Minggu, 25 November 2018

Anak-Anak Menanam Sawi Secara Hidroponik




Hidroponik merupakan salah satu alternatif bertanam yang sangatlah mudah dan banyak manfaatnya. Secara difinisi hidroponik adalah cara bertanam tanpa menggunakan media tanah, lebih mengutamakan media air yang sudah diberi dengan nutrisi. Walau ditanam dengan media air tapi kebutuhan air lebih sedikit dibanding dengan gunakan media tanah, sehingga cocok untuk daerah yang kurang pasokan airnya. Hidroponik berasal dari bahasa Yunani. Hidro artinya air dan ponik artinya budi daya . Tanaman yang biasa ditanam secara hidroponik seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan tanaman hias. 

Manfaat menanam secara hdirponik seperti :

  • 1.      Hidroponik ini sangat tak tergantung dengan tempat dan waktu. Hal ini karena dapat dikelola dengan manusia dan dengan kondisi yang bisa dikontrol.

  • 2.      Dapat dilakukan di lahan yang sempit .Bahkan bisa dibuat secara vertikal, atau dibuat di atas kolam ikan.

  • 3.      Bisa menghemat pemberian pupuk .Hal ini karena pemberian disesuaikan dengan kebutuhan tanaman.

  • 4.      Bebas dari hama dan penyakit yang berasal dari tanah

  • 5.      Tak perlu selalu menyiram tanaman  karena medianya sudah air.


Nah, dulu bu Lili sempat datang ke komunitas Circle of Happiness menerangkan tentang hidroponik dan memberikan contoh bagaimana menanamnya. Kali ini bu Lilih datang lagi untuk mengajarkan anak-anak untuk praktek menanam secara hidroponik dengan menggunakan barang bekas yaitu botol plastik.




Bahan yang dibutuhkan /yang dibawa anak-anak

  • 1.      Botol plastik ukuran 1,5 liter

  • 2.      Flanel

  • 3.      Pasir

  • 4.      Gunting

Cara mengerjakannya :

  • 1.      Botol plastik dibagi menjadi dua bagian . Bagian yang ada tutupnya dan bagian yang tidak ada tutupnya.

  • 2.      Tutupnya diberi lubang dan dimasukan kain flanel yang nanti digunakan sebagai sumbu penyerap air.

  • 3.      Bagian botol yang kedua yang tak ada tutupnya diberi air.

  • 4.      Dan bagian yang ada tutupnya diletakan di atas botol yang sudah diisi air dalam keadaan terbalik.Yang ada tutupnya dibawah sehingga kain flanelnya tercelup ke dalam air.

  • 5.      Bagian atas botol yang dibalik tadi diisi dengan tanah dan nutrisi yang dicampur jadi satu bagian.

  • 6.      Dari bibit tadi ditanam di atas permukaan tanah tadi dengan cara melubangi dan meletakan biji ke dalam lubang tersebut dan tutup dengan tanah.


Begitulah cara menanam secara hidroponik yang dilakukan oleh anak-anak. Masing-masing akan dibawa pulang dan dipelihara sampai tumbuh dan berkembang dengan baik. Rata-rata bibit yang ditanam anak-anak pada tumbuh. Dan karena banyaknya yang tumbuh sehingga sebagian dipisah di botol yang berbeda. Air akan ditambah kalau sudah menyusut. Agar tumbuh subur mereka isi dengan air cucian beras yang kaya nutrisi. Dari kegiatan ini anak-anak belajar hidoponik dan merasakan bagaimana menumbuhkan biji sampai biji tersebut tumbuh. Banyak manfaat yang bisa diambil oleh anak-anak. Menumbuhkan rasa cinta alam, fokus pada pemeliharaaan tanaman, kesabaran dalam memelihara tanaman. Dan masih banyak lagi . Dan tentunya ini semua dilakukan agar anak-anak juga terbimbing dengan baik soal hidroponik baik teori maupun prakteknya. Tak ada salahnya bisa mencoba dengan anak-anak . Kegiatan yang seru dan mendekatkan diri anak dengan orang tuanya.Jangan takut kotor, biarlah anak bereksplor dan bisa membuat pot cantik untuk hidroponik

29 komentar:

HENI Ajaa mengatakan...

