untuk mengurangi tekanan tangan pada setang. Duduk tegak agar meringankan tekanan tangan pada setang.Dan terakhir jangan menekuk pergelangan tangan karena ini akan memotong sirkulasi darah. 

Jadi niatkan kalau ingin bersepeda. Agar sepeda yang kita miliki jadi tak mubasir.Manfaat yang bisa didapat banyak dan tentunya harus mengikuti aturan bersepeda yang baik sehingga manfaatnya bisa didapat. Semoga hobi bersepeda suamiku ini tetap berlanjut agar tubuh tetap sehat apalagi usia sudah mulai menua.

35 komentar:

Eri Udiyawati mengatakan...

Ternyata dengan bersepeda banyak sekali manfaatnya ya. Dan yang paling penting bagi saya mengurangi stres karena Senin - Jumat ngublek-ngublek kerjaan terus. Perlu nih dicoba lagi bersepeda di saat hari libur.

farida mengatakan...

wah kebiasaan baik nih. moga sehat selalu :)

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak eri apalagi kalau bersepdanya banyakan ramai dan seru

Tira Soekardi mengatakan...

amin doanya mbak farida

Lidha Maul mengatakan...

saya punya sepeda mba Tira. Asli nganggur aja. Sedih :(
Semoga sehat2 selalu ya mba

Bunda Biya mengatakan...

manfaat bersepeda banyak ya mba.. jadi inget sepedanya ayahku yg ngannggur haha dulunya doyan sekarang udah jarang

Tira Soekardi mengatakan...

wah sayang ya mbak lidha

Tira Soekardi mengatakan...

betul bunda biya

Sugi Siswiyanti mengatakan...

Pas banget ulasan ini. Bersepeda salah satu olahraga favorit saya :)

Reyne Raea mengatakan...

Bersepeda itu olahraga yang asyik menurut saya, sayang saya gak pernah, gak punya sepeda hahaha.

Bapak mertua saya, sudah sakit jantung sejak lama, tapi Alhamdulillah hingga kini masih bugar berkat disiplin rutin bersepeda :)

Wisnu Tri mengatakan...

Wah. lama banget saya nggak bersepeda. Jadi pengen. Hehehe
Selain sehat, kalau sepedaannya bareng, kayak suami dari Mbak Tira gini, kan juga bisa bikin happy.

Nur Rochma mengatakan...

Aku paling malas bersepeda. Ini karena kontur tanah dekat rumahku yang naik turun. baru keluar rumah saja butuh tenaga ekstra. Lumayan bikin pegel. Kalau masih landai seperti di kotanya aku masih kuat.

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak sugi

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak reyne, apalgi kalau bersepedanya barengan

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak tri

Tira Soekardi mengatakan...

ya itu mbak nur, memang berat tapi bisa diakali dg sepeda yang bisa diatur untuk nanjak atau turun jd lebih ringan

tri mei lestari mengatakan...

Teh,,, kalau gak punya sepeda gimana >_<

Horas mengatakan...

Yes, gowes itu menyehatkan. Enaknya lagi kalau sepedaan bareng pasangan *cuit-cuit.. :)

Tira Soekardi mengatakan...

ya sudah olahraganya jalan santai saja mbak tri

Tira Soekardi mengatakan...

betul horas

Edwina Hidayah mengatakan...

Bener nih, bu Tira. Saya disarankan untuk bersepeda ketimbang lari untuk menurunkan berat badan, hehehe.

Sie-thi nurjanah mengatakan...

Membiasakan pola hidup sehat dengan hal sederhana, bersepada juga sangat menyehatkan

Tira Soekardi mengatakan...

nah itu dia mbak edwina

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak sie-thi

Sandra Hamidah mengatakan...

Baca ini jadi pengen bersepeda keliling Bandung deh

Tira Soekardi mengatakan...

wah asyik kayanya itu mah mbak sandra

Dian Restu Agustina mengatakan...

Sudah lama enggak sepedaan..jadi ingat sepeda di belakang rumah yang perlu diperbaiki biar bisa dipakai lagi. Baca ini jadi semangat mau sepedaan lagi :D

Tira Soekardi mengatakan...

semangat mbak dian

Nyovika Etiana mengatakan...

semoga konsisten bersepedanyaa :)

Tira Soekardi mengatakan...

amin , mbak eliana

Adam Muiz mengatakan...

Udah lama banget ngak naik sepeda lagi. kayaknya 10 tahun sudah sepeda rusak belum diperbaiki.

Bersepeda kalau gak ada teman rasanya kurang seru menurut saya.

Tira Soekardi mengatakan...

iya juga sih mas adam

Nurul Sufitri mengatakan...

Aku punya 5 sepeda di rumah nih. eh 6 deng yang 2 kecil punya anak2 dulu :) Sekarang udah gede beli baru deh :) Fakhri dan papanya suka naik sepeda ke UI dan Jagakarsa. AKu sih belum heheh mudah2an kpn2 mau naik sepeda juga. Biar langsing hihi :D

obat kuat viagra asli mengatakan...


viagra
viagra asli
jual viagra
toko viagra
viagra usa
viagra original
obat viagra
viagra pfizer
obat kuat viagra
obat viagra asli
agen viagra
agen viagra asli
apotik viagra
apotik viagra asli
toko viagra asli
jual viagra asli
jual pil biru
toko pil biru
jual obat kuat
toko obat kuat
viagra asli pfizer
viagra asli usa
viagra asli original
viagra jakarta
viagra di jakarta
viagra asli jakarta
viagra asli di jakarta
obat kuat jakarta
obat kuat di jakarta
obat kuat asli jakarta
jual viagra jakarta
jual viagra di jakarta
toko viagra jakarta
toko viagra di jakarta
agen viagra jakarta
apotik viagra jakarta
toko obat kuat jakarta
toko obat kuat di jakarta
titan gel jakarta
titan gel asli jakarta
titan gel asli
titan gel
jual titan gel
toko titan gel
obat cialis
obat kuat cialis
jual cialis
toko cialis
cialis asli
cialis jakarta
cialis asli jakarta

Haider Jamal Abbasi mengatakan...

Hja Guru
Asma ul Husna

Posting Komentar