Minggu, 21 Oktober 2018

Kenapa Harus Punya Hobi



Gambar dari sini 
 

Hobi adalah kesenangan , kegemaran yang dilakukan pada saat senggang. Punay hobi? Setahuku setiap orang pasti punya hobi walau hobi itu sederhana sekali.   Ternyata memiliki hobi itu memang bisa menyenangkan sekali. Ingat masa kecil, ada hobi yang terus berganti sesuai trend. Saat banyak anak suka ngumpulin perangko, aku ikuatn. Asyik sampai beralbum-album perangko sudah aku miliki, tapi kenyataannya berhenti begitu saja.  Eh berkembang ngumpulin pinsil yang unik-unik, mulai deh ikut-ikutan lagi. Dikumpulin sebanyak mungkin, bahkan rela uang jajan gak dihabiskan hanya untuk bisa membeli pinsil unik yang imut dan lucu. Dan mulailah trend bender dengan kertasnya yang bagus. Mulai lagi ngumpulin sampai akhirnya bosan sendiri. Mungkin saat itu aku masih belum punya ketetapan hati  sehingga sukanya ikut-ikutan teman.

Hobi yang aku tekunin adalah membaca. Hobi bacaku sih diturunkan dari ibuku. Beliau suka membaca. Tapi berhubung keuangan ibuku tak banyak, ibuku mencari akal agar hobinya dan hobi anak-anaknya bisa tetap berjalan. Akhirnya ibuku membuka perpustakaan . Mulai dari kecil-kecilan sampai akhirnya disediiakan ruang perpustakaan oleh pengembang perumahan. Dan aku bisa membaca banyak buku, karena sebelum masuk perpustakaan , pastinya aku dan adik-adiku lebih dulu yang baca.Begitulah hobi membaca terus berlanjut sampai aku dewasa, semua novel banyak aku baca. Tapi setelah meinikah, dimana mulai direpotkan dengan anak-anak yang butuh banyak perhatian makanya hobi membacaku tiba-tiba menghilang. Hal ini karena bisa berbahaya, aku kalau sudah baca tak bisa distop harus bisa cepat selesai. Dan itu gak mungkin, bisa-bisa pekerjaan rumah tangga bisa gak selesai dan anak gak keurus. Akhirnya hobi menghilang dalam kehidupanku.

Setelah anak-anak dewasa dan sudah bekerja dan aku tinggal berdua dengan suami, merasakan banyak waktu kosong. Dan aku butuh kegiatan yang aku sukai. Ternyata aku jadi inget kesukaan aku dengan kerajinan tangan. Akhirnya aku punya hobi baru yang berhubungan dengan kerajinan tangan. Sebetulnya ini bukan hal yang baru karena aku memang suka sekali kerajinan tangan. Aku masih ngat dulu saat sekolah untuk pelajaran prakarya aku  selalu menonjol karena selalu bikin karya unik yang teman lain gak bikin. Sekarang aku mulai merajut kembali. Aku dulu jaman remaja belajar merajut dari ibuku. Ibuku sih pintar sekali, gak perlu lihat pola sudah bisa. Aku hanya sekedar melihat saja dan mencobanya. Apalagi sekarang di youtube sudah banyak tutorialnya. Merajut akhirnya menjadi hobiku sekarang. Sudah banyak yang aku kerjakan dengan merajut dan tak pernah bosan. Selalu ada tantangannya. Hobi lainnya adalah membuat buket bunga dari kertas. Lumayan untuk hobi ini sudah ada yang suka pesan. Dengan hobi ini waktu luangku bisa terisi kembali.

Ternyata suamiku juga mulai punya hobi baru. Mungkin termotivasi istrinya , dia punya hobi juga. Walau dulu sering ditanya hobinya apa? Tidur. Memang suamiku suka banget leyeh-leyeh di tempat tidur, sehingga suka dibilangin hobinya tidur. Kini dengan sepedanya, suamiku mulai menekuni sepeda. Setiap minggu selalu bersepdea. Dan sepedanay juga mulai ditambah dengan asesoris baru. Selain itu suamkiku mulai suka mengumpulkan mobil-mobilan dengan berbagai merek . Dari sana kita bisa belajar banyak jenis mobil dari yang model lama sampai model yang terbaru. Bahkan suamiku punya koleksi mobil tua , mobil yang bapakku pernah punya yang dibawa dari Amerika. Aku agak deg-degan kalau lagi jalan ke mall karena kalau ada mobil-mobilan baru pasti akan dibelinya. Tapi tak mengapa karena dari hobi akan menimbulkan kepuasamn yang membuat kita jadi merasa bahagia.