Melatih anak2 spy mandiri jg y mbak

HENI Ajaa mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
dudukpalingdepan mengatakan...

Saya juga pengen belajar tentang hidroponik. Makasih infonya bun ^^

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak heni

Tira Soekardi mengatakan...

sama2 dudukpalingdepan

Lantana Magenta Hermosa mengatakan...

wah, anak anak diajarkan kreatif sedari dini.
thank you for sharing

Ruli Retno Mawarni mengatakan...

Pengen ngajarin anak-anakku juga bertanam hidroponik

Enny Ratnawati mengatakan...

aku dah lama banget pengen belajar soal hidroponik. nggak nyangka nemu di blog ini. ternyata anak2 bs nyoba juga ya.lebih asyik lg deh

tks ya sharringnya

Tira Soekardi mengatakan...

sama2 mbak magenta

Tira Soekardi mengatakan...

bisa dicoba mbak ruli

Tira Soekardi mengatakan...

silahkan mencoba mabk enny, ini caar sederhana untuk anak2

Eri Udiyawati mengatakan...

Bulan Agustus kemarin saya juga ikut pelatihan hidroponik, memang seru ya, Mbak Tira. Apalagi ini diajarkan langsung untuk anak-anak. Cara yang bagus untuk mengajarkan kepada mereka pentingnya menanam.

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak eri, ini cara yg paling sederhana shg anak2 bisa melakukannya sendiri

Yose Suparto mengatakan...

Hashtag Option merupakan Platform Trading Forex Terpercaya. Terdapat akun pembelajaran terkreditkan 10juta dan bonus 10%** minimal deposit 50.000,-. Rasakan pengalaman trading yang Light https://tinyurl.com/yc9xxzj9

Lisdha mengatakan...

Saya di rumah bikin beberapa botol dg metode ini. Anak2 suka bagian ngecat botolnya :)

Larasatinesa mengatakan...

Seru banget mbak menanam hidroponik, jadi pengen coba juga :D

donasaurus mengatakan...

Terinsiprirasi,untuk memanfaatkan limbah plastik botol dan standing pouch.nice post

Tira Soekardi mengatakan...

wah hebring mbak lisdha, anak2 jadi gembira dan dapat ilmu

Tira Soekardi mengatakan...

silahkan coba mbak laras

Tira Soekardi mengatakan...

betul donasaururs

Ninik Setyarini mengatakan...

kalo pengen masak sayuran gak usah beli ke pasar, hheehe

Lusi mengatakan...

Wah bisa dijadikan kegiatan rutin keluarga.

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak ninik

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak lusi

Lidha Maul mengatakan...

Hidroponik saya diganggu kucing:D
biasanya pagi2 ada aja yg berantakan. Tapi emang sih selalu menyenangkan aja

Tira Soekardi mengatakan...

wah memang kucingnya keterlaluan ya mbak lidha

Den sena mengatakan...

Jadi inget dulu pas buat kek gini ama tmen² 😅😅

Lusi mengatakan...

Keren sekali anak2 ini. Semoga ditularkan ke teman2nya.

obat kuat viagra asli mengatakan...


viagra
viagra asli
jual viagra
toko viagra
viagra usa
viagra original
obat viagra
viagra pfizer
obat kuat viagra
obat viagra asli
agen viagra
agen viagra asli
apotik viagra
apotik viagra asli
toko viagra asli
jual viagra asli
jual pil biru
toko pil biru
jual obat kuat
toko obat kuat
viagra asli pfizer
viagra asli usa
viagra asli original
viagra jakarta
viagra di jakarta
viagra asli jakarta
viagra asli di jakarta
obat kuat jakarta
obat kuat di jakarta
obat kuat asli jakarta
jual viagra jakarta
jual viagra di jakarta
toko viagra jakarta
toko viagra di jakarta
agen viagra jakarta
apotik viagra jakarta
toko obat kuat jakarta
toko obat kuat di jakarta
titan gel jakarta
titan gel asli jakarta
titan gel asli
titan gel
jual titan gel
toko titan gel
obat cialis
obat kuat cialis
jual cialis
toko cialis
cialis asli
cialis jakarta
cialis asli jakarta

Posting Komentar