Minggu, 11 November 2018

Tips Mencuci Mobil Sendiri




Mobil memang perlu perawatan yang baik, baik mesinnya maupun kebersihan bodinya. Walau saat bukan musim hujan pastinya banyak debu yang menempel di bodi . Jadi membersihkan bodi mobil tetap saja harus dilakukan . Sekarang mah sudah banyak tempat pencucian mobil dengan segala macam metode. Kita bisa memilihnya sendiri dan ini akan mengrangi tenaga kita untuk membersihkan mobil. Apalagi sekarang sudah ada yang menggunakan tenaga mesin sehingga sekali mencuci paling hanya 15 menitan.Tapi ternyata suamiku lebih suka mencuci sendiri , walau memang berat. Pulang kantor kalau terasa kotor maka langsung dia mencucinya. Katanya sih hitung-hitung buang kalori, lumayan sambil olahraga. Sekali-kali memang suka mencuci di tempat pencucian itu kalau mobil sedang dipinjam temannya. Kita sering gak sadar kalau mencuci mobil sendiri walau menguras tenaga ternyata lebih aman buat mobil kita. Kenapa?

  • 1.      Gak akan baret. Kalau cuci sendiri kita akan mencuci dengan hati-hati dan lap yang digunakan juga hanya dipakai satu mobil saja. Di tempat pencucian apalagi dengan alat otomatis yang digunakan berulang-ulang bisa menyebabkan baret pada mobil.

  • 2.      Kalau di tempat pencucian akan membersihkan dengan tekanan air yang kencang . Ini mengakibatkan tekanan pada bodi mobil yang memungkinkan cat mengelupas. Beda kalau sendiri kita bisa mengatur tekanan air untuk mencuci mobil kita.

  • 3.      Kita juga tak tahu sabun yang digunakan untuk mencuci mobil. Padahal mencuci mobil sampo yang digunakan harus mempunyaii ph yang seimbang dengan pH mendekati 7

  • 4.      Kalau di pencucian mobil apalagi yang gunakan hidrolik, mobil di cuci dari bawah ke atas, padahal yang benar dari atas baru bawah.

  • 5.      Nah ini yang paling penting, semakin sering mencuci mobil akan semakin hafal bagian mobil kita di luar maupun di dalam, sehingga kalau ada kerusakan sekecil apapun bisa terlihat.

Memang sih keputusan ada di masing-masing pengguna mobil. Suamiku jelas lebih memilih mencuci sendiri. Dia itu sangat apik dengan mobilnya. Kata banyak temannya mobilnya paling kinclong. Kalau saja mobilnya sedang dipinjam untuk ke lapangan, suamiku suka ngedumel kalau dalamnya mobil kotor karena banyak sampah. Dan yang paling apes ya akulah, kena omelannya. Sambil mencuci dan membersihkan mobil, sambil mengomel kalau orang itu gak bisa jaga kebersihan. Hiiiiiii.
Untuk membersihakn mobil kita harus mengikuti beberapa langkah yang perlu dilakukan seperti

  • 1.      Bersihkan dulu bagian interior dalam mobil. Buang sampah yang ada di dalam mobil, bisa juga pakai vacum cleaner buat membersihkan joknya. Karpet dikeluarkan dan dibersihkan di luar mobil . Gunakan kain micofiber untuk membersihkan bagian dalamnya. Untuk karpet kalau terbuat dari karet atau bahan sintetsis lainnya bisa dibersihkan dengan menyemprotkan air dan sabun. Atau kalau tak terlalu kotor bisa dikibas-kibasin di udara.

  • 2.      Baru bagian luar bodi yang dibersihkan. Semprot dengan air, termasuk bannya. Kemdiaan dibilas lagi dengan air kalau menggunakan sampo mobil. Stelah itu keringkan dengan kain kanebo. Dan ban adalah bagian yang terakhir dibersihkan.

Untuk melakukan pencucian mobil dibutuhkan alat dan perlengkapan seperti sabun cuci mobil yang bisa dipilih yang bagus. Kain kanebo yang berbahan microfiber karena bisa menghilangkan debu dan kotoran secara efektif. Ember dan slang air , kain pengering. Dan usahakan mencuci di tempat yang teduh. Memang sih membersihkan sendiri itu lebih membuat kita benar yakin akan kebersihannya. Dan hitung-hitung bisa bakar lemak dan membuat tubuh lebih sehat. Anggap saja sebagai olahraga. Apalagi kalau musim hujan tiba, hampir setiap hari mobil dalam keadaan kotor. Tapi hasil yang kita peroleh saat mencuci mobil sendiri akan terlihat pada keadaan bodi mobil. Kata suamiku asal ditemani dengan aku capai gak kerasa dan rasanya cepat selesai. Karena aku suka menemani suamiku cuci mobil, suamiku mencuci di garasi dan karena garasi dekat dengan teras depan rumah, aku duduk di teras sambil baca atau merajut, sekali-kali diselingi dengan oborlan ringan. Dan waktu akan terasa cepat. Tahu-tahu sudah selesai mencucinya. Mobil bersih, kami berdua bisa berkomunikasi tentang banyak hal . Kedekatan antara suami dan istri selalu terjaga, manfaat yang paling asyik bisa didapat. Mau coba?

34 komentar:

Eri Udiyawati mengatakan...

Memang cukup berat ya, kalau cuci mobil sendiri. Tapi ada baiknya juga. Iya, bener juga, selama ini enggak kepikiran kalau cuci mobil di tempat pencucian mobil, itu lapnya kan udah bekas berkali-kali. Kalau mencuci mobil sendiri tentunya akan lebih hati-hati dan kebersihannya lebih terjaga.

