Minggu, 30 Desember 2018

Tips Menulis Puisi Yang Baik



Gambar dari sini 
 

Puisi sudah merupakan bagian keseharianku. Apa saja yang terlihat , dirasakan , didengar bisa menjadi puisi indah. Padahal aku baru suka atau baru mulai membuat puisi di saat usia tak muda lagi. Memang saat sekolah dulu aku suka juga membuat puisi tapi karena terhalang dengan banyak kegiatan lain, jadi tak terasah waktu itu. Setelah bertahun-tahun saat mengajar di sekolah SMA dan memegang ekstarkurikuler kreatif aku mulai mengajarkan anak-anak menulis. Dari sanalah aku mulai lagi membuat puisi. Akhirnya aku buat blog yang isinya puisi dan cerpen. Dan aku juga rajin menulis puisi di blog komunitas. Karena terbiasa akhirnya apapun yang aku lihat, aku dengar dan aku rasakan, bisa jadi puisi. Dan bagiku puisi itu bisa membuat hati tenang apalagi kalau hal yang ada di hati keluar lewat kata-kata, seperti melepaskan sesuatu

Puisi sendiri adalah karya sastra yang dikeluarkan oleh seseorang dengan gunakan bahasa irama, rima,matra, bait dan penyusunan lirik yang mengandung makna.Jenis puisi itu banyak sekali , tapi kalau menutut aku , paling enak menulis puisi bebas. Bebas menentukan berapa kata, berapa bait tak terkait denagn banyak aturan. Dan aku sendiri menyukai puisi yang tak banyak menggunakan diksi yang jelimet. Hal ini karena aku ingin orang yang membaca mengerti apa yang dimaksud dari isi puisi. Takutnya akan menajdi multi tafsir . Memang dengan  banyak diksi puisi jadi lebih indah. Makanya aku menaruh diksi tak banyak tapi bisa jadi fokus pada kata tersebut. Aku ingin orang yang membacanya mengerti apa yang aku tuliskan. Terlalu banyak diksi yang rumit kadang bisa menyebabkan multi tafsir terhadap maksud puisi itu sendiri atau orang tak mengerti apa yang dimaksud puisi tersebut.

Jangan salah ya manfaat membuat puisi itu akan berpengaruh bagi jiwa ini loh dan bisa mengembangakn diri kita sendiri.Salah satu yang bisa diambil dengan bikin puisi adalah perasaan menjadi lega. Saat kita merasakan sedih, kesal, benci , kita bisa menumpahkan dalam puisi sehingga bisa mengurangi rasa kita .Bahkan rasa bahagia dan menuliskan puisi membuat hati tambah bahagia. Dan membuat puisi juga membuat kita bisa kreatif. Apalagi bisa memainkan diksi dengan tepat. Karena itu butuh kreativitas. Saat puisi kita sebarkan di media sosial, artinya kita berani mengekspos karya kita agar orang membacanya. Ini akan membuat kita lebih percaya diri. Apalagi ada respon positif dari pembaca. Dari puisi juga aku bisa membantu banyak orang. Seperti menggalang dana dengan membuat banyak puisi bersama teman-teman dan dibukukan. Hasil penjualannya unuk disumbangkan. Ternyata puisi bisa membuat kebahagiaan tersendiri di hati kita.

Untuk menulis puisi, kita yang sederhana adalah mau mencoba dan banyak berlatih membuat puisi. Semakin banyak semakin kita terlatih. Beberapa tips yang bisa dicatat untuk bisa membuat puisi indah.

  • 1.      Judul puisi. Ini berperan penting, Judul yang bagus akan membuat orang tertarik membacanya.Biasanya judul yang unik dan gak biasa membuat pembaca jadi penasaran.

  • 2.      Diksi. Pemilihan kata . Ini penting agar makna puisi akan lebih dimengerti.Pemakaian diksi juga harus dipilih kata-kata sederhana yang gak jelimet agar mudah dimengerti pembacanya.Kalau bisa jangan terlalu banyak menggunakan kata-kata bersayap, karena akan membuat pembaca berkerut sulit mengerti.