Makanya penting ya punya hobi dengan banyak  alasan yang bagi aku sih manfaat sekali seperti.

  • 1.      Menghilangkan stres. Banyaknya masalah yang kita hadapi akan membuat kita menjadi stres. Dan ini perlu pelampias yang positif, makanya dengan hobi akan menghilangkan stres karena kita melakukan apa yang kita suka.

  • 2.      Menambah jaringan pertemanan. Dengan hobi kita bisa masuk komunitas baik yang tatap muka atau lewat media sosial, dan akhirnya kita bisa menambah teman untuk berbgai informasi tentang hobi yang sama.

  • 3.      Menghasilan uang. Dengan hobi juga bisa memberikan rejeki tambahan, tapi bagi aku sih bukan hal yang utama. Ada yang beli syukur gak ada juga tak apa. Aku mah tak mau menjadi beban, karena bagiku hobi itu untuk menyenangkan hati.

  • 4.      Membuat pikiran lebih kreatif. Untuk membuat hobi menjadi menyenangkan dan tak membosankan , pikiran harus terus maju untuk membuat sesuatu yang baru. Dan ini butuh kreatifitas.

  • 5.      Menyehatkan tubuh. Dengan mengerjakan hal yang disukai itu membuat tubuh kita juga merasa nyaman , sehingga berperan bagi kesehatan tubuh baik jasmanai maupun rohani

  • 6.      Menjadi kebanggaan. Rasanya bangga saat orang mengapresiasi apa yang telah aku buat. Dan ini menjadi motivasi bagiku.

Jadi gimana, masih belum punya hobi atau gak tahu punya hobi atau belum bisa mengeksplore kemampuan diri? Punya hobi banyak manfaatnya dan bikin kita juga mempunyai pribadi yang lebih menyenangkan .

35 komentar:

Ursula Meta Rosarini mengatakan...

Bener banget mbak, hidup kok kayaknya hampa banget kalau nggak ada hobby, banyak banget manfaatnya kalau kita punya hobby. Manfaat utama yang aku rasakan skrg, me time saat jenuh & stress kerjaan, aku suka nonton badminton. Mengeksplore kemampuan menulis dgn blogging. Memperluas jaringan pertemanan dgn teman2 baru. Puji Tuhan dpn pemasukan juga dari menulis hihi

Tira Soekardi mengatakan...

wah asyik ya mbak ursula

Reyne Raea mengatakan...

Sama mba, saya juga suka baca banget dulu, tapi sekarang hobi tersebut udah sulit banget dilaksanakan mengingat waktunya lebih banyak buat anak-anak dan rumah.
Untungnya sih hobi nulis saya tetap ada dan sebisa mungkin dilakukan :)

Yuni Handono Channel mengatakan...

Betul sekali Mamah Tira....saya suka ngeblog...hobi pun bisa jadi pekerjaan yg menghasilkan bila ditekuni ya

Sabda Awal's Blog mengatakan...

harus punya hobi mbak, saya sering kali hobi dijadikan bahan pelarian dari sesuatu yang mengganjal pikiran. kalau saya hobinya banyak, ngeblog, nonton film, badminton dan main game komputer.

semua kegiatan ini rasanya ga bisa dilepas mbak, gimanapun harus tetap saya jalani, hehe udah jtuh cinta soalnya

Tira Soekardi mengatakan...

betul ya mbak reyne

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak yuni

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas sabda, hobi bikin hati senang

Rahmi Aziza mengatakan...

Dulu hobiku nulis. Setelah nulis jadi profesi kok kayaknya pengen punya hobi lain biar bisa sejenak keluar dari rutinitas ya.

Rohyati Sofjan mengatakan...

Hobi saya baca dan tulis, pengen juga belajar keterampilan lain kayak jahit atau prakarya. Namun ambil yang mudahnya dulu, belajar menggambar dari contoh yang ada di internet. :)
Salut Bu Tira punya hobi terampil, merajut dan bikin bunga kertas itu tak mudah. :)

Dita Arina Astrianda mengatakan...

