Minggu, 09 Desember 2018

Telaga Wahyu Yang Mistis




Telaga Sarangan yang berada di kaki gunung Lawu , ternyata sebelumnya juga terdapat sebuah telaga yang dikenal dengan telaga Wahyu. Kalau dari arah Magetan sebelum telaga Sarangan, tapi kalau dari arah Solo/Tawangmangu sesudah telaga Sarangan. Katanya gunung Lawu itu menyimpan berbagai macam misteri dan kisah mistik. Dan katanya pula gunung Lawu ini gunung yang terangker yang ada di pulau Jawa. Nah, telaga Wahyu juga punya cerita mistis juga. Telaga yang masih asri dan masih kalah pamor dengan telaga Sarangan.Walau ada di kaki gunung Lawu juga. Tepatnya berada di desa Ngerong  , kecamatan Plaosan , Kabupaten Magetan. Perlu diketahui loh dulunya telaga ini bernama telaga Wurung yang akhirnya diganti menjadi telaga Wahyu. Hal ini dikarenakan dengan istilah wurung yang artinya gak jadi. Katanya kalau pasangan datang kesini bisa putus. Di sana ada pohon randu . Usianya sudah ratusan tahun dan pohon ini dihubung-hubungkan dengan mitos yang ada di telaga.  Dulu pohon ini dihuni oleh nenek-nenek berbaju hitam yang memiliki kucing yang berbulu hitam juga.Dan malam hari nenek itu sering mengalami penampakan di telaga. Makanya digantilah namanya menjadi telaga Wahyu. Namun masih saja yang takut untuk datang ke sini.






Keberadaan telaga Wahyu ini banyak digunakan untuk orang memancing. Telaganya mencakup 10 ha dengan kedalaman 16 meter. Kalah pamor dari telaga Saarnagn karena pentaaannya juga masih belum baik.Warung-warung di tepi telaga juga ada dengan menu ikan, sate kelinci dengan ditambah wedang jahe dan wedang kopi sambil menikmati sejuknya udara di telaga.Walau warung yang ada gak sebanyak yang ada di telaga sarangan. Juga tidak terdapat warung yang menjual oleh-oleh dan cinderamata. Di sini tak ada satupun penginapan tapi di sini  terdapat bumi perkemahan bagi yang ingin berkemah. Kalau tidak mau memancing bisa naik perahu-perahu lucu yang tersedia di sana. Memang di sini masih asri dan alami, tidak seperti di telaga Sarangan.


Dan keindahan telaga Wahyu ini bisa terlihat dari atas , dari jalan menanjak ke arah telaga Sarangan. Dari kejauhan terlihat bentuk dari telaga yang dikelilingi oleh pegunungan dan hijaunya pepohonan. Dan dari kejauhan ini bisa difoto dengan latar belakang telaga Wahyu. Alamnya memang indah dan sedap dipandang. Dimana -mana tampak hijau dan warna biru tua warna danau dari kejauhan. Angin keras di atas membuat kita harus berhati-hati melangkah atau sekedar berfoto di sana. Jadi tak ada salahnya untuk juga bisa menikmati alam di telaga Wahyu ini. Mungkin bisa dilengkapi dengan banyak fasilitas  sehingga akan lebih banyak lagi orang tertarik berkunjung ke sana.


29 komentar:

Adi Pradana mengatakan...

Mungkin bisa diberi fasilitas jalan berkonblok di pinggir telaganya agar bisa dimanfaatkan untuk jogging, seperti Embung Tambak Boyo yang ada di jogja

Edwina mengatakan...

Menarik juga nih cerita urban legend Telaga Wahyu, belum banyak dilirik sebagai tujuan wisata nih.

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas adi, ini masih polos saja

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak edwina, masih sepi , kurang sarananya

Ursula Meta Rosarini mengatakan...

Kalau fasilitasnya lengkap telaga wahyu ini pasti akan jd tempat wisata yg ramai pengunjung hehehe

Tira Soekardi mengatakan...

betul sekali mbak ursula, aslinya sudah indah

Santi Dewi mengatakan...

di banyak daerah di Indonesia terkadang tempat wisata suka ada cerita di belakangnya ya mba, entah yg berbau mistis atau bahkan legenda

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak santi

Muna Sungkar mengatakan...