  • 3.      Rima. Memang pada puisi  bebas , keberadaaan rima sering diabaikan. Termasuk diriku. Karena kita terpaku dengan aturan baku seperti rumus a,b,a,b. Tapi untuk dibaca memang bagus yang punya rima. Pemilihan kata memang menjadi cukup sulit kalau kita terpaku pada rima. Tapi di sisi lain dengan menggunakan rima, akan merangsang kita kreatif mencari padanan kata agar memenuhi rumus itu.

  • 4.      Bait. Bait puisi pada puisi tertentu dibatasi, tapi pada puisi baru bait tak dibatasi begitu juga jumlah barisnya dalam setiap baitnya. Pada puisi bebas akan lebih memudahkan kita membuatnya dan mengeksplor


Jadi apa yang harus kita lakukan saat ingin menulis puisi. Mulai saja menulis, jangan takut salah. Dengan berlatih tentunya. Mencari inspirasi dari lingkungan sekitar akan lebih mudah didapat. Kemudian kita bisa pilih tema yang spesifik dari apa yang kita lihat, kita rasakan dan kita dengar dari sekeliling kita. Mungkin lebih enak membuat puisi dengan puisi baru yang bisa lebh mengekspresikan diri dan tak terikat dengan beberapa aturan. Setiap orang pasti bisa menulis puisi. Tinggal kemauan saja untuk terus berlatih . Dan akan kita rasakan manfaat sering-sering membuat puisi. Seperti yang aku rasakan. Seperti memberikan kebahagiaan, kelegaan dan obat stress karena bisa melegakan jiwa.

34 komentar:

sapti nurul hidayati mengatakan...

Wah, sepertinya saya harus mencoba... Karena selama ini saya sering merasa tidak bisa membuat puisi... 😅 tfs mb...

Anisa mengatakan...

terima kasih tips- tips nya bunda :)

Liswanti mengatakan...

Terima kasih tipsnya mba. Aku kangen banget bikin puisi. UDah lama ga menulis puisi.

Tira Soekardi mengatakan...

silahkan dicoba mbak nurul

Tira Soekardi mengatakan...

sama2 mbak anisa

Tira Soekardi mengatakan...

wah bisa kolaborasi bikin puisinya mbak liswanti

Muhammad Irsyad mengatakan...

Dulu saya memang nggk tertarik nulis puisi, sekarang entah kenapa seneng banget. Ini tipsnya bermanfaat sekali. Oh, iya, sedikit sharing saya juga lagi membiasakan pikin puisi dari sebuah foto. Misalnya saya lg di pasar, trs saya ambil aja foto random, sampai rumah saya lihat fotonya dan coba buat puisi dari situ

Rohyati Sofjan mengatakan...

Mamah Tira ahli banget memaparkan bagaimana puisi itu. Salut. Sampai sekarang saya kerap sulit menulis puisi, sense alias rasa kurang terasah lagi. Cenderung verbal dalam prosa. Yah, keseringan menulis esai, he he.
Saya sika puisi bebas, saya juga tetap menikmati puisi rimut asal rimanya enak. gak terlalu paham namun nikmati saja, he he.
Namun puisi sederhana tetap dibutuhkan agar pembaca awam paham dan tertarik untuk belajar.

Tira Soekardi mengatakan...

wah mas irsyad, kita sama juga, kadang kalau ada di suatu tempat aku selalu nyuruh suamiku ambil foto dg angel yang bagus dan bisa aku jadikan puisi

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak rohyati, puisi yang sederhana dan mudah dimengerti akan lebih disukai

Eka Fikry mengatakan...

oh, baru tah aku, rumus a,b,a,b pada puIsi disebuT rima. Dan ternyata boleh2 saja ya puisi gak pakai rima. Kupikir ciri khas puisi itu ya harus pakai RIMA, hehhe...

ibu suri mengatakan...

Puisi itu paling sulit karena udah terlanjur apa2 to the point, nggak pakai deep taught. Makasing sharingnya.

Tira Soekardi mengatakan...

gaj\k mbak eka, kalau puisi bebas tidak terikat rima

Tira Soekardi mengatakan...

kalau sudah biasa ibu suri, sangat mudah, tinggal pemilihan kata yang tepat saja

Mugniar mengatakan...

Paling enak mah iya ya yang menulis puisi bebas, kita tidak memikirkan lagi aturan yang harus begini harus begitu, yang penting bisa mengungkapkan dengan baik.