Nuno mengatakan...

Wah, benar2 dibutuhkan orang yang nggak malesan buat bersihin mobil. Lha saya motor aja males nyuci sendiri. wakakak. Nice info mbak

Siti Nurjanah mengatakan...

Klo paham proses cuci mobil sendiri enak ya mba, jadi hemat pengeluaran tanpa harus cuci diluar

nur rochma mengatakan...

Mencuci mobil sendiri itu berat. Biasanya pas weekend itu anak-anak ikut nyuci mobil dan main-main. Nggak bersih juga sementara air kemana-mana. Akhirnya nyuci mobil ketika anak-anak nggak di rumah atau ketika mereka punya kesibukan sendiri.

Yose Suparto mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Reyne Raea mengatakan...

Bener juga ya mba, mencuci mobil sendiri selain irit, juga bikin kita lebih kenal dan ngeh kalau ada yang rusak.
Pun kalau dilakukan berdua dengan pasangan bikin quality time bersama :)

Myra Anastasia mengatakan...

Kalau mobil udah kotor banget, saya lebih suka bawa ke tempat cuci mobil. Biasanya kalau cuci sendiri, kurang terjangkau kebersihan di bagian bawah

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak eri

Tira Soekardi mengatakan...

perlu niat yang kuat ya nuno

Tira Soekardi mengatakan...

iya mabk siti, suamiku orangnya apik banget

Tira Soekardi mengatakan...

memang begitu ya mbak nur, aank2 selalu mau ikutan , bagus sih tapi kadang maalh jadi merepotkan

Tira Soekardi mengatakan...

nah itu dia mbak reyne, menjadi ringan kalau dilakukan berdua

Tira Soekardi mengatakan...

memang betul paling sulit area bawah mobil ya mbak myra

Lily Kanaya mengatakan...

Wah romantisnya mba, aku juga mau coba hehe

Tira Soekardi mengatakan...

silahkan mbak lily

Rizal Abdillah mengatakan...

saya malah malas nyuci motor sendiri apalagi mobil segede itu yah wkwk

Tira Soekardi mengatakan...

wah, kali duitnya banyak ya mas rizal

Tri Sulistiyowati mengatakan...

Suaminya mba, tipenya mungkin sama kayak suamiku. Rajin bebersih mobil. Klo nyuci sampe lebih dr 1 jam. Ditliti detail...ada baret baru apa nggak....perfectionis banget sama mobilnya

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak tri, secapai apapun kalau kotor ya dibersihkan

Mugniar mengatakan...

Yang namanya barang sendiri, kita pasti lebih hati-hati dan tahu pasti memperlakukannya ya Mbak

Mang Lembu mengatakan...

enak banget kalau bisa nyuci mobil sendiri oleh sendiri, sayah mah justru selalu mencuci mobil milik orang lain...maklum kuli cuci mobil sih...hehe


ijin follow blognya yah

Muyassaroh mengatakan...

Ternyata banyak sekali manfaatnya ya, Bun mencuci mobil sendiri..

Ninik Setyarini mengatakan...

lumayan ya bisa bakar kalori.
tapi banyakan malesnya nih mbak, heheu

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak niar

Tira Soekardi mengatakan...

wah bisa dong cuci mobil di mang lembu

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak muyassaroh

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak ninik, perlu semangat 45 buat nyuci mobil

Nurul Sufitri mengatakan...

Wah, aku juga suka cuci mobil sendiri, kira2 1,5-2 jam deh luar dalam kudu bersiiiihh..sih ya. Puas banget kalo cuci sendiri. Tapi begitu cantik mobilnya, dibawa keluar eeh tiba2 hujan wkwkkwwk antara bersyukur dan mau mewek :)

Tira Soekardi mengatakan...

wah hebring mabk nurul, aku suka lihat tetanggaku yang nyuci mobilnya malah istrinya yang tinggal pakai suaminya

Lusi mengatakan...

Nggak berani saya mbak. TUnggu si bapak aja atau bawa ke cucian.

Bunda Erysha (yenisovia.com) mengatakan...

Doakan ya Bun. Semoga saya dan suami bisa segera punya mobil sendiri biar bisa langsung praktek hal di atas hihihi. Aaaminnn

Tira Soekardi mengatakan...

amin bunda erysha

obat kuat viagra asli mengatakan...


viagra
viagra asli
jual viagra
toko viagra
viagra usa
viagra original
obat viagra
viagra pfizer
obat kuat viagra
obat viagra asli
agen viagra
agen viagra asli
apotik viagra
apotik viagra asli
toko viagra asli
jual viagra asli
jual pil biru
toko pil biru
jual obat kuat
toko obat kuat
viagra asli pfizer
viagra asli usa
viagra asli original
viagra jakarta
viagra di jakarta
viagra asli jakarta
viagra asli di jakarta
obat kuat jakarta
obat kuat di jakarta
obat kuat asli jakarta
jual viagra jakarta
jual viagra di jakarta
toko viagra jakarta
toko viagra di jakarta
agen viagra jakarta
apotik viagra jakarta
toko obat kuat jakarta
toko obat kuat di jakarta
titan gel jakarta
titan gel asli jakarta
titan gel asli
titan gel
jual titan gel
toko titan gel
obat cialis
obat kuat cialis
jual cialis
toko cialis
cialis asli
cialis jakarta
cialis asli jakarta

Asuransi Mobil Garda Oto mengatakan...

Terimakasih informasinya, semoga bermanfaat

Posting Komentar