Kayanya masih belum terjamah ya mbak, cantik nian pemandangan dr atas

Tira Soekardi mengatakan...

iya sebenarnya cantik mbak muna, ya itu sarananya gak menunjang

Rahman Kamal mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Rahman Kamal mengatakan...

Kok saya lebih fokus sama So sweetnya mbak Tira sama suami ya?

keep exploring mbak dan langgeng selalu :)

Tira Soekardi mengatakan...

amin mas rahman

Rita Dewi Nantasatya mengatakan...

Keangkeran telaga Wahyu ini,apa mungkin karena dia dekat dengan gunung Lawu ya? Xixixi... Soalnya kan gunung Lawu itu tempat nya Mak Lampir 😁 *belum bisa move on dari sandiwara radioπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Tira Soekardi mengatakan...

mungkin saja mbak rita, memang gunung Lawu sendiri penuh dengan cerita mistis

farida mengatakan...

baru tahu tentang telaga ini

Eri Udiyawati mengatakan...

Namanya unik ya? Telaga Wahyu..


Mungkin biar lebih rapi dibuatkan tempat khusus pedagang yg lebih tertata. Biar makin nyaman juga pengunjungnya.

Tira Soekardi mengatakan...

iya belum terkenal mbak farida , kalah dg telaga sarangan yg jaraknya dekat

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak eri. mungkin dinamakan wahyu , kan namanya bagus agar mau ke sana krn banyak mistisnya mmebuat takut datang ke sana

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Gunung lawu memang dinobatkan sebagai salah satu gunung yang misterius di pulau Jawa. Kebayang sih area sekitarnya pun pasti ada keterkaitan yg misterius juga

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak siethi

mickal john mengatakan...

Users! Do you ever forget your Binance account password? If yes, it might have been a bad experience and stressing as well. If you are unaware how to do recover your password, don’t need to get panic as Binance Number AT-1888-764-0492 is always at its 24*7 service to help kits users. You will be offered with out-of-the-box solutions by the team of well-executed experts who are always there to fix you errors in best possible way with the best solutions.
More Visit :- https://www.cryptophonesupport.com/exchange/binance/

Lusi mengatakan...

Lupa sudah pernah kesana atau belum. Kalau Sarangan sering waktu kecil.

Tira Soekardi mengatakan...

wah mbak lusi, kalau lagi kecil mungkin sdh lupa ya

Triani Retno A mengatakan...

whuaaa.....ada cerita mistisnya. mudah2an kalo ke sana aku nggak dikira sebagai si nenek ya, karena bajuku (hampir)selalu hitam-hitam :))

Rohyati Sofjan mengatakan...

Kalau tempat wisata yang ada kesan mistisnya bisa bikin takut orang untuk datang, jadi sebaiknya dibenahi dulu dan dipromosikan secara gencar. Bagaimanapun soal cerita mistis, tetap dibutuhkan agar alam bisa terjaga dengan baik.

ibusuri mengatakan...

Belum pernah kesini mbak. Berarti harus rame2 ya.

Amanda Ratih mengatakan...

Bagus bun, ntar coba main ah tp serem juga ya klo mistis hihi

obat kuat viagra asli mengatakan...


viagra
viagra asli
jual viagra
toko viagra
viagra usa
viagra original
obat viagra
viagra pfizer
obat kuat viagra
obat viagra asli
agen viagra
agen viagra asli
apotik viagra
apotik viagra asli
toko viagra asli
jual viagra asli
jual pil biru
toko pil biru
jual obat kuat
toko obat kuat
viagra asli pfizer
viagra asli usa
viagra asli original
viagra jakarta
viagra di jakarta
viagra asli jakarta
viagra asli di jakarta
obat kuat jakarta
obat kuat di jakarta
obat kuat asli jakarta
jual viagra jakarta
jual viagra di jakarta
toko viagra jakarta
toko viagra di jakarta
agen viagra jakarta
apotik viagra jakarta
toko obat kuat jakarta
toko obat kuat di jakarta
titan gel jakarta
titan gel asli jakarta
titan gel asli
titan gel
jual titan gel
toko titan gel
obat cialis
obat kuat cialis
jual cialis
toko cialis
cialis asli
cialis jakarta
cialis asli jakarta

Posting Komentar