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak niar

Lidha Maul mengatakan...

nah..nah ini dia. Beberapa bulan lalu saya ikut pelatihan literasi mah, terus ada sharing membuat puisi, saya bingung gimana puisi yg bagus itu. Saat teman2 setor karyanya, menurut saya itu udah bagus, tapi menurut pemateri masih ada yg kurang. Yang saya rasa sih, mungkin maksudnya belum sejalan dengan apa yg mamah tuliskan di sini

Nunung Yuni Anggraeni mengatakan...

Jadi ingat jaman muda dulu. Pernah digombalin dikirimin puisi yang indaaah banget sampai tersanjung. Eh gak taunya dia nyontek dari buku. Wkwkw. Makasih tipsnya mamah Tira.

Tira Soekardi mengatakan...

mbak lidha maul, memang seni menulis puisi itu memang unik, karena tergantung selera juga , misal dalam pemilihan diksi, ada yang suka dengan penggunaan diksi yang jelimet adayang suka sederhana, ada yang mudah dimngerti puisinya ada yang multi tafsir dan ada yangmudah dimengerti.

Tira Soekardi mengatakan...

wah bisa tahu juga nyontek mbak yuninya, hii kebayang ya malunya

Abeng Sagara mengatakan...

Pengin sih bikin puisi, tapi masih ragu-ragu, takutnya malah jadi aneh banget, haha

Rahman Kamal mengatakan...

makasih dharingnya mbak,, saya sering banget tuh nulis puisi, lebih detailnya dibilang vurhatan gk jelas sih :) kalau lagi kosong atau gak ada kerjaan :)

Alek Sander Oke mengatakan...

Selain itu banyak-banyak membaca buku-buku sastra lainnya, untuk memperbanyak pembendaharaan kata.

Tira Soekardi mengatakan...

mas abeng yuk kita bikin kelas menulis puisi, soalnay di perpustakaan 400 ini digunakan untuk kegiatan literasi sekarang

Tira Soekardi mengatakan...

nah sama denagn aku bang kamal, suka sekali

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas alek

Sandra Hamidah mengatakan...

Makasih tipsnya bu, udah lama ngga nulis puisi

Tira Soekardi mengatakan...

nulis lagi mbak sandra

Dian Restu Agustina mengatakan...

Dulu nulis puisi sesekali tapi sekarang sudah enggak pernah lagi hiks. Kayaknya musti nulis lagi nih biar seimbang enggak melulu nulis artikel doang. Makasih tipsnya Mbak Tira

Tira Soekardi mengatakan...

sama2 mbak dian

astria tri anjani mengatakan...

Semenjak lulus sekolah saya malah susah banget mau bikin puisi, rasanya nggak ada inspirasi lagi. Tapi dari dulu saya emang bermasalah kalau disuruh bikin puisi... Jadi salut sama orang yang pinter bikin puisi.

Tira Soekardi mengatakan...

makanya bikin puisi bebas mbak astria, tidak terikat dengan segala bentuk aturan

michelle mengatakan...

bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...

obat kuat viagra asli mengatakan...


viagra
viagra asli
jual viagra
toko viagra
viagra usa
viagra original
obat viagra
viagra pfizer
obat kuat viagra
obat viagra asli
agen viagra
agen viagra asli
apotik viagra
apotik viagra asli
toko viagra asli
jual viagra asli
jual pil biru
toko pil biru
jual obat kuat
toko obat kuat
viagra asli pfizer
viagra asli usa
viagra asli original
viagra jakarta
viagra di jakarta
viagra asli jakarta
viagra asli di jakarta
obat kuat jakarta
obat kuat di jakarta
obat kuat asli jakarta
jual viagra jakarta
jual viagra di jakarta
toko viagra jakarta
toko viagra di jakarta
agen viagra jakarta
apotik viagra jakarta
toko obat kuat jakarta
toko obat kuat di jakarta
titan gel jakarta
titan gel asli jakarta
titan gel asli
titan gel
jual titan gel
toko titan gel
obat cialis
obat kuat cialis
jual cialis
toko cialis
cialis asli
cialis jakarta
cialis asli jakarta

Posting Komentar