Kok sama ya hobiku juga baca. Kadang bikin suami geleng2 kepala karena tiba2 ada kurir yang rajin anter pesenan buku2 online hehehe tapi kalau sudah bosen dengan bukunya biasanya aku jual murah atau aku sumbangin ke tempat2 mana aja

Lidha Maul mengatakan...

kalau soal kreativitas, mamahtira juara! blognya inspiratif lho. Kadang2 saya bertanya pada diri sendiri, kapan ya bisa kayak beliau (mamahtira maksudnya)

Tira Soekardi mengatakan...

wah itu perlu ya mbak rahmi untuk keluar dari rutinitas

Tira Soekardi mengatakan...

wah bikin perpustakaan mbak dita, jd dapat uang masuk bisa beli buku baru lagi

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak rohyati

Tira Soekardi mengatakan...

bisa saja mbak lidha ini, saya banayk belajar dari ibuku yang kreatif sampai usia 85 thn masih berkarya

Siti Nurjanah mengatakan...

Setuju dgn poin2nya, karena melakukan hal yg disukai memberi rasa bahagia hingga ke hati

Muhammad Rifqi Saifudin mengatakan...

Kalau aku sih sampai sekarang hobiku yang utama itu menulis, semoga bisa mencapai poin-poin yang di atas deh terhadap hobiku yang ini :D

Tira Soekardi mengatakan...

sip mbak siti

Tira Soekardi mengatakan...

amin mas muhammad

Farida mengatakan...

Betul bgt. Hobi bisa buat refreshing sekaligus penghasilan tambahan ya

dudukpalingdepan mengatakan...

Setuju banget bun, punya hobi membuat kita punya pelarian sejenak dari penatnya rutinitas atau membunuh rasa bosan :D

Edwina mengatakan...

Perlu punya hobi untuk stress reliever, bu. Blogging bagi saya adalah hobi, senang bisa menuangkan pikiran melalui blog dan dibaca orang.

Tira Soekardi mengatakan...

sip mbak farida

Tira Soekardi mengatakan...

dudukpalingdepan, setidaknya kita gak stres ya

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak edwina, stres jadi hilang karena hobi ya

Elfrida Chania mengatakan...

Paling seneng kalau hobi bisa disalurin jadi pekerjaan ya hehe

ewafebri mengatakan...

Iya mbak.. Hobbi juga mengalihkan perhatianku dari akun Gosip yang masif (haalaaah). Kalo nonton TV kan sering banget disuguhi Gosip2.. (duuuh).. Nah semenjak saya punya hobbi yang benar-benar saya tekuni. Sekarang udah gak pernah nonton gosip lagi.. 😁😁😁😁😁

Sains Box mengatakan...

Nah, kalo ditanya hobiku apa, ya ini nih...
hobiku 'ngeblog'
:D

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak elfrida

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbka ewafebri, kita senang dan melakukan hal yang bermanfaat dari pada nonton gosip

Tira Soekardi mengatakan...

sip sains box

SiKlimis mengatakan...

Kalo hobi ku jalan-jalan dan akhirnya aku tulis di blog juga

Tira Soekardi mengatakan...

wah asyik ya siklimis

obat kuat viagra asli mengatakan...

viagra
viagra asli
jual viagra
toko viagra
viagra usa
viagra original
obat viagra
viagra pfizer
obat kuat viagra
obat viagra asli
agen viagra
agen viagra asli
apotik viagra
apotik viagra asli
toko viagra asli
jual viagra asli
jual pil biru
toko pil biru
jual obat kuat
toko obat kuat
viagra asli pfizer
viagra asli usa
viagra asli original
viagra jakarta
viagra di jakarta
viagra asli jakarta
viagra asli di jakarta
obat kuat jakarta
obat kuat di jakarta
obat kuat asli jakarta
jual viagra jakarta
jual viagra di jakarta
toko viagra jakarta
toko viagra di jakarta
agen viagra jakarta
apotik viagra jakarta
toko obat kuat jakarta
toko obat kuat di jakarta
titan gel jakarta
titan gel asli jakarta
titan gel asli
titan gel
jual titan gel
toko titan gel
obat cialis
obat kuat cialis
jual cialis
toko cialis
cialis asli
cialis jakarta
cialis asli jakarta

Posting Komentar